Wawancara

Published in Wawancara

Sosok Dibalik Penjaringan Bacagub Partai Demokrat Jatim

Aug 03, 2017 Publish by 
Maskur
Maskur

Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak sejumlah partai politik mulai berbenah dan melakukan sejumlah persiapan. Tak terkecuali di Jawa Timur. Beberapa partai politik telah membuka penjaringan bakan calon gubernur (bacagub). Yang paling mendapat perhatian adalah penjaringan yang dilakukan PDIP dan Partai Demokrat.

Khusus Partai demokrat, pendaftaran baru saja ditutup Senin 31 Agustus. Pendaftaran yang dibuka sejak 12 Juli lalu, menghasilkan terdapat lima pendaftaryang mengembalikan formulir dan persyaratan. Mereka antara lain, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Wakil Ketua Umum DPP PD Nurhayati Ali Assegaf, Analis Madya Bidang Hukum Mabes Polri Kombes Pol Syafi'in, Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattalitti, serta Inspektur Provinsi Jatim Nurwiyatno.

 

Dibalik sibuknya partai berlambang mercy ini terdapat seorang sosok yang menjadi penanggung jawab kegiatan ini. Di adalah Mantan Kadis Peternakan Provinsi Jatim Maskur yang kini menjadi Wakil Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jatim.

 

Wajar jika Maskur diberi tanggungjawab masalah ini. Karena Dia mempunyai pengalaman sebagai birokrat pemprov Jatim selama 30 tahun. Jabatan terakhirnya adalah Kadis Peternakan Jatim. Maskur pernah ditunjuk gubernur sebagai Pj Bupati Ponorogo. Jabatan yang diembannya saat ini adalah Ketua IKA Unibraw Provinsi Jatim, Ketua Ikatan Sarjana Peternakan Jatim, Wakil Ketua PA GMNI Jatim, Divisi Hubungan Antar Alumni IKA Unibraw Pusat, Ketua Purna Praja Eselon II Jatim.

 

Bahkan untuk menggemban tanggung jawab, pria ini mengurungkan niatnya untuk ikut mengambil formulir pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di partainya.

 

Kenapa batal mengambil formulir bacagub Demokrat?

 

Saya akan mematuhi perintah partai. Untuk itu saya membutuhkan konsentrasi lebih atas tugas yang diemban sebagai koordinator desk pilkada. Koordinator Divisi Pendaftaran, Administrasi dan Koordinasi Wilayah Desk Pilkada DPD PD Jatim. Ini sesuai Surat Keputusan Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Provinsi Jatim nomor 024/SK/DPD.PD/Pilkada/VII/2017 Tentang Susunan Nama dan Jabatan Desk Pilkada DPD PD Provinsi Jatim.

 

Apakah tidak menyesal batal maju?

 

Ya tidak lah. akan memberi support moral kepada rekan sesama PA GMNI Jatim. Tapi ada mekanisme tersendiri di Partai Demokrat yang harus diikuti semua kandidat.

 

Bagaimana dengan Khofifah yang batal ikut penjaringan di Demokrat?

 

Ya tidak masalah. Kami terbuka untuk semua pihak. Selama pendaftaran masih dibuka. Memang sebelumnya pihak Khofifah telah menanyakan perihal penjaringan di Demokrat. Kalau pun tidak jadi ya ndak apa-apa.

 

Apakah Khofifah akan mendaftar melaui DPP?

 

Ya itu terserah fihak mereka. Namun aturannya penjaringan Demokrat Jatim ya harus daftar di sini (Kantor DPD Demokrat Jatim). Soal bisa atau tidaknya ya terserah pusat.

 

Setelah pendaftaran apa langkah tim desk pilkada demokrat Jatim?

 

Langkah selanjutnya seluruh berkas yang masuk akan dibahas selama satu minggu. Video profil calon juga akan diperkenalkan ke kader di daerah. Selanjutnya akan ada beberapa nama yang diserahkan ke pusat.

DPD memberikan peluang kepada Cagub yang sudah mendaftar untuk melakukan sosialisasi ke masing masing DPC se Jatim. Disatu sisi Cagub juga boleh saja mengajak teman teman pengurus DPC bersama tim suksesnya terjun ke masyarakat.

Lalu pada September nanti akan ada survey internal Partai. Jadi, saran DPD selesai penutupan pendaftaran, Cagub Demokrat langsung terjun ke masyarakat. Ini juga sudah disampaikan pada saat Cagub mendaftar dulu. Mekanisme dari tim penjaringan, hasilnya akan dilaporkan ke Ketua DPD Partai Demokrat yaitu Pakde Karwo,baru ke DPP(zal/abn)

banner

> BERITA TERKINI lainnya ...