Politik

Tangkap layar data Situng KPU RI,

 Jakarta (KoranTransparansi)- Data penghitungan suara sementara Pemilu Legislatif 2019 yang diunggah KPU RI dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) hingga Minggu pukul 03.15 WIB menunjukkan tiga partai yakni PDI Perjuangan, Golkar dan Gerindra masih menduduki posisi tiga besar.

PDI Perjuangan memeroleh 19,97 persen, Golkar 13,15 persen dan Gerindra 11,66 persen. Sedangkan di bawah ketiga partai itu yakni partai Nasdem 9,59 persen, PKB 9,2 persen, Demokrat 7,85 persen, PKS 7,16 persen, PAN 6,96 persen dan PPP 4,19 persen.

Sementara itu tujuh partai lain belum memenuhi ambang batas parlemen sebesar persen yaitu Perindo, Berkarya, Hanura, PSI, PBB, PKPI, dan Garuda.

Penghitungan suara Pileg 2019 di Situng KPU ini mencakup 38,96 persen TPS atau 316.933 dari total 813.350 TPS.

KPU menargetkan rekapitulasi suara Pemilu 2019 baik pilpres, Pileg DPR/DPRD RI serta DPD RI selesai tanggal 22 Mei 2019.(kh)

Dhimam Abror, Caleg PAN Dapil l (Surabya-Sidoarjo) terus mengejar suara petahanan. Bahkan Surabaya tak tertandingi.

Surabaya (KoranTransparansi) – Belum adanya hasil final KPU Jatim tentang Caleg DPR RI di Dapil Jawa Timur 1 (Surabaya dan Sidoarjo) dari Partai Amanat Nasional (PAN) memaksa Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN, turun-tangan.

Bang Zulhas, panggilan akrab Zulkifli Hasan– telah menginstruksikan H. Masfuk selaku Ketua DPW PAN Jawa Timur (Jatim), untuk mengamankan suara PAN di Dapil itu. 

Maklum, Dapil tersebut dikenal sebagai ‘Dapil Neraka’ karena banyak tokoh berkelas nasional yang bertarung di sana. 

Di antaranya Puti Guntur Soekarno, Bambang DH, Indah Kurnia (PDI Perjuangan), Ahmad Dhani Prasetyo dan Bambang Haryo (Gerindra). Ada pula H. Syaikul Islam, Arzetti Bilbina, Fandi Utomo (PKB), Manohara Odelia, Hayono Isman (Nasdem), dan H. Adies Kadir (Golkar).

Dhimam Abror, Caleg DPR RI Dapil Jatim 1 dari PAN, sempat menemui Zulhas di Jakarta terkait kondisi terkini perolehan suara sementara PAN di Dapil Jatim 1.

“Saya menghadap beliau, dan bercerita apa-adanya tentang perjuangan PAN khusus di Dapil itu,” ujarnya, Minggu pagi (28/4).

Kepada Abror, Zulhas menyebut PAN bersikap realistis jika hanya mampu merebut 1 kursi di Dapil Jatim 1. Namun karena perolehan suara PAN belum benar-benar aman, maka Zulhas menuntut Masfuk untuk mewujudkan target 1 kursi tadi.

Khusus kepada Abror, Zulhas juga memberi instruksi agar ikut mengamankan suara PAN, dan suara Abror sendiri. Pasalnya Zulhas sangat yakin Abror mampu merebut suara terbanyak, sekaligus mempersembahkan sebuah kursi bagi PAN di Dapil Jatim 1.

Untuk sementara ini suara Abror bersaing ketat dengan Caleg petahana, Sungkono. Sungkono berada di nomor urut 1, sedangkan Abror di nomor urut 2. Kalau Sungkono punya basis massa terkuat di Sidoarjo, maka Abror sangat populer di Surabaya.

Kabarnya, rekapitulasi suara di Sidoarjo telah mencapai angka 80 persen, sedangkan di Surabaya baru 50 persen.

Karena itulah Abror sangat optimis perolehan suaranya bakal mengalami peningkatan yang sangat signifikan, jika rekapitulasi suara di Surabaya telah mencapai angka 100 persen.

“Sejak awal saya berkomitmen untuk menjaga amanah rakyat lewat PAN. Saya sangat bersyukur, karena benar-benar tidak menerapkan politik uang. Jadi rakyat secara tulus-ikhlas memberikan suaranya kepada saya,” jelas mantan Pemimpin Redaksi Harian Jawa Pos ini. (min)

Wakil Ketua DPR RI dari Partai Gerindra Fadli Zon

 

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI fadli Zon mengatakan akan mendukung pengusutan terkait ditemukannya surat suara yang tercoblos di Taman Universiti Tangkas Bangi 43000 Kajang dan di Kawasan Bandar Bangi, Selangor, Malaysia pada 11 April 2019 lalu.

Kejadian tersebut menurut Fadli merupakan suatu kejahatan yang menciderai proses demokrasi yang sedang berlangsung di Negara ini.

“Saya kira ini harus menjadi pengusutan dan tidak bisa berhenti sampai disitu saja. Harus ada tindakan hukum yang tegas, mengingat kejadian ini sudah mencederai demokrasi kita,” tegas Fadli setelah menerima perwakilan Sekretariat Bersama (Sekber)  Prabowo-Sandi (PADI) dan Relawan PADI Malaysia di Ruang Kerja Wakil Ketua DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin.

Ditambahkan Fadli, tercoblosnya surat suara di Malaysia ini merupakan skandal yang luar biasa yang telah menyita perhatian publik. Empat orang pelaku saat ini sudah diamankan oleh Polisi Diraja Malaysia (PDRM) terkait tercoblosnya 250 karung surat suara di Bangi, Selangor, yang  masing-masing karung berisikan 216 surat suara.

“Katanya itu sudah dilakukan yang keempat kalinya. Sebelumnya, ada tiga truk yang sudah diambil. Jadi kalau kurang lebih tiga truk itu jumlahnya sama, berarti sekitar 150 ribu surat suara yang sudah tercoblos, kalau kita memakai logika seperti itu,” ungkap politisi Partai Gerindra itu.

Sementara itu, Sekjen Sekber PADI Brem yang saat itu ikut melakukan penggerebekan di Bangi, Selangor meminta agar Anggota DPR RI untuk terus mengawal pengusutan kejadian ini hingga tuntas, karena sudah merugikan hak konstitusi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Malaysia.

“Hak mereka diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan menurut saya, ini adalah kejahatan yang luar biasa. Kami sudah menangkap pelaku dengan begitu banyak suara, seterusnya kami minta kepada pihak KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (badan Pengawasan Pemilihan Umum) untuk segera menindaklanjuti kasus ini,” pungkas Brem. (sam)

 

Putri Presiden Kedua RI Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana (Mbak Tutut).

 

Rembang - Ketiga putri dan seorang cucu dari almarhum mantan Presiden Soeharto bersilaturahim ke Kiai Haji Maimoen Zubair atau Mbah Moen di Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Sabtu petang.

Keluarga mantan Presiden Soeharto yang hadir pada silaturahim tersebut adalah Siti Hardiyanti Rukmana (Mbak Tutut), Siti Hediati Hariyadi (Mbak Titiek), Siti Hutami Endang Adiningsih (Mbak Mamiek) dan cucu Soeharto, Eno Sigit.

Silaturahim yang dimulai sekitar pukul 14.30 WIB dan berlangsung sekitar 2,5 jam itu berlangsung santai dan diselingi obrolan ringan tentang kebangsaan.

Bersama Mbah Moen, ketiga putri Soeharto duduk di sofa dengan posisi duduk Mbak Tutut yang paling dekat posisinya dengan ulama kharismatik tersebut.

Mbah Moen seperti biasa mengenakan sarung yang dipadu dengan baju lengan panjang beserta kopiah putih di kepala. Sedangkan ketiga putri Presiden ke-2 Indonesia itu mengenakan pakaian muslim dengan warna dominan gelap.

Tidak tampak simbol-simbol partai politik maupun atribut kampanye pemilu pada kesempatan tersebut karena kegiatan ini murni silaturahim.

Selama bersilaturahim, putri dan cucu Soeharto lebih banyak mendengarkan petuah-petuah Mbah Moen.

Tidak hanya soal ilmu agama, Mbah Moen juga memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi sehingga petuah yang disampaikan sangat bermanfaat, terlebih lagi bagi generasi muda karena bisa menjadi pondasi pemahaman tentang kebangsaan.

Sebelum meninggalkan Ponpes Al Anwar usai bersilaturahmi, rombongan putri dan cucu Soeharto berpamitan pada Mbah Moen dan menyalami beberapa santri.

"Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi. Di dalam (ruangan) banyak 'ngobrol' dengan beliau (KH Maimoen Zubair), banyak membahas tentang kebangsaan," ujar Mbak Tutut sebelum meninggalkan lokasi untuk menuju Kota Semarang guna melanjutnya agenda lainnya.(min)

Foto : Sandiaga Uno, Calon Wakil Presiden nomor yryt 2 dutengah krumunan guru honorer dan pelaku UMKM di Banyuwangi, Selasa, (27/11/2018)

Banyuwangi (KoranTransparansi.com) - Sandiaga Salahudin Uno bertemu dengan perwakilan 25 Desa di Banyuwangi, Selasa (27/11/2018). Acara yang digelar di AJM Genteng Banyuwangi, menjadi ajang curhat para petani, guru honorer, K 2  dan para pelaku UMKM. Mereka mengeluhkan lambatnya pertumbuhan ekonomi dan produksi pertanian yang anjlok harganya.

Menurut Sandi lesunya ekonomi, kesejahteraan yang menurun, dirasakan seluruh daerah yang dikunjunginya. Khususnya para petani dan guru honerer.

Bu Hanifah peserta diskusi pelaku UMKM kemasan olahan ikan berharap, jika Prabowo dan Sandi menjadi Presiden dan Wakil Presiden semua keadaan menjadi lebih baik.

“Semoga jika bapak  jadi wakil presiden, semuanya akan menjadi lebih baik. Sekarang semuanya jadi serba mahal, sementara daya beli masyarakat turun. Tolong pak diperbaiki keadaan ini,” kata Hanifah.

“Saya sudah lima hari berada di Jawa Timur dari Malang hingga di Banyuwangi.  Keluhannya sama. Dari  Batu, Lumajang, Jambuwer hingga Jember. Ada Pak Agus Sayur yang panen tomatnya anjlok di Batu. Biaya produksi satu kilo Rp 1500. Pas panen hanya bisa di jual Rp 300 per kilogram, atau petani tebu di Lumajang yang harganya juga anjlok karena pemerintah membuka  keran impor, juga petani  kopi di Jambuwer. In Shaa Allah kita perbaiki itu semua Bu Hanifah,”  jelas Sandi.

Sandi dihadapan ratusan peserta diskusi menyatakan pasangan Prabowo Sandi akan menciptakan Gerakan ekonomi rakyat yang akan menyasar para pelaku ekonomi kecil dan menengah. Karena menurut Sandi, inilah denyut ekonomi Indonesia sesungguhnya.

“Soal K 2 dan guru  honorer kami sudah menandatangani kontrak untuk memperbaiki kesejahteraan K 2 dan guru honorer,” terang Sandi. (med)

Foto utama : Zaindin Amali saat memberikan pengarahan menyangkut tugas tugas Bappilu Kab. Sampang, Senin (26/11/2018). (Foto/min)

Pamekasan (KoranTransparansi.com) – Partai Golkar bekerja bukan untuk dirinya sendiri melainkan untuk kepentingan masyarakat umum dan peningkatan kesejahtraan rakyat.

Sebab itu kami melihat tidak sepatutnya fraksi Golkar melakukan hal hal yang bisa merugikan atau menghambat  pembangunan  di daerah.

Efek dari kekalahan di Pilkada, kemudian fraksi bersikap oposisi dan melawan semua program bupati. Ini tidak boleh dilakukan. Politikus Golkar tidak seperti itu. Masih ada jalan lain. Golkar tidak punya gent oposisi. . ungkap H Zainudin Amali, Ketua DPD l Partai Golkar Jawa Timur, saat melantik Bappilu Pamekasan, Senin (26/11/2018)

Kami sangat paham dengan suasana hati kader partai  di Pamekasan. “ Ada orang maju Pilkada lewat  Golkar, terus gagal,  lalu melarikan diri tampa pamit, kemudian  tiba tiba nyaleg di partai lain. Ini memang kurang bagus. Namun di politik bisa saja terjadi,” jelasnya.

Berangkat dari kasus ini, tidak ada pilihan lain kcuali Golkar harus menentukan nasipnya sendiri. Momentumnya adalah Pileg 2019.

Sekarang harus bekerja keras, berjuang bersama rakyat, berbaik hati dengan tokoh desa, tokoh masyarakat, kepada masyarajat juga harus ada yang bisa ditawarkan.

Sebagaimana diketahui bahwa dalam dua bulan terakhir (November-Desember) 38 Bappilu Partai Golkar Kabupaten/Kota di Jawa Timur, pelantikannya harus sudah tuntas. Dan itu harus dilaksanakan di kantor masing masing, meski dilakukan secara sederhana.

Menurut Sahat Tua Simanjuntak, Sekretaris DPD Golkar Jawa Timur, pengukuhan dilakukan secara maraton. Di Pantura, dalam sehari bisa empat tempat, di Dapil lX, juga begitu. Sedang hari ini Pamekasan dan Sampang.

Hari ini, kata Sahat, semua caleg harus sudah di Dapilnya masing masing, termasuk saya, full di Dapil lX yang meliputi Magetan, Ngawi, Pacitan, Trenggalek dan Ponorogo. Namun karena saya sekretaris, aya tuntaskan dulu pengukuhan ini, setekah itu full di Dapil, harus membagi waktu. ucapnya.

Pak Ketua (Zainudin Amali,red) setiap melantik selalu wanti wanti agar caleg serius. Targetnya meningkat 20 persen setiap Kab/Kota. “Kita tidak boleh berasumsi, tidak boleh bermain klaim, tidak boleh wacana.Semunya harus riel, “ kata Ketua Fraksi Golkar di DPRD Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak .

Ditambahkan, target nasional 110 kursi di parlemen, DPRD Provinsi Jawa Timur 17 sampai 20 kursi. Ini pekerjaan tidak mudah.

Sementara itu Ketua Bappilu DPD ll Golkar Sampang Muhammad Bin Mu’afi Zaini (Gus Mamak) mengatakan, pada Pemilu 2014 lalu Golkar memang kurang beruntung yaitu hanya kebagian 2 kursi. Targetnya empat kursi dipastikan bisa tercapai, tapi enam kursi-pun juga realistis.

Kalau tadi Pak ZA meminta 8 sampai 9 kursi, ya Pak Ketua DPD l bicaranya jauh kedepan. Dan itu wajar saja. Dasarnya adalah Golkar Sampang saat ini beda dengan sebelumnya. Saat ini militansinya sangat bagus. (min)

 

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...