Politik

Published in Politik

Golkar Surabaya Daftarkan Bacalegnya 100 Persen Kader Partai

Jul 17, 2018 Publish by 
 Ketua DPD ll Partai Golkar Surabaya Blegur Prijanggono menyerahkan berkas Calegnya ke KPU Kota Surabaya dengan diantar semua bacalegnya pada Selasa (17/7/2018)
Ketua DPD ll Partai Golkar Surabaya Blegur Prijanggono menyerahkan berkas Calegnya ke KPU Kota Surabaya dengan diantar semua bacalegnya pada Selasa (17/7/2018) (kt/min)

Surabaya (KoranTransparansi.com) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Surabaya resmi mendaftarkan bakal calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya. 

Berkas pendaftaran bacaleg tersebut diantar sendiri Ketua DPD Golkar Surabaya Blegur Prijanggono SH dan Sekretarisnya Kol (Purn) TNI Utuh Agung,MM dan diantar semua bacaleg dari lima Dapil. 

Tradisi yang masih dipertahankan hingga kini adalah Golkar tidak membuka bacaleg non kader mengingat jumlah kader yang antri cukup panjang. Malahan untuk menentukan bacalegnya Golkar melakukan seleksi sangat ketat berdasarkan peraturan organisasi partai. ungkap Blegur Prijanggono kepada wartawan

Menurut dia, bacaleg dari Partai Golkar, sekitar 60 persen merupakan pengurus harian Partai Golkar di Surabaya dan sisanya 40 persen dari Ormas pendiri partai seperti MKGR, Kosgoro, Soksi maupun ormas yang didirikan.   

Saat ditanya kenapa tidak membuka pendaftaran bacaleg untuk masyarakat umum, Blegur mengatakan kaderisasi di Partai Golkar selama ini berjalan dengan baik sehingga pihaknya lebih memprisoritaskan dari kalangan internal. 

Selain itu, lanjut dia, dalam pendaftaran bacaleg kali ini, Partai Golkar telah memenuhi kuota perempuan sebanyak 20 persen sebagai ketentuan yang ditetapkan oleh KPU. "Bacaleg untuk perempuan di Partai Golkar bahkan sudah mencapai 30 persen," katanya     

Blegur mengatakan selama ini pihaknya tidak kesulitan mencari kader perempuan yang handal untuk bisa maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. "Bahkan ada satu daerah pemilihan (dapil) yang melebihi kuota," katanya.   

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berharap adanya dukungan dari kalangan masyarakat di Kota Surabaya agar bisa memilih bacaleg yang ada di Partai Golkar yang sudah memiliki komitmen untuk membantu permasalahan yang ada di Kota Pahlawan.     

Bendahara DPD Partai Golkar Pratiwi Ayu Krisna mengatakan proses penjaringan bacaleg di Partai Golkar Surabaya cukup ketat sehingga tidak semuanya bisa masuk.   

"Jadi setelah dilakukan seleksi di tingkat DPD Golkar Surabaya hasilnya kemudian diserahkan ke DPD Golkar Jatim. Setelah baru diplenokan di DPD Golkar Surabaya," ujar Ketua Fraksi Golkar DPRD Surabaya ini.    

Hal sama juga dikatakan Wakil Ketua Badan Pemenganan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Surabaya Arif Fhatoni. Ia mengatakan pihaknya telah menyiapkan cadangan jika ada bacaleg yang dinilai tidak memenuhi syarat.

"Kami berharap tidak ada karena 50 bacaleg yang didaftarkan ke KPU Surabaya hari ini sudah melalui seleksi di internal Golkar. Kami mohon doa restu warga Surabaya," katanya. (min)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...