Pertanian

Ilustrasi ladang tembakau di temanggung.

Temanggung (KT) - Harga tembakau rajangan kering grade C di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada masa panen tahun ini dibeli Rp75.000 per kilogram oleh pabrikan.

Dirjen Perkebunan, Bambang memberikan arahan dalam acara penyerahan sertifikat ISPO dan workshop penguatan ISPO di Auditorium Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Jakarta (KT) - Kementerian Pertanian mendorong semua perusahaan sawit untuk mengikuti program sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO) karena sumber alam itu menyumbang sumber devisa hingga Rp239,4 triliun.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita (HO/Kementerian Pertanian)

Jakarta (KT) - Pemerintah menurunkan populasi ayam petelur di Blitar, Jawa Timur demi menjaga stabilitas harga telur di tingkat peternak,  kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita.

“Saat ini populasi ayam memang menurun, karena kebijakan kami untuk menurunkan populasi di Blitar yang sebelumnya mengalami over supply, dengan harapan harga telur di tingkat peternak stabil”, kata I Ketut Diarmita dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan kebijakan itu muncul setelah ada keluhan dari peternak tentang penurunan harga ayam hidup, baik itu broiler dan jantan layer, serta telur ayam di bawah harga pokok produksi.

Perwakilan peternak berdemonstrasi terkait adanya penurunan harga telur di Blitar, bahkan ada  yang tidak mampu melanjutkan usahanya.

Pihaknya pun langsung menemui peternak dan meninjau kandang-kandang ayam di Blitar.

“Kami beberapa kali melakukan pertemuan dengan stakeholder lainnya untuk mencari solusi permasalahan terkait anjloknya harga telur tersebut," katanya.

Pada akhirnya, kebijakan yang  disepakati bersama para pemangku kepentingan setempat untuk menstabilkan harga telur dan ayam adalah dengan menyeimbangkan jumlah kebutuhan dan pasokan.

"Menyesuaikan jumlah Final Stock sesuai dengan penerapan Kepmentan 3035/2017 agar tidak terjadi over supply setelah dilakukan pendataan dan penghitungan pasokan dan kebutuhan," katanya, menambahkan pemantauan secara berkelanjutan juga diterapkan agar pengendalian populasi berlangsung lancar.

Setelah kebijakan itu diterapkan, harga telur ayam terus meningkat. Harga telur di Blitar saat ini Rp16.000 - 16.500 (stabil), di Yogyakarta Rp17.000, Jabodetabek Rp18.000, sedangkan Harga Acuan yang telah ditetapkan oleh Menteri Perdagangan adalah Rp18.000.

“Melalui pendekatan tersebut, keseimbangan Supply dan Demand ternyata segera pulih kembali”, ungkap I Ketut Diarmita.(ant)

Tanaman Lada

Namang (KT) - Kepala Subbagian Kerja sama Afrika dan Timur Tengah Biro Luar Negeri Sekjen Kementerian Pertanian Republik Indonesia Widyanto Soetajan mengatakan Negara Uzbekistan merupakan target pasar untuk komoditas lada.

Surabaya (KT) - Kepala Divisi Advisory Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jawa Timur Taufik Saleh mengatakan penyaluran kredit ke sektor pertanian perlu didorong, karena minimnya perbankan dalam penyaluran ke sektor tersebut.

"Minimnya penyaluran kredit ke sektor pertanian yang terjadi saat ini tidak lepas dari risiko kredit macet (NPL) yang tinggi. Sebab, petani hanya mengandalkan panen musiman. Jika panen gagal maka kredit jelas akan tersendat," ucap Taufik, dalam diskusi ekonomi di Surabaya, Rabu (28/12).

Ia mengatakan, BI saat ini terus mendorong perbankan agar memperbesar penyaluran kredit ke sektor pertanian, karena sektor tersebut berkontribusi hingga 13 persen dari total Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Jawa Timur yang mencapai Rp1.382 triliun hingga triwulan III 2016.

Dikatakannya berdasarkan data penyaluran kredit, untuk sektor pertanian masih sangat rendah yakni hanya 2,5 persen saja, dari total penyaluran kredit perbankan di Jatim yang mencapai Rp383,7 triliun pada November 2016.

Rektor Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya Lutfi yang juga menjadi narasumber dalam diskusi itu mengakui apabila tidak ada dorongan penyaluran kredit, sektor pertanian pada tahun 2017 akan terancam turun.

"Kontribusi sektor pertanian pada PDRB Jatim saat ini masih kecil sekitar 13 persen, dan apabila tidak didorong, tahun 2017 akan semakin turun. Bahkan sejumlah bank sudah tidak mau memberikan kredit pada sektor tersebut," katanya.

Ia menduga, takutnya perbankan dalam menggenjot kredit sektor pertanian karena trauma yang terjadi pada 2014, yakni keberadaan kredit macetnya (NPL) mencapai 8 persen.

"NPL pada sektor pertanian memang pernah melambung hingga 8 persen pada tahun 2014 silam. Hal itu pula yang membuat perbankan seolah trauma untuk menyalurkan kredit ke sektor itu," katanya.

Untuk itu, Lutfi memberikan solusi agar perbankan menggenjot penyaluran kredit ke sektor pertanian dengan mengalihkan kredit pada produk olahan hasil pertanian, sehingga kinerja pertanian bisa ikut naik dan memberikan kontibusi PDRB lebih tinggi.

"Jadi, jangan hanya fokus ke pertaniannya saja. Dengan bagusnya industri olahan, maka kinerja pertanian otomatis ikut terkerek naik," katanya.

Ia juga meminta agar BI melibatkan Bank UMKM yang ada di beberapa pelosok desa untuk mendukung penyaluran kredit pertanian, sehingga peranan penyaluran tidak hanya fokus pada perbankan besar.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim), Rudie Hadiono mengaku sangat mendukung agar sektor pertanian dibenahi sistem olahannya, untuk lebih menjanjikan penyaluran kredit daripada sektor pertanian tersebut.

"Dengan fokus pada sistem olahan yang baik, perbankan tak akan ragu untuk memberikan pinjaman. Karena itu, kami akan tunggu sekltor pertanian Jatim agar terus berbenah," katanya. (ant)

Budidaya Pacu Produksi dan Sertifikasi CBIB

Pemprov Jawa Timur melalui Dinas Kelautan dan Perikanan berketatapan untuk meningkatkan produksi budidaya  menjadi 1,2 juta ton, khususnya ikan air tawar yang selama ini kalah bersaing dengan komoditas unggulan seperti udang dan bandeng.

  •  Start 
  •  1 
  •  End 
banner

> BERITA TERKINI lainnya ...