Peristiwa

Wira Karya dan Forum Kebangsaan Jatim Laksanakan Pengamanan

Sidoarjo (KoranTrabsparansi.com) – Ormas Wira Karya  dan Forum Kebangsaan Jawa Timur  melakukan rangkaian pengamanan terhadap beberapa gereja yang ada di wilayah Surabaya, pasca terjadinya insiden Bom bunuh diri,pada  Minggu (13/5/2018).

Ketua Wira Karya Indonesia Didit E Soetjahyo SE menuturkan pengamanan ini memang  merupakan tindak lanjut dari dukungan kami terhadap POLRI dalam proses pemulihan keamanan pasca ledakan bom minggu lalu, Mereka mendatangi dan bahu membahu dengan aparat keamanan untuk melakukan pengamanan.

“Safari pengamanan di beberapa gereja di wilayah Surabaya tersebut,ini merupakan tindak lanjut dari koordinasi dengan Polda Jatim. Hasil koordinasi dengan Intelkam jelang buka puasa kemarin menjadi dasar dari pola kerja kita.”tambah Didit

“Keindahan Indonesia adalah kebhinekaan dan keberagaman yang harus selalu dijaga karena itulah Frame indonesia dengan beragam suku dan agama, yang haruslah tetap terjalin & terawat sebagai sebuah harmonisasi yang indah.

Di Dalam kesempatan tersebut, puluhan anggota Organisasi kemasyarakatan dan Organisasi Kepemudaan (OKP) di tingkat Provinsi Jatim  mengenakan seragam masing-masing dan menggunakan songkok atau topi adat.

Mereka berasal dari Banser, ANSOR, Baladhika Karya, Mapancas, GAMKI, GMKI, PMKRI, Perhimpunan Pemuda Gereja Indonesia (PPGI), Pemuda Katolik, Forkom Pemuda Kristen, PERADAH Jatim  (Pemuda Hindu), KMHDI (Mahasiswa Hindu), Lesbumi, Pemuda Lira dan beberapa elemen elemen lainnya begitu ungkapnya. (med)

 

Relawan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno makin kreatif melakukan sosialisasi pada masyarakat Surabaya agar warga Kota ini paham dengan program yang dicanangkan Cagub nomor urut 2 itu.

Surabaya (KoranTrasparansi.com) - Posko Relawan Bersama (PRB) yang terdiri dari Barisan Pembaharuan dan Putera Fajar menyebar selebaran 10 fakta kerja nyata Gus Ipul dan Mbak Puti sambil membagikan takjil buka puasa dan kerudung. 

Kegiatan sosial ini dilaksanakan di depan Posko Relawan Bersama Jl. Dipenogoro 139 Kota Surabaya, Rabu (23/05/2018). Takjil dan Kerudung dibagikan kepada siapa saja yang kebetulan melintas. "Ini memang untuk masyarakat,".

"Kegiatan positif ini sengaja dilakukan untuk memperkenalkan sosok dan visi-misi Gus Ipul kepada masyarakat umum. Kami juga membagikan jadwal puasa ramadan dan buka putih doa-doa asmaul husna," kata Adhi Noto Sembodo, ST Ketua Relawan Putera Fajar Jawa Timur didampingi Syafrudin Budiman SIP Ketua Barisan Pembaharuan Jatim.

Menurut pria yang biasa disapa Arnold ini, para relawan sudah melakukan sosialisasi dan pengenalan kandidat secara door to door ke pemilih. Dimana dalam kegiatan turun langsung ke masyarakat bawah diiringi pembagian alat peraga kampanye berupa stiker, kalender, selebaran, PIN dan lainnya.

"Kami optimis dengan turun langsung ke akar rumput, Gus Ipul dan Mbak Puti bisa diterima masyarakat dan bisa meraih kemenangan," terangnya.

Sementara itu Syafrudin Budiman SIP Ketua Relawan Barisan Pembaharuan Jatim menambahkan bahwa, momen puasa ramadan dan hari raya idul fitri adalah ajang kampanye yang efektif. Menurutnya lewat kegiatan sosial dan silaturrahim mempermudah untuk bertemu langsung dengan masyarakat luas. 

"Lewat momen ramadan ini kami bisa mengkampenyekan sosok Gus Ipul dan Mbak Puti yang sudah teruji dan sukses terjun di dunia politik. Melalui sistem silaturrahim kita sampaikan 1 visi, 3 misi, 5 program, 9 kerja prioritas dan 33 janji kerja. Sehingga masyarakat sadar akan tujuan kandidat membangun Jatim yang lebih baik," tandas Syafrudin.

Relawan Gus Ipul dan Mbak Puti sedang bagi-bagi takjil, kerudung dan kaos di depan kantor Posko Relawan Bersama Jl. Dipenogoro 139 kota Surabaya, Rabu (23/05/2018)

Selain itu Asri Hariyati Koordinator acara Bagi-Bagi Takjil ini mengatakan, sangat senang bisa berbagi dengan masyarkat banyak di bulan ramadan ini. Menurutnya, kegiatan sosial ini akan dilaksanakan terus menerus selama ramadan diberbagai tempat keramaian.

"Alhamdulillah respon masyarakat cukup bagus pada kegiatan kami di bawah. Insya Allah akan memberikan kampanye-kampanye kreatif dan bersahabat," ujar Asri ditemui disela-sela pembagian takjil dan kerudung (den)

uti Guntur Soekarno berziarah ke makam pahlawan nasional Wage Rudolf Supratman di kawasan Rangkah, Kota Surabaya, Rabu (23/5/2018).

Surabaya (KoranTransparnsi.com) - Calon Wakil Gubernhr Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berziarah ke makam pahlawan nasional Wage Rudolf Supratman di kawasan Rangkah, Kota Surabaya, Rabu (23/5/2018).

Cucu Bung Karno itu merenungkan jiwa nasionalisme dan kreativitas pencipta lagu Indonesia Raya tersebut. Puti datang menjelang sore, saat ngabuburit, mengisi waktu menjelang buka puasa.

“Saya memilih untuk berziarah ke Makam WR Supratman,” kata Puti Guntur. Rangkah merupakan kawasan padat penduduk. 

Rangkah juga dikenal sebagai basis penting pemilih PDI Perjungan, salah satu partai politik pengusung Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno. 

“Banyak warga masyarakat menunggu kehadiran Mbak Puti di sini,” kata Baktiono, Wakil Ketua DPC PDIP Kota Surabaya.

Kehadiran Puti Guntur Soekarno memang ditunggu oleh banyak warga di kawasan Rangkah dan sekitarnya. “Kami ingin bertemu Mbak Puti, cucu Bung Karno,” kata Suwanto, Ketua PAC PDIP Tambaksari.

Di pusara WR Supratman, Puti Guntur menaburkan bunga segar. Sejenak suasana menjadi khidmat. Puti terlihat memanjatkan doa untuk musisi yang tumbuh di jaman pergerakan Indonesia itu. 

“Semoga almarhum dan semua pejuang bangsa ini mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan seluruh amal baktinya diterima,” kata Puti.

Bagi Puti, buah karya WR Supratman sungguh inspiratif. Selain lagu Indonesia Raya, seniman berkacamata itut juga menciptakan lagu Di Timur Matahari tahun 1931, dan lagu Matahari Terbit tahun 1938.

WR Supratman juga menciptakan lagu Ibu Kita Kartini, tahun 1929, dimana lagu itu abadi sampai sekarang. Setiap Hari Kartini, 21 April, lagu itu seolah menjadi “lagu wajib” yang dinyanyikan terutama oleh kalangan pelajar.

Ada pun lagu Indonesia Raya diciptakan WR Supratman tahun 1928, kemudian diperdengarkan di forum Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.

Puti Guntur Soekarno menyebut Lagu Indonesia menunjukkan jiwa kebangsaan WR Supratman yang matang. Terlebih lagu Indonesia Raya yang 3 stanza, menurut Puti, terkandung banyak makna dan doa bagi negeri Indonesia ini.

“Ada doa unyuk persatuan Indonesia. Dalam kesempatan ini, saya mengatakan agar warga Jawa Timur menguatkan persatuan dan kesatuan. Ini anugerah Allah SWT tentang kebhinekaan di negeri ini,” kata Puti.

Bagi kalangan milenial, lanjut Puti, kreativitas WR Supratman sangat layak untuk menjadi panutan. Ia dikenal ahli bermain biola. “Kreativitas yang mengalir dalam jiwa kebangsaan, jiwa nasionalisme Indonesia, sangat layak ditiru generasi milenial,” kata Puti.(fir)

Khofifah Siapkan Lembaga Konsultasi Keluarga untuk Tekan Angka Perceraian

Surabaya (KoranTransparansi.com) - Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ingin menyiapkan lembaga khusus yang menyediakan konsultasi keluarga. Hal itu untuk menekan angka perceraian keluarga dan penikahan usia dini.

Tingkat perceraian di Jawa Timur dinilai Khofifah sudah memprihatinkan. Dari seluruh provinsi di Indonesia, Jawa Timur menduduki posisi pertama.

Berdasarkan data Komnas Perempuan per Maret 2016, angka keluarga cerai di Jawa Timur disebabkan tidak harmoni mencapai 21,599. Kmeudian karena tekanan Ekonomi sebanyak 20,989 dan kurangnya kesadaran akan keluaraga atau kategori tidak ada tanggungjawab di memcapai 17,975.

Demi menekan angka kritis tersebut, Khofifah ingin menyiapkan lembaga khusus yang memberikan konsultasi untuk keluarga. Lembaga ini akan memberi pendidikan keluarga baik pasca maupun pra nikah.

"Kita harus lebih banyak menyiapkan lembaga konsultasi keluarga sakinah. Itu akan menjadi bagian kemungkinan merekatkan kembali yang sudah longgar, yang sudah rapuh," kata Khofifah.

Lembaga konsultasi keluarga sakinah akan menjadi lembaga konseling untuk masyarakat dan tidak dipungut biaya.

Kemudian, peran organisasi-organisasi non pemerintah ynag bergerka di bidang tersebut bisa mengambil peran. Terutama, dikatakan Khofifah organisasi kemasyarakatan agama baik NU maupun Muhammadiyyah

"Nah, bagaimana konseling itu bisa dilakukan oleh unit-unit terkecil. Di Muhammadiyyah ada Aisyiyyah, ada Nasyiatul Aisyiah. Kemudian, Muslimat di NU," pungkasnya. (med)

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera.

Surabaya (KoranTransparansi.com) - Kepolisian Daerah Jawa Timur menyatakan ledakan bom di Markas Polrestabes Surabaya pada Senin pukul 08.50 WIB menimbulkan korban, namun belum merinci data korban karena masih melakukan olah tempat kejadian perkara dan identifikasi.

"Kami memastikan ada korban," kata Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, menambahkan "Ada anggota yang terluka, ada masyarakat yang terluka."

Barung mengungkapkan serangan bom itu dilakukan menggunakan kendaraan. "Kami memastikan ini kendaraan roda dua atau motor," katanya.

Dia menjelaskan ledakan terjadi setelah ada motor dan mobil masuk ke area Markas Polres.

Aparat Kepolisian Daerah Jawa Timur masih melakukan olah tempat kejadian perkara itu dan akan menyampaikan perkembangan informasi mengenai kejadian tersebut kemudian.

"Kami masih berada di TKP. Mohon waktu. Kami akan terus update," kata Barung. (kt/den)

 

 

Presiden Joko Widodo saat jumpa pers di JI Expo Jakarta pada Senin,(14/5/2018). Presiden minta Polri basmi terorisme hingga tuntas.

Jakarta (KoranTrasparansi.com) - Presiden Joko Widodo meminta kepada DPR RI dan sejumlah kementerian terkait untuk segera menyelesaikan RUU Tindak Pidana Terorisme.

"Saya juga meminta kepada DPR dan kementerian-kementerian yang terkait yang berhubungan dengan revisi undang-undang tindak pidana terorisme yang sudah kita ajukan pada bulan Februari 2016 yang lalu," kata Presiden di JI Expo Jakarta pada Senin seusai menghadiri peresmian Rakornas Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pusat dan Daerah Tahun 2018   

Menurut Presiden, DPR RI dapat menyelesaikan RUU tersebut pada sidang mendatang yaitu 18 Mei 2018  

Jokowi menjelaskan undang-undang itu nantinya dapat memperkuat Polri untuk melakukan penindakan dan pencegahan terhadap terorisme.

"Kalau nantinya di bulan Juni pada akhir masa sidang hal ini belum segera diselesaikan, saya akan keluarkan Perppu," tegas Presiden sebagai diberitakan Antara.

Pada Senin pagi, Indonesia kembali dikagetkan dengan serangan bom di gerbang Mapolresta Surabaya.

Sebelumnya, tiga serangan bom di gereja terjadi di Kota Surabaya pada Minggu (13/5). Selain itu pada Minggu malam juga terjadi ledakan bom di Sidoarjo yang berdekatan dengan Kota Pahlawan itu. (med/eka) 

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...