Berita Kota

Published in Berita Kota

Tugas Wartawan Makin Berat, PWI Jatim Gelar UKW Angkatan ke-24

Sep 21, 2018 Publish by 
ILUSTRASI : Uji kompetensi anggota PWI Cabang Jawa Timur
ILUSTRASI : Uji kompetensi anggota PWI Cabang Jawa Timur (kt/fir)

SURABAYA (KoranTransparansi.com) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jatim kembali menggelar program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) selama dua hari, Sabtu (22/9/2018) dan Minggu (23/9/2018), di kantor PWI Jatim, Jalan Taman Apsari Surabaya. 


UKW kali ini adalah pelaksanaan UKW ke-24 yang digelar oleh PWI Jatim dan terlaksana berkat hasil kerjasama antara PWI Jatim dengan Bank Mayapada.

Tema yang diusung, "Menjadikan wartawan lebih profesional, kompeten, dan berintegritas".

Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir mengatakan, kegiatan UKW yang terus menerus digelar oleh PWI Jatim merupakan wujud nyata dari komitmen lembaga yang dipimpinnya untuk meningkatkan kompetensi, kapasitas, profesionalitas, serta moralitas wartawan.

Modal tersebut, kata Munir dinilai sangat penting, seiring dengan makin beratnya tugas dan tantangan wartawan saat ini. Ketika melakukan tugas-tugas jurnalistik di era keterbukaan, perkembangan teknologi, dan bombardir informasi terutama informasi hoaks lewat sosial.

"Tanpa ada kompetensi, kapasitas, profesionalitas serta moralitas yang tangguh, akan sulit bagi wartawan bisa terus menjaga marwah profesi yang luhur dan mulia ini," ujarnya, Jumat (21/9/2018).

Hal itu, lanjut Munir, sangat penting, agar media massa dan wartawan bisa tetap menjadi sosial kontrol dan pilar keempat demokrasi sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.

Menurut Munir, UKW angkatan ke-24 yang digelar PWI Jatim ini terselenggara berkat kerjasama dengan Bank Mayapada. "Dan ini merupakan yang keempat kalinya, kita menggelar UKW kerjasama dengan Bank Mayapada. Setelah sebelumnya UKW angkatan ke-19, angkata ke-21 dan angkatan ke-23," tegasnya.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Jatim Ainur Rohim menambahkan, UKW angkatan ke-24 yang digelar PWI Jatim diikuti oleh 48 orang peserta, yang berasal dari perwakilan berbagai media massa nasional, regional, dan lokal yang ada di Provinsi Jatim. Baik media cetak, elektronik, maupun online, serta peserta dari perwakilan PWI Jatim yang ada di kabupaten/kota yang anggotanya belum banyak mengikuti UKW.

"Asas pemerataan dan keterwakilan benar-benar sangat kita pertimbangkan dalam kepesertaan UKW ini," ucapnya.

Dikatakan, dari 48 orang peserta UKW PWI Jatim angkatan ke-24, akan dibagi menjadi delapan kelas. Yakni, lima kelas untuk UKW kelas muda, dua untuk kelas madya, dan satu untuk UKW kelas utama. Tiap kelas berisi enam  wartawan atau peserta.

"Jumlah peserta tiap kelas berkurang satu, dari tujuh menjadi enam orang. Tujuannya agar uji kompetensi wartawan bisa lebih optimal dan mendalam untuk mengeksplore kemampuan para wartawan," terang Air, panggilan Ainur Rohim.

Untuk peserta yang mengikuti UKW angkatan ke-24 yang digelar PWI Jatim 22 dan 23 September 2018, Air berpesan agar semua peserta benar-benar mempersiapkan diri dan membawa peralatan yang dibutuhkan, seperti laptop, flashdisk, dan perangkat lain.

"Terpentig, jangan lupa Hari Sabtu besok (22 September) pukul 07.00 WIB, peserta sudah harus datang ke tempat ujian di Kantor PWI Jatim," tandas Air, mengingatkan. (fir)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...