Berita Kota

Published in Berita Kota

Plh Gubernur Jatim : Paslon Yang Trpilih Harus Melanjutkan Capaian Pembangunan Pejabat Sebelumnya

Apr 12, 2018 Publish by 
Plh Gubernur Jatim Ahmad Sukardi saat memberikan pembekalan pada Cagub-Cawagub dan Paslon Peserta Pemilukada Jatim di gdung negara Grahadi Surabaya , Kamis (12/4/2018)
Plh Gubernur Jatim Ahmad Sukardi saat memberikan pembekalan pada Cagub-Cawagub dan Paslon Peserta Pemilukada Jatim di gdung negara Grahadi Surabaya , Kamis (12/4/2018) (kt/min)

SURABAYA (KoranTransparansi.com) - Pelaksana Harian (Plh.) Gubernur Jawa Timur Dr H Akhmad Sukardi, MM meminta kepada 56 Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati- Wakil  Bupati dan Walikota-Wakil Walikota yang mengikuti Pilkada serentak, siapapun yang terpilih harus siap melanjutkan capaian program pembangunan pemerintah. 

Bahkan, dirinya berharap agar para paslon terpilih bisa melanjutkan program pemerintah lebih baik dari sebelumnya. 

"Mereka harus memahamu pembangunan proyek strategis nasional dan infrastruktur yang sedang masif dilakukan di Jawa Timur," tutur Akhmad Sukardi saat pembekalan  Anti Korupsi dan Deklarasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Pasangan Calon Kepala Daerah se Jatim Untuk Mewujudkan Pilkada Berintegritas 2018, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (12/4). 

Akhmad Sukardi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Jatim ini menjelaskan, pembangunan yang sedang dilakukan antara lain di sektor transportasi darat yaitu pembangunan double track jalur kereta api, proyek Tol Trans Jawa yang ditargetkan pada akhir 2019 tersambung mulai Merak - Banyuwangi serta sektor transportasi udara berupa pengembangan bandara.

“Tentunya peran kepala daerah khususnya dalam pembebasan lahan sangat menentukan pencapaian target tersebut agar tepat waktu. 

Dan muara dari pembangunan itu tidak lain untuk peningkatan konektivitas tersebut adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur,” ujarny

Apalagi, sebut Akhmad Sukardi, menurut hasil riset Asia Competitiveness Institute (ACI) 2017 menunjukkan kalau Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan tingkat kemudahan berbisnis (ease of doing business/edb) paling tinggi dibanding dengan 33 provinsi lainnya. Riset tersebut menggunakan kategori daya tarik bagi investor (Attractiveness to investor), keramahan bisnis (business policies).

Hal lain yang perlu diketahui dan dicermati oleh paslon terpilih adalah saat ini Presiden RI meluncurkan Making Indonesia 4.0, dimana program tersebut merupakan program yang bertujuan untuk membangun industri manufaktur dengan berdaya saing global, yakni melalui revolusi industri. Dimana seluruh daerah di Jawa Timur harus siap dalam mengantisipasi dan berperan dalam program tersebut.

Pada kesempatan itu, Akhmad Sukardi juga mengingatkan permasalahan yang krusial, yaitu berkaitan dengan fakta bahwa semakin besar kapasitas fiskal daerah, semakin besar pula peluang dan godaan untuk memperkaya diri. 

“Disinilah itikad awal dari para calon kepala daerah harus benar-benar ditegakkan, yaitu menggunakan APBD untuk membangun daerah dan memanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,”  pesannya.

Pihaknya juga mengingatkan kembali agar para paslon tidak hanya berkomitmen melakukan kampanye damai, siap menang dan siap kalah. Namun, mereka juga diharapkan mampu dan siap melaksanakan visi, misi sesuai janji kampanye yang telah disampaikan.

“Tahapan yang perlu mendapatkan perhatian bersama yaitu tahapan pasca pilkada. Situasi masyarakat yang terkotak-kotak juga harus segera disatukan kembali,” pungkasnya. (min)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...