Berita Kota

Published in Berita Kota

Kepala Daerah Harus Tegas Pada Proses E-Budgeting

Dec 13, 2017 Publish by 
Kepala Daerah Harus Tegas Pada Proses E-Budgeting

SURABAYA (KT) - Kepala daerah harus tegas, mengecek dengan teliti dan tau betul sasaranyabpada prosespenyusunan e-budgeting sebelum diserahkan ke DPRD.

Pakde Karwo menjelaskan, pada saat KUA-PPAS sudah ditentukan, akan terlihat program priotas. Sehingga jika ada yang aneh pada anggaran melalui e-budgeting tersebut bisa segera ditindak.

Bahkan sebelum masuk DPRD harus dipresentasikan dulu kalau ada perubahan aneh jadi segera diketahui,” Pak Sekdanya presentasi dulu,” kata orang nomor satu di Jatim saat pembukaan APKASI di gedung Negara Grahadi Selasa (12/12/2017) malam.

Melalui e-budgetingmenerapkan diharapkan bisa meminimalisir penyalahgunaan anggaran. Karena e-budgeting dilakukan by system bukan by person atau orang ke orang.

Selain itu, Pakde Karwo mengingatkan para kepala daerah memperkuat integritas untuk melawan korupsi. “Ini semua mengenai integritas. Kalau pungli di Jatim sudah diselesaikan dengan sistem.

Dari segi sistem Teknologi Informasi/TI, Provinsi Jatim sudah berjalan baik. Namun problemnya ada di integritas, jadi ini harus diperkuat,” tegasnya.

Mengenai kebijakan penggunaan anggaran yang dinamis dari Kementerian Keuangan, Pakde Karwo meminta kepada kepala daerah menyusun belanja tetap dengan mengambil anggaran PAD.

“Belanja tetap seperti bayar listrik, telpon, pegawai dimasukkan di dana PAD saja,” imbuhnya sebelum mengakhiri sambutannya. (rin)

banner