Berita Kota

Published in Berita Kota

Gus Ipul anggap kinerja Unsuri Surabaya cukup baik

Dec 02, 2017 Publish by 
Inilah aksi Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf saat Wisuda Sarjana & Pasca Sarjana Unsuri di Surabaya, Sabtu (2/12/2017)
Inilah aksi Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf saat Wisuda Sarjana & Pasca Sarjana Unsuri di Surabaya, Sabtu (2/12/2017) (kt/min)

SURABAYA (KT) – Universitas Sunan Giri (UNSURI) sebagai lembaga pendidikan tinggi telah bekerja secara maksimal. Tentu ini berkat kinerja seluruh civitas akademika Unsuri yang ternyata selama dua tahun terakhir telah membuahkan hasil yang cukup menggembirakan.

Sebab itu Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf memberikan apresiasi atas peningkatan kualitas Unsuri Surabaya. tegas Gus Ipul saat menghadiri Wisuda Sarjana dan Pasca Sarja Unsuri, Sabtu (2/12/2017).

Kemajuan UNSURI juga tidak bisa dilpaskan dari kepemimpinan Rektor Unsuri Dr. Ir. Gunawan Aji, M.T yang selalu mengedepankan entepreneur university dengan tetap memegang teguh kultur.

“Saya bangga dengan usaha seluruh civitas akademika Unsuri, terus berbenah sesuai dengan arahan Menristek Dikti,”  

Berdasarkan data Menristek Dikti, saat ini terdapat 4.000 perguruan tinggi (PT) yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut terbagi dalam berbagai tingkatan sesuai dengan akreditasinya. 

Sebagian besar, keberadaannya memerlukan pembenahan dengan langkah revolusioner untuk mendapatkan akreditasi. 

“Banyak perguruan tinggi yang ingin berbenah sesuai dengan standar yang ditentukan, tetapi mereka tidak mempunyai dana,” jelas Gus Ipul, panggilan akrab pendamping PakdeKarwo sepuluh tahun itu.

Pihaknya menyarankan agar Unsuri dan pergufuan tinggi lainay  berbenah sesuai dengan tuntutan jaman apabila tidak mau ketinggalan. 

“Majunya sebuah perguruan tinggi sangat berpengaruh pada kemajuan Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Gus Ipul juga berharap kepada para wisudawan agar mereka bisa menjadi pribadi yang kreatif, inovatif dan ikut membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi pemerintah sesuai dengan bidang ilmunya. 

Selain itu, dirinya meminta agar para wisudawan terus belajar mengikuti perkembangan teknologi yang saat ini berkembang pesat.  "Agar apa ? agar tidak ketinggalan dan dapat berkompetisi di dunia kerja," terangnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya,  Gus Ipul memberi gambaran pada para wisudawan bahwa saat ini  sangatlah sulit untuk menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi. Sebab, tidak semua lulusan sekolah dasar (SD) bisa melanjutkan ke jenjang sekolah menengah (SMP). Demikian pula lulusan SMP tidak  semuanya bisa melanjutkan ke SMA/SMK .

"Hanya 35 sampai 40 persen lulusan  SMA/ SMK/sederajat yang dapat diterima di perguruan tinggi," jelasnya. 

Untuk itu, para wisudawan diminta untuk bisa berterima kasih kepada orang tua mereka yang telah bersusah-payah hingga mampu menyekolahkan hingga ke jenjang S1. "Untuk itu jangan sia-siakan ilmu yang telah didapat untuk kepentingan keluarga,  bangsa dan negara," pinta Gus Ipul.

Jumlah wisudawan yang diwisuda pada hari itu sebanyak 393 wisudawan. Jumlah 

lulusan tersebut terdiri dari Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Sosial. Sementara untuk Pasca Sarjana fakultas yang diluluskan terdiri dari Ilmu Hukum, Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Hukum Keluarga.  (min)

 

banner