Maritim

Published in Maritim

Pemkab Situbondo Miliki Kapal Pesiar Mini Bantuan Kemenhub

Sep 19, 2018 Publish by 
 Pemerintah Kabupaten Situbondo, mendapatkan bantuan hibah satu unit kapal kayu untuk penunjang pariwisata dari Kementerian Perhubungan, yang dapat mengangkut sekitar 35 orang penumpang. (foto Antara)
Pemerintah Kabupaten Situbondo, mendapatkan bantuan hibah satu unit kapal kayu untuk penunjang pariwisata dari Kementerian Perhubungan, yang dapat mengangkut sekitar 35 orang penumpang. (foto Antara) (kt/guh)

Situbondo (KoranTtransparnsi.com) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, memiliki kapal pesiar mini yang sengaja dipersiapkan pemerintah daerah setempat untuk menyambut tahun kunjungan wisata 2019.

"Kapal Motor Banawa Nusantara XI ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan, dan dimanfaatkan menjadi kapal pesiar mini bagi wisatawan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Situbondo Tulus Priatmadji di Situbondo, Selasa.

Ia menjelaskan, KM Banawa Nusantara XI yang dijadikan kapal pesiar mini khusus wisatawan yang berkunjung ke Situbondo telah diresmikan oleh Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan Wakil Bupati Yoyok Mulyadi  di Pelabuban Kalbut, Kecamatan Mangaran.

Sejumlah pejabat di Situbondo ikut menikmati Kapal Baru tersebut sebelum diperuntukan masyarakat umum. Diantaranya adalah Bupati Situbondo Dadang Wigiarto (ketiga kanan), Wakil Bupati Yoyok Mulyadi (kedua kanan), Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kalbut Situbondo Nanang Afandi (kiri), Kepala Dinas Perhubungan Situbondo Tulus Priatmadji (kanan), menaiki kapal pesiar mini (kapal kayu) di Pelabuhan Kalbut, Mangaran, Situbondo, Jawa Timur

Dengan memiliki kapal pesiar mini tersebut, katanya, pemandu wisata siap membawa wisatawan menikmati keindahan pantai di Kabupaten Situbondo, dan para wisatawan bisa menikmati luas pantai Situbondo mulai ujung barat di Pantai Tampora, Kecamatan Banyuglugur, hingga Pantai Bama di Kecamatan Banyuputih.

"Bupati dan Wakil Bupati Situbondo serta sejumlah kepala OPD, kemarin langsung mencoba kapal pesiar mini tersebut berkeliling perairan Kalbut. Kalau kapasitas kapal pesiar mini itu 50 orang," kata mantan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo itu.

Sementara Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengemukakan bahwa kapal pesiar mini berkapasitas 50 penumpang ini akan jadi pembeda bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Situbondo.

"Dengan adanya kapal motor akan melengkapi destinasi wisata di Situbondo, wisatawan memiliki banyak pilihan menikmati wisata bahari di Situbondo. Oleh karena itu kami meminta Dinas Perhubungan menjaga fasilitas transportasi laut tersebut karena akan menunjang tahun kunjungan wisata 2019," tuturnya. (guh)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...