Maritim

Praktik lapangan pembibitan dan penanaman vegetasi pantai.

Pertumbuhan penduduk yang tinggi, kegiatan pembangunan, serta perubahan penggunaan lahan (untuk budidaya, pemukiman, wisata, dan lainnya) di wilayah pesisir dapat mengakibatkan kerusakan wilayah pesisir. Kerusakan wilayah pesisir tersebut dapat ditandai dengan semakin berkurangnya vegetasi pantai di wilayah pesisir dan berganti dengan bangunan fisik buatan manusia. Berkurangnya vegetasi pantai akan berpengaruh terhadap perubahan ekosistem pesisir, sehingga dapat berdampak pada masyarakat pesisir baik secara langsung maupun tidak langsung. Dampak berkurangnya vegetasi pantai tersebut, yaitu abrasi pantai, erosi pasir oleh angin, intrusi air laut, perubahan bentanglahan karena hilangnya sempadan pantai, serta penurunan keanekaragaman hayati karena hilangnya habitat.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Bantul (KT) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan ekspor perikanan Indonesia menduduki peringkat tiga se-Asia Tenggara.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Jakarta (KT) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga sumber daya alam kelautan serta mendukung keberlanjutan produk perikanan hasil dari kawasan perairan Tanah Air.

Ilustrasi

Jakarta (KT) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) perlu lebih mendorong kepastian berusaha dalam pengembangan sektor perikanan dibandingkan mengerjakan proyek yang kurang bermanfaat secara meluas bagi masyarakat pesisir.

Ilustrasi Nelayan tradisional

Jakarta (KT) - Kementerian Kelautan dan Perikanan perlu membangun lebih banyak rumah bagi nelayan tradisional karena hal tersebut dinilai lebih bermanfaat bagi mereka dibandingkan hanya merevitalisasi pelabuhan perikanan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Palu (KT) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku terkejut sekaligus berang mendapat laporan bahwa di Sulawesi Tengah terdapat ratusan pelabuhan khusus tanpa izin dan melakukan kegiatan pelabuhan umum.

banner