Kombes Pol Dr Syafiin SH MM MH Calon Gubernur 2018

Kombes Pol Dr Syafiin SH MM MH Calon Gubernur 2018

Kombes Pol Dr Syafiin (kanan), Gus Solah dan Prof M Nuh DEA usai acara bedah buku pemikiran Salahudin Wahid berjudul Memadukan KeIslaman dan KeIndonesiaan.

SURABAYA (KT) – Kombes Pol Dr Syafiin yang namanya masuk dalam radar r tim 9 bentukan para Kyai sepuh Jawa Timur ternyata mendapat perhatian khusus dari penggemarnya.

Ketika menghadiri acara peluncuran buku pikiran pikiran KH Salahudin Wahid (Gus Solah) berjudul memadukan KeIslaman dan KeIndonesiaan, di Hotel Alana Jalan Ketintang Surabaya, Minggu (22/10/2017), Gus Syaf, demikian dia biasa dipanggil menjadi rebutan kaum hawa yang sekedar ingin berfoto bersama.

Penulis buku Gus Solah adalah Adnan Yusuf, pemimpin redaksi sebuah surat kabar ternama Surabaya jebolan Stikosa-AWS ( Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi almamater Wartawan Surabaya) yang juga salah satu santri Gus Solah, ponpes Tebuireng.

Gus Syaf  memang tidak menjadi pembahas dalam bedah buku itu melainkan hadir atas undangan Gus Solah, yang kebetulan tengah merayakan hari kelahirannya yang ke 75 sekaligus ikut memperingati hari santri nasional. Gus Syaf adalah cucu Kyai Tar (KH Muchtar Mufthi) pengasuh pondok pesantren Ploso Jombang, Jatim.

Saya datang kesini tidak untuk berkampanye pilgub Jatim melainkan memenuhi undangan dalam bedah buku Gus Solah dan ikut merayakan hari ulang tahun beliau. Ini adalah kehormatan bagi kami. “Kami ucapkan selamat kepada Gus Solah semoga diberikan umur panjang sehingga masih bisa mendampingi umatnya.

Lalu bagaimana Gus Syaf menyikapi dinamika politik Jatim pasca deklarasi pasangan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas. Kombes Pol Dr. Syafiin mengatakan, kami mendaftar di Partai Demokrat, Golkar dan PPP. intinya mengikuti dinamika yang ada saja. Kami pasrahkan semua kepada mekanisme partai dan siapapun yang dipilih parpol untuk mendampingi Bu Khoififa Indar Parawansa , kami mengikuti dan masyarakat yang akan menilai.

Dan karena Gus Ipul sudah mendapatkan pasangan, ya kami mengucapkan selamat kepada Gus Ipul. Soal siapa yang mendampingi Bu Khofifah bukan tugas saya melainkan kewenangan ada di Parpol.

Bedah bukuh dengan menghadirkan narasumber Pak Dahlan Iskan, Prof M Nuh DEA maupun Prof Fasih sangat bagus. Catatan kami dari bedah buku ini bahwa  seorang kepala daerah, gubernur akan datang, siapapun orangnya, dirasa sangat perlu  mengimplimentasikan pikiran tokoh masyarakat Gus Solah kedalam sebuah program dan karya nyata.

Kalau ditanya dukungan terhadap pimikiran Gus Solah, Gus Syaf sebagai bakal calon gubernur/wakil gubernur mengatakan, ya tentu kami telah memasukan dalam 9 program prioritas. Misalnya juling (Jumat keliling) atau jelajah desa. Sembilan program kita akan jelaskan secara detil dalam tempat yang tepat.

Menjawab pertanyaan soal komunikasi politik dengan Bu Khofifah, Kombes Syafiin mengatakan, hubungan dengan Bu Khofifah sangat  baik. Baik dalam kapasitas beliau sebagai Menteri maupun pribadi. Bukan hanya dengan Bu Khofifah dengan Gus Ipul juga baik. Namun dalam kontek Pilgub Jatim, itu menyangkut soal pilihan. Bu Khofifah masih fokus Menteri dan saya masih tugas di Polri. tegas Gus Syaf singkat. (min)

Kombes Pol Dr. Syafiin (kanan) mengikuti pawai Budaya di Pandangiri Kec. Bumiaji Kota Batu, Minggu (15/10/2017)

BATU (KT) – Selama dua hari berturut turut Kombes Pol Dr Syafiin, bakal calon gubernur Jawa Timur periode lima tahun mendatang ubek ubek Kota Batu. Setelah kemarin diarak warga Desa Giripurwo, Minggu (15/10/2017) pagi giliran menghadiri acara Pawai Budaya yang diselenggarakan warga Desa Pandangiri Kec. Bumiaji, Kota Batu.

Ini rangkaian dari jelajah Desa yang merupakan program unggulan yang diusung Bacagub Kombes Pol Dr Syafiin.  pada pesta demokrasi  pemilihan gubernur Juni 2018. Diacara itu Syafiin tidak datang sendirian melainkan bersama tim suksesnya tingkat Kota Batu.

Program jelajah desa telah dimulai dari Trenggalek, Pacitan, Madiun, Ponorogo dan Nganjuk. “Kami diundang sebagai warga masyarakat Jawa Timur. Dan ini akan terus dilakukan di  38 Kabupaten/Kota . “Tim kami sudah menentukan titik yang harus dikunjungi. Karena waktunya tidak panjang kami harus berbagi waktu se efisien dan maksimal,” tegas Gus Syaf.

Menjawab petanyan wartawan soal belum turunnya rekom partai, sedang koalisi PKB dan PDIP sudah resmi mengusung pasangan Gus Ipul-Abdullah Azwar Anas, Kombes Syafiin mengatakan, kami kebetulan hanya mendaftar di tiga partai yaitu Golkar, Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sedangkan tiga partai itu belum mengeluarkan rekomnya.

Kami konsisten akan terus bersosialisasi diri sesuai permintaan partai saat kami mendaftar dulu. ujar perwira polisi yng kini menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidkum Polri itu.

Tugas kami menyapa masyarakat dan meminta masukan dan dukungan dari para tokoh agama, tokoh masyarakat. Soal rekom serahkan saja pada partai. kata cucu Kyai terkemuka asal Jobang, KH Muhtar Mufthi, pengasuh pondok pesantren Ploso Jombang).

Sebagaimana diketahui bahwa Kombes Pol Syafiin mendaftar bacagub/bacawagub melalui partai Demokrat, Golkar dan PPP. Hingga hari ini tiga partai itu belum mengeluarkan rekomnya. Kabarnya Golkar dan Demokrat bakal mengusung cagub Khofidah Indar Parawansa, Mensos. (min)

Bakal calon gubernur Jatim Kombes Pol Dr Syafiin (tengah pakai topi) saat menghadiri pawai Budaya di Desa Giri Purwo Batu, Sabtu (14/10/2017) .

BATU,MALANG (KT) – “ Meski belum mengantongi rekom dari partai politik, namun sosialisasi dan tebar pesona  jalan terus . Ini yang dilakukan bakal calon gubernur/wakil gubernur Jawa Timur Kombes Pol Dr Syafiin,SH MM MH.

Pria yang biasa dipanggil Gus Syaf ini, bersama timnya menghadiri acara bersih desa di Desa Giri Purwo, Kota Batu, Sabtu (14/10/2017)

Ratusan penduduk ikut hanyut dalam pawai Desa yang menyuguhkan berbagai atraksi seni. Beberapa tokoh masyarakat ikut hadir. Tak ketinggalan Pak Lurah Giri Puwo yang punya gawe.  Masyarakat juga antusias menyambut kedatangan cucu Kyai Tar (Muhtar Mufthi, pengasuh pondok pesantren Ploso Jombang).

Tiga bulan lalu kami sudah datang kemari untuk sekedar silaturrahim dan membagi sembako. Kali ini kedatangan saya memenuhi undangan para sesepuh dan pak Lurah Giri Purwo bertepatan dengan bersih Desa. Alhamdulillah masyarakatnya guyub (rukun).

Selain menghadiri acara bersih desa, mantan atlet Anggar Sea Game tahun 1985 itu, juga menyempatkan keliling ke desa desa. Ini sejalan dengan 9 program yang saya canangan yaitu jelajah desa. Ada beberapa temuan diantaranya Kota Batu ternyata masih ada yang belum tersentuh listrik dan air bersih.    

“Saya sangat aprisiet dengan  semangat penduduk Desa ini. Ada pawai budaya meski dalam skala kecil. Kegiatan semacam ini harus diadakan secara rutine. Minimal setahun sekali. Sebab ini wahana pelestari budaya bangsa.“ tegas Gus Syaf kepada wartawan ditengah berlangsungnya acara besih Desa.

Pihaknya mencatat dalam pawai desa ini harusnya muatan lokal  harus lebih menonjol. Tari  ogoh ogoh boleh saja ditampilkan agar masyarakat lebih terhiubur. Tapi budaya lokalnya jangan dilupakan. ucap Gus Syaf.

Sebagaimana diketahui bahwa Kombes Pol Syafiin mendaftar bacagub/bacawagub melalui partai Demokrat, Golkar dan PPP. Hingga hari ini tiga partai itu belum mengeluarkan rekomnya. Kabarnya Golkar dan Demokrat bakal mengusung cagub Khofidah Indar Parawansa, Mensos.

Sedangkan calon wakilnya masih diperebutkan. Gus Syaf menjadi calon kuat bakal mendampingi Khofifah karena dianggap memiliki banyak pengalaman. Namun ketika dikonfirmasi soal dukungan partai , Syafiin menyerahkan sepenuhnya pada partai pengusung. tandasnya (min)

Kombes Pol Dr Syafiin,SH,MM,MH

SURABAYA (KT) – Kombes Pol Dr Syafiin,SH,MM,MH, bakal calon gubernur-wakil gubernur Jawa Timur periode 2018-2023  menyerahkan sepenuhnya pada mekanimse partai untuk menentukan siapa yang akan di pilih.

Sebagai pelamar, tentu kami punya optimisme bahwa partai yang saya  sowani bakal memberikan respon pisitif terhadap dirinya. tegas Dr Syafiin kepada korantransparansi.com, Jumat (13/10/2017).

Syafiin tidak mendaftar secara kusus untuk posisi gubernur atau wakil gubernur . Ia menyerahkan sepenuhnya pada tiga partai dimana ia mendaftar yaitu Partai Demokrat, Golkar dan PPP. “Saya siap dimana saja,” ucapnya

Semua persyaratan administrasi sudah dilengkapi. Lalu menyapa masyarakat. Ini bukan pekerjaan ringan. Karena itu dia bersama timnya kerja keras  untuk mengejar ketertinggalannya terutama incumbent.

Selain itu cucu Kyai Muhtar Mufthi, pengasuh pondok pesantren Ploso Jombang ini juga melakukan komunikasi dengan ketua ketua partai yang secara kebetulan saja sudah kenal jauh sebelum ada niatan maju pilgub. Saya pernah mengabdi ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) cukup lama sebagai Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden.

Sedangkan dengan Ketua umum Partai Golkar Setya Novanto juga sudah kenal lama. Juga dengan Ketua umum DPP PPP. Namun soal rekomnya bakal jatuh kepada siapa, Kombes Syafiin tidak menjawab.

Ini adalah bagian dari ichtiar. Soal rekomnya jatuh kepada siapa, serahkan pada pemangku kebijakan “ Kami mengalir seperti air saja,” ucap Gus Syaf.

Sebagaimana diketahui sampai saat ini baru PKB saja yang sudah resmi mengeluarkan rekomnya yaitu kepada Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Sedangkan Partai Golkar dan Demokrat mengerucut pada Mensos Khofidah Indar Parawansa. Sedangkan Gus Ipul yang sudah menerima rekom dari PKB, namun posisi wakil juga masih kosong. Masih menunggu hasil koalisi.

Soal siapa yang bakal mendapingi Saifullah Yusuf , Ketua DPW PKB Jawa Timur Halim Iskandar usai sidang DPRD Jawa Timur Kamis (12/10/2017),mengatakan ini tegantung teman koalisi. Jika nantinya harus koalisi dengan PDI Perjuangan, kami menyerahkan mekanismenya ke PDI Perjuangan. Intinnya kami sudah mendahului memberikan rekom kepada figur yang selama ini sudah komit sejak awal. Ini sekaligus menjawab pertanyaan masyarakat. tegas Pak Halim.

Sedangkan dua partai pengusung Khofifah Indar Parawansa yaitu Demokrat dan Golkar sampai saat ini belum bersikap. Namun isu yang berkembang Partai Demokorat menyodorkan dua nama yaitu Kombes Pol Syafiin dan Nurwiyatno.

Freddy Purnomo, wakil Ketua Golkar Jawa Timur ketika presentasi dihadapan tim Pilkada DPP belum lama ini, DPP berkesimpulan untuk Cagubnya mengusung Khofifah, sedang wakilnya semua nama yng mendaftar ke desk pilkada DPD l Jawa Timur diusulkan. “Terserah DPP untuk menentukan, juga teman koalisinya,” kata Feddy. (min)

Bakal Calon Gubernur (bacagub) Jatim Kombel Pol. Dr. Syafi'in (nomor dua dari kanan) dalam sebuah acara di Batu Malang.

BATU (KT) -  Dukungan  kepada Kombes Pol Dr Syafiin, bakal calon gubernur (Bacagub) 2018-2023 menjelang turunnya rekomendasi dari partai semakin mengeras. Jumat (30/9) lalu,  Syafiin kebanjiran dukungan.

Padahal malam itu tidak ada agenda menerima dukungan kecuali hanya tasyakuran dengan mengundang anak yatim di rumahnya Desa Pandenrejo Kota Batu, Jawa Timur.

"Kami sangat terharu kehadiran teman teman dari daerah. Padahal malam ini hanya pengajian biasa dan pemberian santunan pada yatim piatu" ungkap Syafiin kepada korantransparansi.com , Selasa (3/10).

Sebagaimana diketahui bahwa Kombes Syafiin, cucu pendiri Thoriqoh Siddiqiyah Ponpes  Ploso Jombang tercatat sebagai bacagub Partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).  Dia menyerahkan sepenuhnya kepada partai apakah akan ditempatkan untuk bacagub atau bacawagubnya.

Ia mengaku bahwa kedatangan ratusan relawan tersebut tidak diduga sebelumnya. Ia hanya memberitahu pada  korlapnya masing masing daerah untuk datang  di acara tasyakuran. Namun ternyata yang datang cukup  banyak.

Mantan Kepala Biro Umum Sekretaris Militer di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan dirinya selain terus menyapa masyarakat bersama timnya. Juga inten melakukan komunikasi politik dengan partai partai dimana dirinya mendaftar.

Hasilnya memang belum di umumkan. Namun  saya optimis bakal mendapat rekom dari partai. kata Syafiin.

Disinggung soal makin mengerucutnya dukungan Partai Golkar, Hanura dan Nasdem kepada Khofifah Indar Parawansa, Kombes Syafiin enggan memberikan komentar. " Itu kewenangan partai. Tugas saya mengenalkan diri pada masyarakat," kata Syafiin. (min)

Cawagub Gus syaf terus berusaha mengenalkan dirinya menjelang keluarnya Rekom Partai dimana dia mendaftar.  Gus syaf (pakai rompi) saat membuka turnamen Bola Volly di Jombang.

SURABAYA (KT) – Kehadiran Mensos Khofifah Indar Parawansa (KIP) dengan mendaftar di Partai Demokrat Jawa Timur direspon positif sesama bakal calon gubernur. Dr Kombes Pol Syafiin.

Wajah baru didunia politik Jawa Timur ini mengatakan, saya menyambut gembira dengan keseriusan Ibu Khofifah ikut running pilgub Jawa Timur.

“Bu Khofifah adalah figur yang ditunggu tunggu oleh masyarakat Jawa Timur. Alhamdulillah Ibu sudah mendaftar sehingga tidak ada keraguan lagi apakah beliau jadi apa tidak ikut pilgub Jawa Timur, terang Kombes Syafiin ketika dihubungi koran ini melalui telepon genggamnya, Senin (2/10/2017).

Sebagaimana diketahui bahwa Khofidah Indarparawansa telah mendaftar ke Partai Demokrat tiga jam sebelum pendaftaran tahap kdua ditutup pada Sabtu (30/9/2017) malam.  Tiga partai lain pengusung Khofidah adalah Partai Golkar, Nasdem dan PPP. Khofifh tidak mendaftar melaui DPD l melainkan langsung ke DPP masing masing.

Khofifah memang tidak datang langsung ke sekretariat Partai Demokrat Jatim di Jalan Kertajaya Indah Timur Surabaya. Menurut Sekretaris DPD PD Jawa Timur Renvile Antonio , Khofifah mengutus tiga orang timnya datang dengan membawa surat kuasa beserta berkas bekar lainya.

Selama ini masyarakat bertanya tanya jadi tidaknya Ketua umum Pengurus Pusat (PP) Muslimat tersebut mencalonkan diri dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur Juni 2018 mendatang. Kalau sudah begini, masyarakat tidak bingung. Beliau memang figur yang ditunggu tunggu karena punya kapasitas untuk itu.

Semakin banyak tokoh yang mendaftar kepartai dan bertarung di Pilgub akan semakin baik. Dengan demikian masyarakat akan punya banyak pilihan. Saya secara pribadi menyambut baik kehadiran Ibu Khofifah di bursa cagub/cawagub Jawa Timur, tegas cucu Kiai Muhtar Mutfi, pengasuh pondok pesantren Ploso Jombang itu.  

KELILING JATIM

Syafiin mengatakan, pasca pendaftaran di Partai Demokrat, Golkar dan PPP, dirinya bersama timnya terus keliling Jawa Timur untuk menyapa masyrakat. Hanya saja waktunya memang sangat terbatas yaitu hari Sabtu dan Minggu.

“Jumat malam kami sudah di JawaTimur langsung menuju titik titik yang  di koordinasi oleh tim,” tegasnya

Sejak awal sudah saya jelaskan  bahwa timnya di semua Kabupaten/Kota sudah terbentuk. Sehingga begitu proses pendaftar selesai saya langsung begerak menyapa masyarakat. Saya punya komunitas sendiri. “Minggu kemarin saya di Malang dan hari ini ya sudah ngantor lagi di Mabs Polri. tandasnya.(min)

  •  Start 
  •  1 
  •  End 
banner

> BERITA TERKINI lainnya ...