INTERNASIONAL

Foto: PM Israel Benjamin Netanyahu bicara soal Yerusalem

PARIS (KT) - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut Palestina harus bisa menerima kenyataan soal Yerusalem. Menurutnya, Yerusalem telah menjadi Ibu Kota Israel selama ribuan tahun. 

Dilansir dari BBC, Senin (11/12/2017), Netanyahu mengatakan, pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel merupakan jalan menuju perdamaian. Apalagi, Yerusalem telah lebih dari 3.000 tahun menjadi Ibu Kota Israel dan tak pernah menjadi Ibu Kota yang lain. 

Netanyahu mengemukakan hal tersebut di sela pertemuannya dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Paris. Netanyahu bicara soal 'menerima kenyataan' tersebut di tengah maraknya aksi protes di mana-mana terkait pernyataan Presiden AS Donald Trump.

"Anda bisa membacanya dalam sebuah buku yang sangat bagus, yang disebut Alkitab… Anda dapat mendengarnya dalam sejarah komunitas Yahudi di diaspora kita. Di mana lagi Ibu Kota Israel selain di Yerusalem?" tutur Netanyahu.

"Semakin cepat rakyat Palestina mengakui kenyataan ini, semakin cepat kita bergerak menuju perdamaian," imbuhnya. 

BBC melaporkan, kecaman atas pernyataan Donald Trump telah meluas. Pernyataan Trump dianggap menghilangkan netralitas AS selama beberapa dekade terkait konflik Israel dan Palestina. 

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertolak ke Amman, Yordania, pada Minggu (10/12) pagi. Retno akan berdiskusi dengan Menlu Yordania dan Palestina terkait sikap Trump atas Yerusalem.

"Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia akan selalu bersama Palestina," kata Retno dalam sebuah video berdurasi 1 menit 5 detik, Minggu (10/12) pagi.

Selain ke Amman, Retno juga akan melanjutkan kunjungan ke Istanbul, Turki. Di sana ia akan membahas persiapan KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang akan berlangsung pada 13 Desember 2017. 

Ia juga akan mendampingi Presiden Joko Widodo yang rencananya menghadiri OKI. Pertemuan itu merupakan sidang khusus membahas manuver AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (kh)

Pengirim bom parsel Jerman minta bitcoin senilai miliaran Mata uang virtual Bitcoin.
 
BERLIN  (KT – Seorang pemeras yang bom parselnya memicu evakuasi di sebuah pasar Natal Jerman pekan lalu menuntut bitcoin setara 10 juta euro (sekitar Rp160,1 miliar), lapor harian Bild Rabu (06/12). 
 
Pesan berbahasa Jerman itu – disampaikan sebagai tautan ke sebuah barcode matrik, dan menuntut pembayaran yang tidak bisa dilacak dalam mata uang virtual – dialamatkan kepada layanan pengiriman parsel DHL, lapor Bild. 
 
Bom tersebut, berisi serbuk peledak dari kembang api Polandia, paku dan baut, diterima oleh sebuah apotek di sebelah pasar Natal itu Jumat lalu. Paket itu menimbulkan suara mendesis ketika dibuka, namun gagal meledak. 
 
Polisi, yang sedang waspada tinggi satu tahun setelah sebuah serangan ekstremis di sebuah pasar Natal Berlin menewaskan 12 orang, langsung mengamankan pasar di kota Potsdam di dekat ibu kota tersebut. 
 
Polisi sedang mencari tersangka di Berlin atau wilayah sekitarnya di negara bagian Brandenburg, setelah sebuah parsel DHL yang diduga datang dari sumber yang sama terbakar bulan lalu ketika dibuka di kota lain di wilayah yang sama, lapor AFP. (ANT/MIN)
 Mantan penasihat keamanan nasional bagi Presiden Amerika Serikat (AS) Donlad Trump, Michael Flynn, dalam persidangannya, Jumat (1/12), mengaku telah berbohong kepada Biro Investigasi Federal (FBI)

Washington (KT) - Mantan penasihat keamanan nasional bagi Presiden Amerika Serikat (AS) Donlad Trump, Michael Flynn, dalam persidangannya, Jumat (1/12), mengaku telah berbohong kepada Biro Investigasi Federal (FBI) soal kontak yang dilakukannya dengan Duta Besar Rusia Sergei Kislyak.

Sementara itu, jaksa mengatakan bahwa Flynn telah berkonsultasi dengan seorang pejabat senior pada tim peralihan kepresidenan Donald Trump sebelum ia berkomunikasi dengan duta besar tersebut. 

Flynn ada Jumat muncul dalam persidangan di pusat kota Washington. (Baca juga: Mantan penasihat Trump didakwa bohongi FBI terkait Rusia)

Ia menjadi anggota pertama pemerintahan Trump yang menyatakan bersalah melakukan kejahatan, yang terungkap dari penyidikan oleh kantor penasihat khusus AS soal dugaan upaya Rusia untuk mempengaruhi pemilihan presiden AS pada 2016.

Flynn, yang purnawirawan jenderal Angkatan Darat dan anggota tim kampanye Trump, mengakui bahwa ia memberikan sejumlah keterangan palsu kepada FBI soal percakapannya dengan Duta Besar Kilsyak sebelum Trump menjabat sebagai presiden. 

ABC News melaporkan bahwa Flynn, yang diancam hukuman penjara hingga lima tahun, siap bersaksi bahwa Trump telah memerintahkannya untuk melakukan kontak dengan Rusia sebelum Trump menjabat sebagai presiden. 

Jika laporan itu benar, maka Trump berada di posisi yang tidak nyaman setelah dirinya membantah ada persekongkolan antara tim kampanyenya dan pihak Moskow.

Saham dan nilai tukar dolar AS menurun secara tajam setelah laporan ABC News tersebut. Indeks S&P jatuh 1,2 persen sementara dolar AS turun 0,4 persen.

Keputusan Flynn untuk bekerja sama dalam penyidikan yang dipimpin Penasihat Khusus Robert Mueller menandai perkembangan besar dalam penyelidikan, yang telah membayang-bayangi pemerintahan Trump sejak presiden asal Partai Republik itu mulai menjabat 20 Januari 2017.

Gedung Putih mengatakan bahwa pengakuan bersalah yang disampaikan Flynn pada Jumat itu hanya melibatkan Flynn sendiri.

Flynn dipaksa keluar dari jabatan di Gedung Putih pada Februari karena menyesatkan posisi Wakil Presiden Mike Pence soal pembicaraannya dengan duta besar itu.

Jika terbukti bahwa Trump memerintahkan Flynn untuk berbohong kepada FBI soal kontak yang dilakukannya dengan pejabat-pejabat Rusia, maka tindakan itu akan dianggap sebagai kejahatan. Namun, sejumlah pakar hukum tidak sepakat soal apakah presiden yang sedang berkuasa itu bisa dikenai dakwaan. 

Banyak pihak mengatakan bahwa satu-satunya hukuman yang jelas bisa diterapkan kepada seorang presiden yang melakukan tindakan hukum adalah pemakzulan oleh Kongres, demikian laporan Reuters.

Menurut Undang-Undang Dasar (UUD) AS, pemakzulan memerlukan suara dukungan mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat dan dua-pertiga suara dukungan di Senat.(nat/min)

Jenderal Zhang Yang (REUTERS)

Beijing (KT) - Seorang jenderal China, yang tengah disidik dengan tudingan dugaan korupsi, melakukan bunuh diri, demikian media setempat melaporkan pada Selasa.

 

Kuching (KT) - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno LP Marsudi dan Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia Idris Jusuh menandatangani nota kesepahaman kerja sama mengenai pengembangan pendidikan tinggi Islam di Hotel Hilton Kuching, Sarawak, Malaysia, Rabu.

Presiden AS Donald Trump (REUTERS

Washington (KT)-Panglima tertinggi nuklir Amerika Serikat pada Sabtu mengatakan akan menolak permintaan Presiden Donald Trump jika perintah peluncuran senjata nuklir itu tidak sah.

banner