Jakarta (KoranTransparansi.com) - Liverpool membuang keunggulan lima gol yang sempat mereka miliki atas AS Roma dan "hanya" meraih kemenangan 5-2 atas tamunya di laga pertama semi final Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu dini hari WIB.

Jika menilik dari pengalaman Barcelona yang sempat unggul 4-1 di laga pertama perempat final atas Roma namun dikalahkan 0-3 kala mengunjungi Stadion Olimpico, maka Liverpool tidak bisa menganggap skor agregat 5-2 saat ini cukup aman untuk tiket mereka ke final.

Terlepas dari peluang Liverpool di laga kedua nanti, Mohamed Salah menjadi bintang kemenangan Pasukan Merah di laga pertama, dengan mencetak dua gol dan mengirimkan dua assist.

Catatan serupa, dua gol dan dua assist, juga dicatatkan oleh Roberto Firmino, sementara Sadio Mane menyumbangkan satu gol untuk kemenangan Liverpool.

Gol tandang Roma, yang jadi bekal penting menyongsong laga kedua, dicetak oleh Edin Dzeko dan tendangan penalti Diego Perotti.

Laga kedua akan dilangsungkan di Stadion Olimpico, Roma, Italia, pada Kamis (3/5) dini hari WIB.

Selain ancaman mengulangi nasib Barcelona, Liverpool harus kehilangan Alex Oxlade-Chamberlain pada menit 18 babak pertama saat ia mengalami cedera di tengah upaya menghalau pergerakan Aleksandar Kolarov di sisi kiri.

Semenit setelah Georginio Wijnaldum masuk menggantikan Chamberlain, gawang Liverpool diancam tendangan spekulasi Kolarov yang beruntung masih bisa ditepis tipis oleh penjaga gawang Loris Karius demi membenturkannya ke mistar gawang.

Pada menit 30, Sadio Mane berhasil terlepas dari penjagaan dan berada dalam ruang tembak terbuka di hadapan penjaga gawang Alisson usai menerima umpan tarik Roberto Firmino. Namun penyerang tim nasional Senegal itu melepaskan tembakan yang melambung jauh di atas mistar gawang.

Mane, pada menit 34, berhasil menyarangkan bola ke gawang Roma, namun ia terlebih dahulu berada dalam posisi offside ketika menyambar umpan kiriman Andrew Robertson.

Beruntung, semenit berselang Salah berhasil mencetak gol pertamanya berawal dari kesalahan pemain Roma kehilangan bola di areanya sendiri. Firmino menyodorkan bola kepada Salah, namun Salah mengolahnya sejenak sebelum melepaskan tendangan melengkung ke area tiang jauh tak terjangkau Alisson dan membuka keunggulan Liverpool pada menit 35.

Dua menit berselang, Liverpool hampir menggandakan keunggulan namun bola sundulan Dejan Lovren menyambut sepak pojok masih membentur mistar gawang.

Keunggulan membuat Liverpool kian meningkatkan tekanan kepada tim tamu, dan di pengujung babak pertama, berawal dari sapuan Virgil van Dijk bola berhasil dikendalikan Firmino di paruh lapangan Roma.

Firmino merangsek jelang kotak penalti, sebelum menyodorkannya kepada Salah yang kencang berlari dan menyambut bola dengan sontekan demi mengecoh Alisson yang terlanjur meninggalkan zona nyamannya dan menggandakan keunggulan Liverpool 2-0 atas Roma.

Unggul dua gol membuat Liverpool memasuki babak kedua lebih percaya diri dan segera menekan Roma, hasilnya Mane yang banyak membuang peluang di babak pertama akhirnya mencetak gol pada menit 56 memperbesar keunggulan timnya menjadi 3-0.

Berawal dari umpan yang berbau offside, Salah berlari merangsek dari sisi kotak penalti sebelum melepaskan umpan tarik matang ke arah Mane dan Firmino yang menanti di hadapan gawang. Mane lebih dulu menyambar bola dan mencetak gol.

Keunggulan tiga gol kian memantik amukan anak-anak Liverpool yang terlihat belum puas, Salah lagi-lagi melepaskan umpan tarik, kali ini Firmino yang berada di area tiang jauh, menyontek mudah bola ke dalam gawang. Liverpol empat, Roma nol pada menit 61.

Ketertinggalan tiga gol membuat pelatih Eusebio Di Francesco melakukan perjudian besar dengan menarik Juan Jesus dan kapten Daniele De Rossi dari lapangan, keduanya digantikan Perotti dan Maxime Gonalons. Keputusan yang nantinya akan terbukti berdampak positif.

Namun baru satu menit kedua pemain memasuki lapangan, sepak pojok yang dilepaskan James Milner berhasil ditanduk Firmino ke dalam gawang memperbesar keunggulan 5-0 atas para pemain Roma yang tak satupun melompat ketika tendangan sudut dilakukan.

Menit 75, Salah ditarik keluar digantikan Danny Ings, membuat daya gedor Liverpool turun drastis, dan Roma berhasil memanfaatkan keadaan ketika Dzeko memperkecil ketertinggalan menjadi 1-5 dari tendangan keras jarak dekat.

Lovren yang salah mengantisipasi bola umpan Radja Nainggolan membiarkan Dzeko berhadapan satu lawan satu dengan Karius.

Riuh rendah Liverpool kembali terancam ketika Milner divonis menyentuh bola dengan tangan demi menghalau tembakan Nainggolan, wasit menunjuk titik putih yang sukses dieksekusi baik oleh Perotti untuk memberikan bekal dua gol tandang bagi Roma

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA : 

Liverpool (4-3-3): Loris Karius; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain (Georginio Wijnaldum), Jordan Henderson, James Milner; Mohamed Salah (Danny Ings), Roberto Firmino (Ragnar Klavan), Sadio Mane

Pelatih: Juergen Klopp

AS Roma (3-4-2-1): Alisson; Federico Fazio, Kostas Manolas, Juan Jesus (Diego Perotti); Alessandro Florenzi, Daniele De Rossi (Maxime Gonalons), Kevin Strootman, Aleksandar Kolarov; Cengiz Uender, Radja Nainggolan; Edin Dzeko

Pelatih: Eusebio Di Francesco

 

Sumenep (KoranTransparansi.com) - Pesepeda asal Jakarta bernama Tarmizi (65) kini sudah sampai Sumenep Jawa Timur setelah sejak 29 Desember lalu mengelana dengan mengelilingi Nusanatara. 

Pria berumur itu istirahat di Masjid Agung Sumenep menjelang subuh, Senin (24/4/2018). Tarmidzi asal Desa Wijaya Kusuma, kecamatan Grogol Petamburan itu mengaku setelah mengambil start dari Jakarta, lalu menuju Medan Sumatra, Bogor, Semarang. Rencananya, dia akan melanjutkan perjalanan menuju Bali.

Pantauan media ini, Tirmizi mengelilingi Nusantara ini menggunakan sepeda ontel yang dilengkapi papan dibelakang sepedanya dengan bertuliskan keliling Nusantara beserta kain sang saka merah putih yang terus berkibar. 

Kata Tirmizi tujuan untuk keliling nusantara ini hanyalah demi mencari pengalaman saja, "hanya cari pengalaman saja" tuturnya sederhana dengan logat khas jakarta.

"Saya sangat senang melakukan ini semua, dan berharapan bisa berjumpa dengan masyarakat seluruh nusantara" imbuhnya.

Ia menambahkan, ternyata nusantara itu indah, masyarakatnya baik dan ramah dan ketika ditanya tentang suka dukanya selama keliling nusantara ini, ia mengatakan bahwa banyak orang yang dijumpai memberikan sikap yang baik sekali.

"Tak sedikit orang-orang yang memberi bantuan kepada saya, seperti ngasik uang, makanan bahkan tempat tinggal sementara untuk istirahat" ceritanya pada korantransparansi.com.

Tetapi yang menjadi kekhawatirannya ketika ban sepedanya bocor dan cuaca tidak mendukung, seperti ketika hujan.

"Tetapi semua itu saya tetap jalani dengan sabar dan penuh semangat " kata Tirmizi.  Pantauan media ini diwajahnya terpancar semangat yang berkobar. Dan Tarmizi tetap akan melanjutkan kembali mengelilingi nusantara ini (fidz).

 

 

BANYUWANGI (KoranTransparansi.com) - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memaparkan pengembangan pariwisata Banyuwangi di forum kolaborasi pelaku wisata yang difasilitasi Traveloka, perusahaan penyedia akomodasi dan atraksi pariwisata berbasis online, di Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Forum kolaborasi itu diikuti sejumlah komunitas dan pelaku pariwisata, seperti Backpacker Indonesia, Other Side Bike Trip, Wanderlust Indonesia, Tamasyeah, 7 Summit Indonesia, Gofaraway, dan Infonesia Trip. Selain itu, ada Wisata Sekolah, Travacello, Eskepis, Whatever Indonesia, Indogenous, dan masih banyak lagi.

“Momen seperti ini menjadi kesempatan bagi Banyuwangi untuk mendapat perhatian dari komunitas dan para pelaku pariwisata. Bisa muncul kolaborasi-kolaborasi, sehingga terbentuk ekosistem yang baik untuk semakin mengembangkan pariwisata daerah,” ujar Anas.

Anas menambahkan, pemasaran pariwisata yang tersegmentasi ke komunitas sangat efektif untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Pemasaran berbasis komunitas menjadi pilihan yang tepat di tengah maraknya persaingan antardaerah dalam mendatangkan wisatawan.

“Dengan ini kita sekaligus mengajak anggota-anggota komunitas itu untuk berlibur ke Banyuwangi. Seperti Backpacker Indonesia yang punya jejaring kuat ke kalangan backpacker, saya sampaikan bagaimana homestay-homestay di Banyuwangi yang sesuai dengan segmen komunitas itu,” paparnya.

Dikatakan Anas, Banyuwangi senang bisa terlibat di forum kolaborasi pelaku wisata yang digagas Traveloka. “Forum kolaborasi seperti ini adalah jawaban bagi peningkatan kinerja sektor pariwisata Indonesia, semua bahu-membahu dan berbagi ide. Inilah kaki-kaki bagi terwujudnya Indonesia Incorporated di sektor wisata sebagaimana sukses dibangun oleh Menteri Pariwisata Pak Arief Yahya,” ungkap Anas.

Dalam kesempatan itu, selain memaparkan beragam destinasi dan atraksi pariwisata di Banyuwangi, Anas juga menyampaikan sejumlah konsep pengembangan wisata. Di antaranya pelibatan berbagai komunitas lokal dalam menggarap festival seni-budaya dan penciptaan destinasi wisata baru. “Bagi Banyuwangi, pariwisata bukan cuma urusan mendatangkan wisatawan dan menggerakkan ekonomi lokal, tapi juga bagian dari konsolidasi pembangunan infrastruktur dan penguatan budaya,” urainya.

Menurut Bupati Anas, ekonomi Banyuwangi terus bergeliat antara lain ditopang oleh pariwisata. Kemiskinan berhasil diturunkan ke level 8,6 persen dari sebelumnya selalu di atas dua digit. Pendapatan per kapita warga juga melonjak menjadi Rp41,46 juta per orang per tahun dibanding awalnya Rp20,8 juta.

Adapun jumlah penumpang di Bandara Banyuwangi sendiri terus meningkat tiap tahunnya. Pada 2017 jumlahnya mencapai 188.949 orang, atau melonjak 67 persen dibandingkan 2016 sebanyak 113.153 penumpang. Dalam periode Januari-Maret 2018, jumlah penumpang melonjak 143 persen dibanding periode Januari-Maret 2017. (ari)

 

BANYUWANGI (KoranTransparansi.com) - Baru sehari mendengar Yoanita Rahmawati, tersangkan arisan mama gaul ditahan, dua orang korbanya, yakni Zemy Prihatiningsih, warga Licin dan Endang Wahyu, warga Karangrejo, Banyuwangi  sudah mendatangi Mapolres Banyuwangi, Selasa (24/4/2018.

“Kedatangan saya ke Polres untuk menemui Yoanita (tersangka). Saya ingin tersangka mengakui dan bertanggung jawab. Tujuanya biar hukumnya tidak terlalu berat. Sayangnya tersangka masih tidak menyesali perbuatanya, ya angkuh gitlah. Tapi, saat melihat Yoanita saya sangat geram,” ujar Zemy kepada wartawan di Mapolres Banyuwangi, Selasa (24/4/2018) siang.

Diakui Zemy, dirinya merasa uangnya dibawa kabur Yoanita sebesar Rp 145 juta. Malahan uang itu dianggapnya  raib. Dan, tersangka malahan dimintai tolong macam-macam  Sedangkan Yoanita sendiri dianggap melakukan penipuan dan penggelapan sesuai pasal 378 sub pasal 372 KUHP..

"Ya, namanya Yoanita seperti itu. Anehnya, saya malah di curhati, disuruh bawa makanan celana. Dia itu orangnya pinter  merayu, tidak ada perubahan sama sekali. Bayangkan, karena ulahnya bisa mendaparkan member cukup banyak, yakni lebih dari 30 orang gitu,” paparnya.

Tidak hanya Zemy, korban lainya,  Endang Wahyu juga heran terhadap sikap Yoanita yang tak pernah berubah, meski sudah ditahanan Polres. Perubahan Yoanita hanya fisiknya saja.

"Dulu Yoanita itu agak putih, sekarang malah hitam dan kurus. Dan tidak secantik dulu. Makanya saya kasihan sekali,” kata Endang..

Endang mengakui kalau dirinya mengalami kerugian cukup besar dibanding korban lainya, yakni sebesar Rp 300 juta. Uang sebanyak jumlah itu ada yang Endang daftarkan arisan mobil, arisan emas, dan investasi uang dengan janji keuntungan 50 persen.

"Yang jelas, arisan yang saya ikuti macam-macam besarnya ada yang 30 juta, 10 juta, dan 50 juta untuk inves, tapi tidak ada sampai sekarang janji-janji 50 persen itu," papar Endang.

Endang pasrah kepada aparat penegak hukum setelah melihat sikap yang ditunjukkan Yonaita. "Biar penegak hukum menindak tegas. Karena, saya melihat Yoanita tidak ada itikad baik, dan tidak mungkin akan mengembalikan uang saya,” tandas Endang.

Seperti diketahui, Senin (23/4/2018) Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman merili kasus arisan mama gaul dan investasi emas dan uang. Tapi, investasi itu bodong. Janji akan memberikan keuntungan kepada peserta investasi sebesar 50 persen dari uang modal.

Tapi, kenyataanya keuntungan 50 persen itu tidak ada sama sekali. Kejadian itu pada tahun 2017. Karena tidak ada tanggungjawab dari Yoanita, korban kesal dan akhirnya melaporkan ke Polres. Dan, beberapa hari ini Yoanita ditangkap aparat Polres di Pamulang, Tangerang, Banten. Kini Yoanita ditahan di Mapolres Banyuwangi. (ari)

Sulteng  (KoranTransparansi.com) - Kepala Bidang Pengadaan dan OPP Perum Bulog Sulteng, Bahar Haruna, mengungkapkan menjelang bulan suci Ramadhan pihak Perum Bulog bersama tim Satgas Pangan telah melakukan Operasi Pasar.

"Untuk operasi pasar (OP) sudah satu minggu kami laksanakan di dua pasar induk kota Palu Masomba dan Manonda. " Kata Bahar Haruna, Selasa (24/04/2018), di Palu.

Selain operasi pasar yang digelar di dua pasar induk kota Palu, pihak bulog juga berkunjung ke beberapa kios pedagangan beras." Hampir beberapa kios pedagang beras kami sudah masuk untuk menyampaikan agar mereka bisa menjual beras medium. Ini diharapkan agar tidak terjadi kelangkaan beras medium dipasaran, "Jelasnya.


Antisipasi yang ditempuh pihak bulog ini menurut bahar, sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nom. 57/2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras.

"Kami bergerak sesuai Permendag agar tidak ada kelangkaan beras medium dipasaran. Jika pedagang tidak memiliki beras medium maka bulog siap mengisinya dengan harga tebus yang diberikan ke padagang Rp. 8.100 per Kg.

Dan untuk harga jual harus di bawah HET, untuk beras medium Rp9.450/kg. Sedangkan untuk beras premium HET per kg Rp. 12.800. "Ungkapnya.


Selain itu pihak bulog juga memberikan solusi dalam proses penjualan beras medium untuk membantu mempermudah distribusi penjualan kepedagang. "Informasi dipasaran untuk beras medium ada kelangkaan karena itu kami pihak bulog siap mengisi ketersediaannya dengan cara mengantar langsung ditempat pedagang atau pedagang datang langsung dibulog, "tuturnya.


Bahar menjelaskan, jika pihak pedagang membeli langsung di gudang bulog maka harga yang dibayar Rp. 8.100 untuk per kg.

Namun jika pedagang meminta opsi kedua yakni, beras diantar langsung ke tempat maka pedagang cukup dikenakan biaya pengantaran. Sementara kesiapan beras medium saat ini kata Bahar bisa bertahan lima bulan.

"Untuk kesiapan beras medium bulog, bisa sampai lima bulan kedepan. Jadi untuk puasa, lebaran masi aman. Sekarang sudah April kemungkinan hingga September, masih aman. "Paparnya.


Saat ini diperkirakan kesipan beras berkisar 10.000 yang diperuntukan di beberapa pasar di kota palu. "Waktu rapat yang kami gelar, ada beberapa pasar yang akan kami salurkan selain dua pasar induk. Termaksud pasar tradisional Talise, Tavanjuka, "terangnya. (R.Nur)

Jakarta (KoranTransparansi.com) - Bek  Arsenal Per Mertesacker menegaskan para pemain tengah fokus menjuarai Liga Europa selain memenangkan empat pertandingan liga tersisa sebagai kado perpisahan sempurna untuk manajer Arsene Wenger.

Jumat pekan lalu Wenger sudah mengumumkan akan meninggalkan Arsenal akhir musim ini sehingga mengakhiri masa kepelatihan 22 tahunnya di Arsebal di mana dia mempersembahkan tiga gelar juara Liga Premier dan tujuh Piala FA.

Arsenal akan menantang Atletico Madrid pada pertandingan leg pertama semifinal Liga Europa, Jumat dini hari WIB pekan ini.

"Dia sudah amat tegas kepada kami bahwa ini adalah sasaran jelas saat ini, menjuarai Liga Europa dan memenangkan setiap pertandingan yang akan kami hadapi sekarang.  Kini kami bisa berjalan bersama dan membuat dia pergi dengan bangga," kata Mertesacker kepada wartawan.

Arsenal yang saat ini menduduki peringkat enam klasemen liga, belum mengumumkan pengganti Wenger.

"Kini kami harus mencari orang tepat lainnya untuk mengawali era baru," kata Mertesacker.

Arsenal kembali beraksi di liga dengan menghadapi Manchester United Minggu pekan ini, demikian Reuters.

 

Mojokerto (KoranTransparansi.com) - Sejumlah petugas yang diduga berasal dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sejumlah ruangan yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa.

Kedatangan mereka sekitar pukul 11.00 WIB ini mendapatkan pengawalan dari petugas kepolisian setempat dengan membawa senjata laras panjang.

Saat ini, sejumlah ruangan yang digeledah oleh petugas itu di antaranya adalah ruangan kerja Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, dan juga ruangan Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto.

Belum diketahui, kedatangan penyidik KPK menyasar ruang kerja Bupati terkait perkara apa.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Mojokerto, Alfiyah Ernawati mengaku, tidak tahu ada anggota KPK melakukan pengeledahan di Pemkab Mojokerto.

"Saya tidak tahu ada pengeledahan KPK," katanya.

Hingga kini, sejumlah anggota KPK masih melakukan pengeledahan di gedung kantor Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.(ant/min)

Pangandaran (KoranTransparansi.com) - Presiden RI Joko Widodo mengatakan Keramba Jaring Apung merupakan lompatan teknologi dan masa depan perikanan Indonesia.

"Kita harapkan jadi sebuah lompatan kemajuan, terobosan pertama di Indonesia. Cikal bakal berlipatgandanya nilai tambah budi daya perikanan Indonesia," kata Presiden saat meresmikan Keramba Jaring Apung (KJA) lepas pantai atau offshore di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang, Babakan, Pangandaran, Selasa.

Presiden mengungkapkan dengan teknologi KJA ini sebanyak 1,2 juta penebaran benih ikan dapat menghasilkan 816 ton per tahun per unit

"Coba bandigkan dengan keramba jaring apung biasa yang produksinya cuma 5,4 ton per tahun per unit. Ini sebanyak 816 ton. Inilah hal yang harus dipelajari nelayan kita," kata Kepala Negara.

Jokowi juga mengatakan bahwa teknologi KJA ini akan melibatkan antara 215 dan 250 orang.

"Ini baru satu yang dibangun di sini (Pangandaran). Nanti juga akan dikembangkannya dua lagi. Yang dua juga sudah dibangun di Sabang dan Karimun Jawa," katanya.

Keramba jaring apung ini merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan mengadopsi teknologi lepas pantai dari Norwegia yang diperkirakan bakal mampu menggenjot produksi komoditas ikan kakap putih secara signifikan.

Teknologi KJA offshore fokus dikembangkan di tiga kawasan strategis, yakni perairan Kepulauan Karimunjawa (Jawa Tengah), Pangandaran (Jawa Barat), dan Pulau Sabang Aceh.

Keramba jaring apung lepas pantai (offshore) memiliki beberapa keunggulan, yaitu tahan terhadap gelombang dan memiliki ketahanan lebih dari 10 tahun.

Cukup efektif digunakan dalam budi daya ikan karena mudah dalam pemasangan maupun pelepasan jaring, memiliki beragam konfigurasi dalam pengoperasiannya.

Peresmian keramba jaring apung ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Prediden selama 2 hari di Jawa Tengah dan Jawa Barat.(sam)

Jakarta (KoranTransparansi.com) - Mantan Ketua DPR Setya Novanto divonis 15 tahun penjara ditambah denda Rp500 juta subsider 3 bulan kurungan karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi pengadaan KTP-elektronik tahun anggaran 2011-2012.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Setya Novanto telah terbukti secara sah dan meyakinkan secara hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama seperti dakwaan kedua. Menjatuhkan pidana kepada terdakwa selama 15 tahun dan denda Rp500 juta dengan ketentuan bila tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan kurungan," kata ketua majelis hakim Yanto di pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin.

Vonis itu berdasarkan dakwaan kedua dari Pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

"Menjatuhkan pidana tambahan membayar uang pengganti sebesar 7,3 juta dolar AS dikurangi dengan uang yang dikembalikan sebesar Rp5 miliar selambat-lambatnya 1 bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap, jika dalam waktu tersebut tidak dibayar maka harta benda terdakwa disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti, dalam hal terdakwa tidak punya harta yang cukup untuk membayar uang pengganti, terdakwa dipidana penjara selama 2 tahun," tambah hakim Yanto.

Vonis lebih rendah dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK yang menuntut agar Setya Novanto dituntut 16 tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan serta membayar uang pengganti sejumlah 7,435 juta dolar AS dan dikurangi Rp5 miliar subsider 3 tahun penjara.

Majelis hakim yang terdiri atas Yanto sebagai ketua majelis hakim dengan anggota majelis Frangki Tambuwun, Emilia Djajasubagja, Anwar dan Sukartono juga mencabut hak politik terdakwa untuk menduduki jabatan tertentu selama beberapa waktu.

"Mencabut hak terdakwa dalam menduduki jabatan publik selama 5 tahun setelah selesai menjalani masa pemindaan," ungkap hakim Yanto.

Hakim pun menolak permohonan Setya Novanto sebagai saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum (justice collaborator) seperti dalam tuntutan JPU KPK.

"Karena jaksa penuntut umum menilai tedakwa belum memenuhi syarat untuk dijadikan saksi pelaku yang bekerja sama maka majelis hakim tidak dapat mempertimbangkan permohonan terdakwa," kata hakim Anwar.

Atas putusan itu, Setnov dan JPU KPK menyatakan pikir-pikir. (rom)

Surabaya (KoranTransparansi.com) - Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo kembali meraih penghargaan di tingkat nasional. Kali ini, orang nomor satu di Jatim tersebut menjadi satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang menerima penghargaan sebagai Tokoh Masyarakat Peduli Perlindungan Konsumen.

Penghargaan diserahkan Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita dalam acara Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2018 di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (24/4).

Penghargaan ini diraih Pakde Karwo, sapaan lekatnya, karena selama memimpin Jatim selama dua periode memiliki perhatian dan kepedulian terhadap kemajuan perlindungan konsumen. Ia sangat concern dalam mengalokasikan APBD Provinsi Jatim terhadap kegiatan perlindungan konsumen. 

Hal ini terlihat dari rata-rata alokasi APBD Jatim mulai tahun 2015-2018 untuk perlindungan konsumen sekitar 8-11 persen atau 9-19 miliar rupiah dari total anggaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim.

Tak hanya itu, Pakde Karwo juga menaruh perhatian dalam pengendalian inflasi agar harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok  bisa dinikmati konsumen dengan harga yang wajar dan terjangkau. Provinsi Jatim juga memiliki daerah tertib ukur yang di dalamnya terdapat enam pasar tertib ukur dan berstandar nasional/SNI. Serta, 21 kab/kota yang memiliki kantor metrologi tersendiri.

Selain itu, Pemprov Jatim melalui Disperindag memiliki lima Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perlindungan Konsumen di wilayah Surabaya, Malang, Kediri, Bojonegoro dan Jember. UPT ini bertugas melakukan pengawasan barang beredar dan jasa, pemberdayaan konsumen dan pelaku usaha.

Alasan lain Pakde Karwo memperoleh penghargaan Tokoh Masyarakat Peduli Perlindungan Konsumen juga terlihat dari berbagai langkah strategis yang dijalankan saat menjadi gubernur dua periode. 

Pertama, membentuk Tim Terpadu Pengawasan Barang Beredar dengan anggota antara lain Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan serta Bea Cukai. 

Kedua, melakukan pembinaan dan mendorong Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) untuk menyelesaikan sengketa konsumen.

Ketiga, membuat Dashboard PEPI (Dashboard Peningkatan Ekspor Pengendalian Impor) yang bertujuan mendorong kelancaran proses ekspor dan meningkatkan pengawasan terhadap barang impor dalam rangka perlindungan konsumen. 

Upaya ini meliputi pengawasan terhadap perlindungan kepentingan pembangunan ekonomi nasional, pengawasan pada gudang importir, serta pengawasan aspek kesehatan, kenyamanan, keamanan dan keselamatan konsumen. Juga, membentuk layanan pengaduan secara online untuk eksportir dan importir terkait hambatan dalam kegiatan ekspor-impor.

Langkah keempat, adanya Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur (SISKAPERBAPO) sebagai perlindungan konsumen yang memberikan informasi ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok kepada masyarakat luas. 

SISKAPERBAPO juga menjadi acuan pengambilan kebijakan apabila terjadi disparitas dan lonjakan harga yang terlalu jauh antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. 

Kelima, terus mengupayakan berbagai kegiatan dalam rangka perlindungan konsumen seperti pelaksanaan pengawasan barang beredar secara berkala dan khusus, sosialisasi peraturan perundangan serta upaya peningkatan perlindungan konsumen di kalanganpelaku usaha.(min)

Page 1 of 508
banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...