MOJOKERTO (KT) - Bandar narkotika jenis sabu sabu (SS) jaringan Mojokerto, Bayu Ferdiansyah, 23, yang dikendalikan dari sebuah Lapas di daerah Sidoarjo ditembak mati anggota Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Jatim.

Lelaki asal Prajurit kulon, Kota Mojokerto itu ditembak di sekitar by pass Mojokerto karena berusaha melakukan perlawanan.

Khawatir terjadi apa-apa pada anggota yang lain, akhirnya petugas memuntahkan pelor panas ke arah tersangka.Sebelum tewas, tersangka Bayu dibawa ke RS Bhayangkara, tapi nyawanya tidak tertolong.

Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Fatkhurahman, menjelaskan penembakan bandar sabu itu bermula saat timnya menangkap Nanang Sarianto, 37, warga Jalan Nangka, Kelurahan Seruni, Gedangan, Sidoarjo di exit gate Suramadu. 

Penangkapan Nanang itu sendiri berlangsung Kamis (14/12/2017) sekitar pukul 14.47 WIB.

"Penangkapan itu dilakukan setelah petugas melakukan penyelidikan terhadap jaringan Mojokerto yang dikendalikan dari Lapas Porong dengan pengendali yang dikenal dengan nama Rafa," ujar Brigjen Fatkhurahman, Jumat (15/12/2017).

Dalam penangkapan itu, petugas mengamankan barang bukti berupa 1 kg SS, 3 unit ponsel, dan 1 unit mobil Daihatsu Luxio nomor poisi L 1879 FB.

Ketika diinterogasi di lokasi, tersangka Nanang mengaku akan mengirim barang pada seseorang penerima yang sudah menjadi target operasi (TO) BNNP Jatim.

Sesuai catatan yang ada, Bayu sudah 3 kali menjemput paket narkotika dari jaringan lain melalui jalur Bangkalan-Surabaya-Mojokerto.(guh)

SURABAYA (KT) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo segera memanggil Bupati/Walikota yang tidak hadir  pada penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Prov Jatim Tahun Anggaran 2018. Sikap tegas dilakukan semata-mata  agar pemanfaatan keuangan negara nantinya benar-benar bisa dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar. 

“Uang negara harus dipertanggung jawabkan dengan baik. Sebagai wakil pemerintah pusat, Saya harus melakukan pembinaan dan  pengawasan kepada bupati dan walikota dengan baik,” tegas Gubernur saat menyampaikan sambutan pada acara Penyerahan DIPA dan DPA Provinsi Jatim yang dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi, Jumat (15/12). 

Lantaran tidak hadir itupula Gubernur menunda penyerahan terhadap Bupati/Walikota yang tidak datng di grahadi. Mereka diantranya WaliKota Probolinggo, Kabupaten Tulungagung, Kota Mojokerto, Kabupaten Pamekasan, Kota Blitar, Kota Batu dan Kabupaten. Jombang. 

DIPA dan DPA harus diterima Bupati/Walikota dan tidak bisa diwakilkan pada stfnya. Apalagi DIPA Provinsi Jatim tahun 2018 mengalami peningkatan menjadi Rp. 119 Trilyun, dibanding tahun 2017 sebesar Rp 115 trilyun. 

Rincian DIPA dan DPA Jatim tahun 2018 yakni dana pemerintah pusat sebesar Rp 44,3 trilyun dan dana transfer ke daerah sebesar Rp 75 trilyun. Sedangkan untuk APBD Provinsi Jatim tahun 2018 sebesar Rp 30,762 trilyun. 

Pakde Karwo menegaskan keharusan pemanfaatan  DIPA dan DPA Provinsi Jatim tahun 2018 ini yang harus sesuai dengan program prioritas pemerintah pusat, khusunya pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan, serta pembangunan infrastruktur. 

Setelah penyerahan DIPA, Pakde Karwo berharap agar  segera diberikan kepada OPD dan satker untuk segera dilakukan lelang  barang dan jasa.

Penyerahan DIPA ini merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBN Tahun 2018. Berbagai rencana strategis  dan kebijakan umum yang ditetapkan dalam APBN tahun 2018 wajib dituangkan dalam DIPA. 

Diharapkan  penyerahan DIPA tersebut dilaksanakan lebih awal, agar proses pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran dapat berlangsung lebih tepat waktu, yaitu awal Januari 2018.

Dalam laporannya, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, R Wiwin Istanti SE, AK, M Laws menjelaskan  DIPA  Jatim dengan total mencapai Rp. 119,8 trilyun tsb terbagi  dua kelompok besar, yaitu Rp 44,8 trilyun untuk  instansi kementerian / lembaga, dan Rp. 75 trilyun untuk transfer ke daerah.  “Itu termasuk  penyaluran dana fisik dan dana desa,” jelasnya. 

Ia meminta kepada seluruh Satker dan OPD agar usai penyerahan DIPA agar telah disiapkan lelang, walaupun  pelaksanaan fisiknyasendiri baru bisa dilakukan dimulai 1 Januai 2018. Dengan demikian,  belanja tidak menumpuk di triwulan keempat. Perilaku belanja satker agar diubah, sehingga tidak landai di awal tahun dan kemudia kemudian melonjak di akhir tahun. (min)

BANYUWANGI (KT) - Upaya Pemkab Banyuwangi untuk memberikan layanan kepada pasien RSUD Blambangan  benar-benar luar biasa. Bahkan, layanan yang cukup efektif dan cepat itu, Jum;at (15/2) diresmikan di RSUD Blambangan, yakni Shelter pengiriman obat secara gratis ke warga miskin. Hal itu bentuk kerjasama Pemkab dengan perusahaan pengembang platform digital Go-Jek.

BONDOWOSO (KT) - Puluhan rumah warga di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, rusak akibat diterjang angin puting beliung yang juga menyebabkan sejumlah pohon besar tumbang.

"Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Bondowoso sejak pukul 14.30 WIB dan sekitar satu jam kemudian tiba-tiba angin puting beliung juga datang bersamaan," kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso Winarto di Bondowoso, Kamis malam.

Angin puting beliung tersebut, lanjut dia, mengakibatkan puluhan rumah semi permanen milik warga rusak berat dan sejumlah pohon berukuran besar juga tumbang, bahkan ada rumah warga rusak berat karena tertimpa pohon.

Karena bencana alam angin puting beliung ini masalah bersama, katanya, maka hal itu diselesaikan bersama-sama, baik Polri maupun TNI yang terlihat sigap membantu masyarakat setempat.

"Kami (BPBD) dibantu oleh anggota Polri dan TNI, termasuk masyarakat, sekitar untuk segera membersihkan material pohon maupun puing-puing bangunan rumah yang rusak berat akibat puting beliung ini," ujarnya.

Menurut Winarto, akibat puting beliung puluhan rumah warga di Desa Kejawan, Kecamatan Grujugan dan Desa Grujugan Lor, Kecamatan Jambesari rusak berat. dan salah satu pohon besar di Desa Kejawan menimpa rumah warga hingga rusak berat.

"Untuk jumlah pastinya rumah warga terdampak angin putting beliung hari ini  masih dalam pendataan. Akan tetapi yang pasti jumlahnya puluhan rumah," ujarnya.

Data diperoleh, selama memasuki musim hujan tahun ini tercatat sudah ada sekitar 80 rumah yang rusak akibat angin puting beliung dan puluhan rumah tersebut tersebar di Desa Petung,  Kecamatan Pakem dan Desa Banyuwuluh,  Jatisari dan Ardisaeng Kecamatan Wringin. (roh)

JAKARTA (KT) - Sekjen Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang menegaskan bakal menggugat keputusan Komisi Pemilihan Umum yang tidak meloloskan partainya dalam tahap Penelitian Administrasi Perbaikan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019 ke Badan Pengawas Pemilu.

"Segera (menggugat) besok, kami pastikan paling cepat besok kami datang ke Bawaslu," ucap Andi tak lama setelah membuka berkas dari KPU perihal hasil tahap penelitian administrasi di kantor KPU, Jakarta, Kamis (14/12).

Langkah pertama yang akan dilakukan saat pertama kali mendatangi Bawaslu, lanjutnya, paling untuk berkonsultasi terlebih dahulu terkait tahapan-tahapan untuk mengajukan keberatan.

Sebelumnya, KPU tidak meloloskan Partai Berkarya bentukan Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto itu karena ada ketidaksesuaian data keanggotaan partai yang diterima KPU pusat dengan hasil verifikasi KPU Kabupaten/kota. Nasib serupa dialami Partai Garuda. 

Dengan demikian, kedua partai tidak dapat tidak dapat mengikuti tahap lanjutan, yakni verifikasi faktual.

Andi mengklaim tidak ada masalah dengan data keanggotaan partainya yang telah diunggah ke sistem informasi partai politik (Sipol) KPU Pusat. Menurut Andi, semuanya sudah memenuhi syarat.

Akan tetapi, dia menduga permasalahan terjadi saat verifikasi perbaikan dilakukan DPD Partai Berkarya ke KPUD tingkat kabupaten/kota, khususnya di Indonesia bagian timur. Dia menganggap ada kendala pada aspek teknologi dan geografis. Akibatnya, DPD Partai Berkarya tingkat kabupaten/kota terlambat menyampaikan kepada KPUD kabupaten/kota.

"Mngkin ada beberapa KPUD menolak hasil perbaikan itu, sehingga berita acara yang masuk ke sini tidak sesuai dengan hasil perbaikan kita yang terakhir,' ucap Andi.

Menurut dia, sejumlah alasan itu yang menjadi dasar partainya menyampaikan keberatan ke Bawaslu.

Di tempat yang sama, Anggota Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu, Mochammad Afifuddin mempersilakan partai politik yang keberatan dengan keputusan KPU untuk menggugat. Dia mengatakan Bawaslu siap untuk menerima aduan.

"Kami juga siap terima aduan atau sengketa yang mungkin tidak berkenan atau tidak puas dengan hasil yang disampaikan KPU," ucap Afifuddin di kantor KPU, Jakarta. (ais)

 

 

 

 

JAKARTA (KT) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan penelitian hasil perbaikan verifikasi administrasi untuk 14 partai politik dan dua di antaranya dinyatakan tidak lolos ke tahap verifikasi faktual.

Hal itu disampaikan Ketua KPU RI Arief Budiman dalam penyampaian hasil penelitian administrasi perbaikan berkas pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2019 di Gedung KPU RI Jakarta, Kamis malam.

"Akan ada 12 partai politik yang dilanjutkan ke proses verifikasi faktual, dan dua parpol tidak bisa melanjutkan verifikasi faktual," kata Arief di Jakarta.

Kedua partai politik yang tidak lengkap administrasi, meskipun telah melalui tahapan perbaikan tersebut, adalah Partai Berkarya dan Partai Garuda. 

Penyampaian hasil perbaikan verifikasi tersebut sangat mepet dengan tenggat waktu yang dimiliki KPU, yakni 13 Desember 2017 pukul 23:59 WIB.

Sebelumnya, KPU berencana menyampaikan hasil perbaikan verifikasi administrasi tersebut pada Rabu pukul 17:00 WIB. Namun, KPU baru menyampaikannya pukul 22:50 WIB.

Sementara, 12 partai yang dinyatakan lolos ke verifikasi faktual adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Nasdem, dan Partai Amanat Nasional (PAN). 

Selanjutnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selanjutnya, KPU menjadwalkan pelaksanaan verifikasi faktual mulai Jumat (15/12) bagi ke-12 partai tersebut. Verifikasi faktual dilakukan dengan pemeriksaan keberadaan kantor, 30 persen keterwakilan perempuan pengurus serta jumlah anggota partai di dewan pimpinan pusat (DPP) dan dewan pimpinan daerah (DPD).

"Verifikasi faktual itu dilakukan untuk parpol baru di seluruh daerah, sementara untuk partai lama yang lolos akan dilakukan verifikasi faktual di daerah otonom baru atau provinsi baru," kata Arief.

Untuk 10 partai lama, verifikasi faktual akan dilakukan di Provinsi Kalimantan Utara dan lima kabupaten baru di Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, KPU masih melakukan penelitian administrasi terhadap sembilan partai politik yang gugatannya dimenangkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

Pengumuman hasil penelitian administrasi terhadap sembilan partai tersebut dijadwalkan akan berlangsung pekan depan.(min)

Thursday, 14 December 2017 18:35

Pakde Karwo Raih Penghargaan Akuntan Award 2017

SEMARANG (KT) - Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini,  penghargaan "Akuntan Award 2017" diberikan oleh  Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntansi Indonesia (DPN IAI).

Penghargaan diserahkan Ketua DPN IAI Prof. Mardiasmo, MBA, Ph.D dan Ketua Dewan Penasihat Nasional IAI Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, SE, Ak dengan disaksikan oleh Wapres RI Jusuf Kalla pada pada acara Pembukaan International Seminar IAI 60th Anniversary Toward 2030: Transforming Role Professional Accountants in the New Economy Order di Ballroom Hotel Crowne Plaza Semarang, Kamis (14/12) siang. 

Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi, prestasi, inovasi dan kontribusi dalam implementasi governance, transparansi, dan akuntabilitas di Indonesia, yang hal tsb menjadi terangkatnya citra profesi akuntan di masyarakat.

Menjawb pertanyaan media mengenai arti penghargaan ini, Pakde Karwo-sapaan Gubernur Jatim ini mengatakan baginya penghargaan sebagai keberhasilan semua pihak, baik Pemprov Jatim sebagai tim work maupun masyarakat Jatim secara keseluruhan terkait pengelolaan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Langkah tersebut penting dilakukan untuk mewujudkan good governance.

"Semoga akuntan award ini semakin mendorong meningkatkan kinerja Pemprov. Jatim dalam memberikan layanan kepada masyarakat dengan semakin lebih baik" harapnya. 

Pakde Karwo juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan kepada IAI,  sebuah lembaga profesi besar yang telah berdiri dan berkiprah sejak lama, 60 tahun lalu, kepada dirinya. 

Dalam sambutannya, Wapres RI Jusuf Kalla mengatakan akuntan merupakan sangat penting, terutama karena didasarkan pada disiplin, dedikasi dan trust. Tanpa ketiganya, profesi akuntan akan kurang mendapat penghargaan.

“Modal utama akuntan adalah trust dan keahlian. Banyak hal-hal yang tentu menjaga. Tanpa akuntan, negara ini akan kocar-kacir, perusahaan tidak tahu apa yang harus dilakukan,” ujar Wapres RI.

Untuk itu, lanjutnya, menjaga etika profesi ini, termasuk memegang kerahasiaan, dengan baik harus dilakukan untuk memperoleh trust tsb. Alasannya,  akuntan merupakan profesi yang memegang kerahasiaan. 

Untuk itu, Wapres RI yang akrab disapa JK berharap agar akuntan juga tidak hanya mencari kesalahan, tetapi memberikan solusi agar perusahaan berjalan dengan baik dan transparan.

Dalam kesempatan sama, Wapres RI juga menyampaikan profesi akuntan sangat dinamis. Dengan perkembangan teknologi, akuntan lebih terbantu, sehingga laporan harian, bulanan, dan tahunan bisa diperoleh saat itu juga.

Selain kepada Gubernur Jatim, Akuntan Award 2017 diberikan kepada Wakil Ketua BPK RI Bahrullah Akbar, Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly, dan CEO BCA Jahja Setiaatmadja. (rin)

Thursday, 14 December 2017 18:10

Politikus ucapkan bela sungkawa untuk AM Fatwa

JAKARTA (KT) - Politikus Andi Mappetahang Fatwa meninggal dunia di usia 78 tahun pada pukul 06.00 pagi ini di Rumah Sakit MMC, Jakarta.

"Telah kembali ke rahmatullah Bpk AM Fatwa hari ini, Kamis 14 Des 2017, jam 06.00 wib di RS MMC. Semoga Allah swt mengampuni segala khilaf dan dosanya, diterima amal ibadahnya, dilapangkan kuburnya, dan ditempatkan di surgaNya," demikian cuitan di akun resmi @DPDRI.

Fatwa, yang menjabat sebagai anggota DPD RI dari DKI Jakarta, merupakan penggagas Partai Amanat Nasional.

Ketua Komite III DPD RI, Fahira Idris turut mengucapkan bela sungkawa atas kepergian AM Fatwa melalui Twitter.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun Allahummagh firlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu. Turut bduka cita yg mdalam atas wafatnya Yth. Senator Bp AM. FATWA. Smg almarhum Husnul Khotimah, diterima di sisi ALLAH SWT, dilapangkan kuburnya, diampuni segala dosanya & kelg diberi ketabahan," kata @fahiraidris.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid turut mendoakan kepergian AM Fatwa.

"InnalilLlahi... mohon doa terikhlas unt almarhum Bpk AM Fatwa, anggota DPD RI. Tokoh yg banyak berjuang unt umat dan kemanusiaan. Smoga husnul khatimah dimasukkan ke alJannah. Alfatihah. Amin,” kata @hnurwahid.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan rasa kehilangannya, semalam ia menjenguk AM Fatwa.

"Innalillahi wa inna lillahi raji'un. Baru semalam jenguk pak AM Fatwa, pagi ini mendapat kabar duka berpulangnya salah satu putra terbaik bangsa ini. Semoga dilapangkan kuburnya, diampuni segala khilafnya dan dilipatgandakan nilai amal ibadahnya. Aamiin," kata @aniesbaswedan.( jn)

 

LAMONGAN (KT) - Dana Desa tahap kedua sebesar 40 persen dari pagu Rp.363.423.524.000 tahun 2017 di Lamongan di duga ngendon di Rekening Kas Desa (RKD) kurang lebih dua bulan, pasalnya di bulan oktober dana itu sudah di transfer ke rekening kas desa dari rekening kas umum daerah (RKUD) yang di alokasikan untuk 463 desa yang ada di Lamongan. 

BANYUWANGI (KT) - Bulog Banyuwangi menjamin kebutuhan beras bisa untuk Rastra tahun 2018. Karena, hingga kini pasokan beras yang ada di Bulog Banyuwangi 81 ribu ton. Sedangkan target tahun ini hanya 70 ribu ton, sehingga kalau dipresentasi Bolog Banyuwangi sudah masuk 130 persem. Bahkan, Kasub Dolognya besok malam mendapatkan penghargaan di Manado bersama Dandim Banyuwangi.

Page 1 of 413
banner