Tabanan (KoranTransparansi.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan, Bali mulai menyiapkan logistik, dan sarana pendukung lainnya sebagai persiapan menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepada daerah (Pilkada) Bali 27 Juni 2018.

"Persiapan tersebut antara lain telah memasukkan surat suara ke dalam kotak suara sebelum dikirim ke tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing," kata Komisioner KPU Kabupaten Tabanan, I Putu Gede Weda Subawa, Kamis.

Ia mengatakan, persiapan tersebut dilakukan di lapangan tenis Alit Saputra Tabanan yang dapat dilakukan dengan baik dan lancar.

Hal itu bertujuan ketika proses pengecekan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bisa lebih mudah, ujar I Putu Gede Weda Subawa.

Pihaknya menyiapkan 835 kotak suara yang tersebar di beberapa lokasi seperti, 780 kotak suara di tempat pemungutan suara (TPS), 30 buah untuk PPK, satu kotak suara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), 21 kotak suara untuk rumah sakit, puskesmas rawat inap, polsek dan polres, serta tiga buah di kantor KPU Tabanan.

Dalam satu kotak suara yang disebar ke TPS dan tempat pemilihan lain seperti rumah sakit, Lapas dan polsek berisi surat suara, tinta, segel, alat dan alas coblos, karet, sampul kerta, formulir model C, C1, C1 plano, C2, C3, C4 dan C5.

"Selain itu juga berisi kantong plastik besar dan alat bantu tuna netra," ujarnya.

Petugas PPK akan melakukan pengecekan terhadap logistik yang sudah dimasukkan dalam kotak suara, selama empat hari, 22 Juni hingga 25 Juni 2018.

Setelah itu seluruh kota suara dan logistiknya dikirim secara serentak ke masing-masing TPS pada tanggal 26 Juni 2018, ujar Putu Gede Weda Subawa.(jon)

Bogor (KoranTransparansi.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Rabu malam, meminta adanya pengecekan berkala terhadap kelayakan kapal berpenumpang.

"Saya juga minta ke Kemenhub dan dinas perhubungan di daerah untuk selalu rutin melakukan pengecekan berkala demi keamanan dan keselamatan penumpang," kata Presiden Joko Widodo.

Presiden menyampaikan pernyataan resmi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi.

Kapal Kayu KM Sinar Bangun yang berkapasitas 43 penumpang dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dengan Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada Senin (18/6) sekira pukul 17.30 WIB.

"Bagi semua pemilik kapal agar mematuhi semua peraturan yang ada, utamakan keselamatan penumpang dan ikuti petunjuk dan arahan dari BMKG mengenai prakiraan dan potensi adanya cuaca buruk," tambah Presiden.

Menurut Presiden, pemerintah akan memberikan santunan kepada para korban yang sampai saat ini masih terus dicari.

"Pemerintah akan memberikan santuan kepada keluarga korban yang meninggal dunia dan menjadi biaya perawatan untuk mereka yang memerlukan perawatan," ucap Presiden.

Presiden pun meminta agar musibah yang sama tidak terulang kembali. "Saya minta kasus sepeti ini tidak terulang lagi dan saya telah memerintahkan Menhub untuk mengevaluasii seluruh standar keselamatan untuk angkutan penyebarangan," tegas Presiden.

KM Sinar Bangun telah berlayar sekitar 30 menit dari Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Tigaras di Kabupaten Simalungun saat kejadian.

Ketika itu dilaporkan angin bertiup sangat kencang dan ombak di perairan Danau Toba cukup tinggi, sedangkan kapal mengangkut penumpang yang diperkirakan lebih dari 200 orang termasuk sepeda motor yang cukup banyak.

Hingga saat ini jumlah korban yang ditemukan adalah 21 orang dengan rincian 19 orang ditemukan hidup dan 3 orang telah meninggal.

Namun, tidak ada manifes kapal yang hanya mampu bermuatan 43 penumpang itu, hingga saat ini total diperkirakan ada 192 orang yang berada dalam kapal tersebut.(sam)

 

SURABAYA  (KoranTransparansi.com) - Kekuatan massa pendukung pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak semakin solid. hal ini semakin terbukti bahwa kekuatan pasangan kandidat nomor satu ini ditopang dua massa besar pendukung Joko Widodo. Yakni, Bara JP (Barisan Relawan Jokowi Presiden) dan RKIH (Rumah Kreasi Indonesia Hebat).

Dua organisasi ini diketahui sebagai kelompok masyarakat yang setia mengusung Jokowi sejak Gubernur DKI hingga menjadi Presiden pada pemilu 2014 lalu. Mereka menegaskan bahwa massa loyalis Jokowi akan totalitas memenangkan pasangan Khofifah-Emil.

Hal ini ditegaskan, Bara JP dan RKIH saat konsolidasi suara bersama Khofifah-Emil di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (20/6/2018). Pertemuan tersebut, dikatakan Ketua Bara JP Jawa Timur, Giyanto Wijaya sebagai bukti dukngan massa Jokowi di Jawa Timur kepada pasangan kandidat nomor 1.

“Kita pastikan itu, kita mengawal itu. Kita juga sekaligus menangkal banyaknya isu miring, hoax, meme. Kita menangkal tersebut. Ibu ini sebagai Gusdurian penjaga kebhinnekaan di Jawa Timur dan bersedia menjadi ibunya seluruh agama, semua suku, kepercayaan, keyakinan, masyarakat yang ada di Jawa Timur,” kata Giyanto.

Giyanto juga mengutuk kampanye negatif yang dilakukan oknum tertentu untuk menjatuhkan pasangan Khofifah-Emil. Pihaknya lebih memilih cara kampenya santun demi menjaga kondusifitas pemilu.

“Kita terdidik tidak melakukan hoax atau black campaign. Biarkan orang melakukan itu, kita tidak. Kita menyajikan fakta dan berita yang benar. Sekali kita melangkah ke sana, integritas kita sudah jatuh. Tidak boleh hoaks maupun black campaign. Tetap santun, idealis, tetap berintegritas, etika kita jaga,” ucapnya.

Bara JP juga, ditegaskan Giyanto siap mengawal suara pasangan Khofifah-Emil. Giyanto menyiapkan 60 ribu personel Bara JP untuk mengantisipasi kecurangan.

“Ada sekitar 60 ribu orang di Jawa Timur, kita siapkan untuk membantu. Mulai seminggu ini sudah berjalan, termasuk pasca pencoblosan itu. Mulai sebelum dikawal sampai pengawalan kotak TPS dari ke kecamatan dan kabupaten hingga provinsi,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua RKIH, Erwin Silitonga. Dia menegaskan bahwa loyalis massa Jokowi siap memenangkan pasangan Khofifah-Emil untuk pilgub 2018 ini.

“Selama ini kita lihat banyak mengaku relawan presiden 2014 ada A, B, ada C. Kami tekankan, kami RKIH pengusung Jokowi dari Gubernur. Kita relawan yang sudah diakui dan sudah ada prasastinya. Khusus di Pilgub Jawa Timur ini kita memenangkan bu Khofifah dan mas Emil sebagai calon gubernur-wakil Gubernur nomor satu,” kata Erwin.

RKIH disebut sudah sejak lama mendampingi Jokowi dan kini bertranformasi sebagai organisasi masyarakat. Erwin mengatakan organisasi yang terbentuk atas inisiasi masyarakat tersebut bukan organisasi partai.

“Sama sekali bukan sayap partai. Tidak ada kepentingan partai,” ungkapnya.

Pihaknya juga siap memerangi hoax yang digunakan oknum untuk mencederai perhelatan demokrasi Pilgun Jatim 2018. Erwin yakin bahwa masyarakat Jawa Timur akan memilih pasangan yang siap menjaga kebhinnekaan.

“Kita harus punya tekad memfilter itu semua. Masyarakat Jawa Timur sudah cerdas menilai mana yang benar mana yang tidak. Memang SARA ini yang palin mudah untuk memprovokasi. Saya tekankan indonesia ini berbagai elemen agama. Prulalisme ini harus kita jaga,” pungkasnya.

Kepada para pendukung, Khofifah mengatakan pemimpin selayaknya memiliki sifat kerakyatan agar mudah membangun dan mendapatkan solusi masalah yang dihadapi masyarakat.

“Bagaimana seorang pemimpin melepaskan luxury untuk egitaliarisme beserta seluruh rakyat yang dipimpinnya sehinggga tanpa jarak. Sehingga komunikasi dengan masyarakatnya lebih terbangun dan lebih cair,” kata Khofifah.

Rakyat butuh layanan yang cepat, pemimpinnya butuh komunikasi yang cepat. Proses pemilu pun belum menjamin lahirnya pemimpin yang layak dan pantas menjadi teladan masyarakat.

“Kita membutuhkan strong leader, strong comitment.  Pada posisi inilah saya pada debat pertama menyampaikan bahwa membangun Jawa Timur adalah menjadi bagian dari kemajuan peradaban bangsa. Membangun Jawa Timur harus diniatkan meneruskan kejayaan nusantara,” pungkas Ketua Muslimat NU tersebut.(med/eka)

Moskow (KoranTransparansi.com) - Tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia, dipastikan melaju ke putaran kedua turnamen tersebut bersama Uruguay, setelah wakil Amerika Selatan itu mengalahkan Arab Saudi 1-0 pada pertandingan Grup A, Rabu.

Hasil tersebut membuat baik Rusia maupun Uruguay saat ini sama-sama mengoleksi enam poin dan tak mungkin terkejar oleh Arab Saudi maupun Mesir yang akan bertemu di laga ketiga, Senin (25/6).

Rusia dan Uruguay akan memperebutkan posisi puncak klasemen akhir Grup A saat bertarung di laga pamungkas, Senin (25/6). Rusia, hanya perlu hasil imbang untuk memastikan posisi puncak, mengingat mereka saat ini mengungguli Uruguay dari segi agregat gol.

Rusia saat ini memiliki agregat gol surplus tujuh gol, berkat kemenangan 5-0 dan 3-1 di dua laga yang sudah dijalani, sedangkan Uruguay hanya surplus dua gol setelah dua kemenangan mereka berakhir dengan skor 1-0.(nov)

 

JAKARTA (KoranTransparansi.com) - Tiga tim nasional penghuni Grup B Piala Dunia 2018 masih berpeluang untuk lolos dari fase penyisihan grup menuju putaran 16 besar, yakni tim nasional Spanyol, Portugal dan Iran.

Maroko yang menelan kekalahan kedua dengan skor serupa 0-1 dari Portugal pada Rabu (20/6) menjadi tim pertama yang dipastikan pulang lebih awal dari Piala Dunia, sebelum kemudian kemenangan Uruguay atas Arab Saudi satu laga berselang, praktis mengantarkan lawan Saudi dan Mesir pamit dari Grup A.

Spanyol dan Portugal yang saat ini mengoleksi empat poin dari dua laga yang sudah dijalani, tentu saja menjadi yang terdepan dalam perburuan tiket menuju 16 besar menghadapi wakil-wakil dari Grup A. Keduanya, hanya membutuhkan hasil imbang di laga penyisihan grup terakhir.

Pun demikian, peluang Iran tak sepenuhnya habis, sebab hasil imbang pun bisa saja mengantarkan mereka ke babak 16 besar, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Laga pamungkas penyisihan Grup B akan dilangsungkan bersamaan Selasa (26/6) dini hari WIB, Spanyol menghadapi Maroko di Stadion Kaliningrad, sedangkan laga Iran kontra Portugal di Stadion Mordovia Arena.

Berikut adalah beragam skenario yang dibutuhkan Spanyol, Iran dan Portugal untuk memastikan lolos ke putaran 16 besar.

Spanyol lolos jika : 

- Menang melawan Maroko, tanpa terpengaruh hasil laga Iran vs Portugal.

- Imbang melawan Maroko, tanpa terpengaruh hasil laga Iran vs Portugal.

- Kalah melawan Maroko dengan selisih gol berapapun, tapi Portugal berhasil mengalahkan Iran.

- Kalah melawan Maroko dengan selisih tak lebih dari satu gol, sementara Iran vs Portugal berakhir imbang dengan skor kurang dari 3-3.

- Kalah melawan Maroko dengan selisih tak lebih dari satu gol dan tak menerima satupun kartu kuning di laga tersebut, sementara Iran vs Portugal berakhir imbang dengan skor tak lebih dari 3-3.

- Kalah melawan Maroko dengan selisih tak lebih dari satu dan Iran vs Portugal berakhir imbang dengan skor 3-3, namun mengungguli Iran dalam poin fair play, saat ini Spanyol (-1) dan Iran (-5) semakin kecil minus semakin baik.

Portugal lolos jika :

- Menang melawan Iran dengan skor berapapun, tanpa terpengaruh hasil laga Spanyol vs Maroko.

- Imbang melawan Iran, tanpa terpengaruh hasil laga Spanyol vs Maroko.

- Kalah melawan Iran, di saat bersamaan Spanyol kalah melawan Maroko dengan syarat selisih kekalahan Spanyol lebih besar dibandingkan Portugal.

- Kalah melawan Iran, di saat bersamaan Spanyol kalah melawan Maroko dengan syarat selisih kekalahan sama namun berhasil mengungguli Spanyol dalam poin fair play, saat ini Portugal (-2) dan Spanyol (-1) semakin kecil minus semakin baik.

Iran lolos jika :

- Menang melawan Portugal, tanpa terpengaruh hasil laga Spanyol vs Maroko.

- Imbang melawan Portugal dengan skor berapapun, namun Spanyol kalah dengan selisih lebih dari satu gol (0-2, 0-3, dst) melawan Maroko.

- Imbang melawan Portugal dengan skor 4-4 atau lebih (5-5, 6-6, dst), di saat bersamaan Spanyol kalah melawan Maroko dengan selisih sekurang-kurangnya satu gol. Iran lolos berkat agresivitas mencetak gol.

- Imbang melawan Portugal dengan skor 3-3 atau lebih (4-4, 5-5, dst), di saat bersamaan Spanyol kalah dengan selisih satu gol dari Maroko, namun Iran berhasil mengungguli Spanyol dalam poin fair play, saat ini Iran (-5) dan Spanyol (-1) semakin kecil minus semakin baik. Ilustrasi paling mudah adalah Iran vs Portugal berakhir imbang 3-3, namun Iran tak menerima satu kartu kuning pun sedangkan di saat bersamaan Spanyol kalah 0-1 dari Maroko dengan menerima sekurang-kurangnya lima kartu kuning. (nov)

Medan (KoranTransparansi.com) - Tim gabungan menemukan tiga jenazah penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara Riyadil Akhir Lubis yang dihubungi Antara di Medan, Rabu, mengatakan, jenazah pertama ditemukan Rabu pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

Setelah itu, tim menemukan dua lagi jenazah penumpang KM Sinar Bangun sekitar pukul 10.00 WIB dan pukul 11.30 WIB.

"Seluruh korban yang ditemukan berjenis kelamin perempuan," katanya.

Sebelumnya, tim gabungan juga menemukan satu jenazah penumpang KM Sinar Bangun dan menyelamatkan 18 penumpang yang masih hidup.

Menurut Riyadil, ketiga jenazah penumpang KM Sinar Bangun tersebut dibawa ke RS yang berada di Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.

Selain jenazah penumpang, tim gabungan juga menemukan beberapa material yang diduga milik penumpang KM Sinar Bangun.

"Ada beberapa yang ditemukan, ada tas, dompet, dan lain-lain. Tim masih terus melakukan pencarian," katanya. ((jon)

 

Malang (KoranTransparansi.com) - Kombinasi kelompok religius dan nasionalis menjadi kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk menghadapi berbagai tantangan zaman. 

Hal ini ditgaskan oleh Anggota Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Mahfud MD saat ditemui di Malang, Rabu (20/6/2018) sebelum menghadiri Haul Bung Karno ke-48 di Kota Blitar.

Menurutnya, perayaan Haul Presiden RI pertama, Ir Sukarno (Bung Karno) sangatlah penting. Sebab, arus utama kekuatan bangsa sekarang ini tidak bisa dipungkiri, yakni arus agama dan nasionalis. "Mengombinasikan hijau (religius) dan merah (nasionalis) ini membuat Negara kita kuat," katanya.

Haul Bung Karno hari ini digelar di Kota Blitar, dan dihadiri sejumlah tokoh, seperti Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siraj, kiai-kiai sepuh NU, Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno.

Mahmud MD menyebutkan bahwa kekuatan hijau dan merah ini telah bertemu pada titik hidup berbangsa dan bernegara dalam ikatan Indonesia berdasarkan Pancasila. 

"Saya kira jasa terbesar Bung Karno ialah Pancasila. Di mana, hijau terus maju dan ikut mengurus Negara. Begitu juga Nasionalisme akan semakin kuat gerakannya," terang mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu. 

Oleh sebab itu, lanjut Mahfud, kombinasi ini menjadi hal penting di semua level di Indonesia. Baik di tingkat birokrasi, tingkat pemikiran ideologis maupun tingkat praktis. Sehingga keluarnya produk Nasional Indonesia yang agamis.

"Pidatonya Bung Karno ini bukan negara agama dan bukan negara sekuler. Nah, disitulah ketemu efektivitas sehingga keluar kebersamaan yaitu hukum Nasional," jelasnya. 

Menurut Mahfud, sekarang ini sudah ada unsur dari luar yang ingin memisahkan kebersatuan hijau dan merah. Kekuatan luar inilah yang ingin memecah belah Indonesia. Mahfud mengatakan ideologi baru yang dibawa inilah yang tidak mengerti sejarah perjuangan bangsa Indonesia. 

"Mereka ingin mendirikan Negara model baru, taruhlah khilafah. Mereka yang sering muncul itu kan sebenarnya membawa ide-ide dari luar. Dan mereka ini anak-anak Indonesia yang lahir sesudah tahun 50-an sesudah tahun 60-an belajar ke sana. Mereka tidak memahami pesan sejarah bangsanya bahwa sebenarnya umat Islam dulu Sudah membicarakan ini dan sudah sampai final mendirikan Negara kesepakatan namanya Darul Haditz," ungkapnya. (kho/med)

 

Surabaya (KoranTransparansi.com) - Jajaran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia dampak dari peningkatan kecepatan angin demi keselamatan dan kenyamanan beraktivitas di laut.

"Saat ini kecepatan angin cukup tinggi sehingga bisa berdampak terhadap terjadinya gelombang tinggi di sejumlah perairan. Jadi, nelayan, pelayaran maupun masyarakat pengguna jasa angkutan laut juga harus waspada," kata Kabid Informasi Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, kepada Antara di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, kecepatan angin timuran saat ini mencapai 46 kilometer per jam. Kondisi angin tersebut diprakirakan akan bertahan hingga 26 Juni mendatang.

Sejumlah wilayah perairan yang berpotensi terjadi gelombang tinggi di antaranya Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda, Laut Arafuru dan beberapa perairan yang berhadapan dengan laut lepas seperti perairan selatan Jawa hingga NTT.

"Kondisi ini tentu akan berdampak terhadap kelancaran arus balik Lebaran, khususnya bagi pengguna jasa angkutan laut," katanya menambahkan.

Lebih lanjut ia merinci, potensi tinggi gelombang masing-masing perairan sangat variatif, antara 1,25-4,00 meter.

Tinggi gelombang 1,25-2,50 meter berpotensi terjadi di perairan Selat Malaka bagian utara, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeuleu hingga Kepulauan Mentawai, perairan Enggano ? Bengkulu, perairan selatan Pulau Sawu, Pulau Rote, Kupang, Selat Sumba, Selat Ombai, Selat Sape bagian selatan, Laut Sawu, dan Laut Timor.

Selain itu, Laut Jawa bagian barat dan tengah, perairan utara Jawa Timur hingga Kepulauan Kangean, Laut Flores, Perairan timur Sulawesi Tenggara, perairan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Tanimbar, perairan Kepulauan Kai dan Kepulauan Aru, perairan selatan Ambon serta Laut Arafuru bagian timur.

Sedangkan tinggi gelombang 2,50-4,00 meter berpotensi terjadi di perairan Sabang, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar bagian selatan, perairan selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Laut Banda, serta Laut Arafuru bagian tengah dan barat.

"Penyeberangan Merak, Bakaheuni dan Ketapang, Gilimanuk diprakirakan masih relatif aman dengan ketinggian gelombang berkisar antara 0,25 ? 0,75 meter," kata Eko.

Tapi, lanjutnya, jalur penyeberangan Gresik, Pulau Bawean dan Pulau Sabang, Banda Aceh perlu diwaspadai karena gelombang dapat mencapai ketinggian 2,00-2,50 meter.

Dengan potensi gelombang laut yang cukup tinggi di beberapa wilayah Indonesia, masyarakat dan kapal-kapal yang melintas dihimbau untuk tetap waspada dan siaga dalam melakukan aktivitas penyeberangan. Masyarakat diimbau untuk selalu memperhatikan informasi cuaca dan gelombang, demikian Eko Prasetyo.(jon)

 Rusia (KoranTransparansi.com) - Terpecut kegagalannya mencetak gol saat eksekusi penalti dan menghindari hasil imbang yang mengecewakan melawan Islandia, pemain depan sekaligus kapten tim Argentina Lionel Messi siap untuk menebus kesalahannya dalam pertandingan lanjutan Grup D Piala Dunia melawan Kroasia pada Kamis.

Tapi Kroasia pun melangkah ke permainan itu dalam suasana hati yang tenang dan bersemangat setelah mereka menang 2-0 atas Nigeria, dan Kroasia telah siap untuk menambah rasa frustrasi Messi yang gagal mereplikasi kecemerlangan karirnya di klub Barcelona ke panggung internasional Piala Dunia.

Setelah memimpin Argentina yang harus menelan kekalahan tragis pada final Piala Dunia empat tahun lalu Jerman, Messi yang segera berusia 31 tahun dalam beberapa hari ke depan dan bisa jadi kali ini merupakan pentas Piala Dunia terakhirnya. Dia harus memenangkan kompetisi ini untuk menyaingi sesama pemain hebat Diego Maradona agar dikenang abadi rekan-rekannya.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic tanpa malu-malu lagi akan meminta gelandang Ivan Rakitic -- rekan satu tim Messi di Barcelona - agar mendapatkan ide dan taktik untuk menghentikan Messi.

"Saya akan menggunakan semua informasi yang saya bisa dapatkan," katanya seraya menyatakan Rakitic sebagai "asisten" sementara sebelum pertandingan.

"Tidak ada cara sempurna untuk menghentikan Lionel Messi ... dia adalah pemain terhebat di dunia. Tapi sementara satu pemain hebat dapat membuat hasil yang bagus, tim yang hebat melakukan pekerjaannya dengan jauh lebih baik ... Kami akan melangkah ke pertandingan sedikit lebih rileks dari mereka."

Mereka yang mengikuti dengan cermat kualifikasi goyah Argentina untuk menuju Piala Dunia Rusia tidak begitu terkejut dengan hasil imbang melawan Islandia, dan tidak mengharapkan mereka untuk menundukkan Kroasia meskipun mereka memiliki banyak pemain dengan bakat individu.

Untuk alasan yang sulit dimengerti, mereka tampak lamban dan kurang kreatif di sepanjang tahun kepelatihan Jorge Sampaoli meski tetap membanggakan Messi dan nama-nama besar lainnya seperti Paulo Dybala, Gonzalo Higuain, Sergio Aguero dan Angel Di Maria.

"Kami akan belajar dari apa yang terjadi dan kami harus memiliki kekuatan untuk memenangkan pertandingan berikutnya," kata Sampaoli setelah kekalahan Islandia, berusaha membangkitkan timnya ke dalam kebesaran kolektif.

Namun demikian, Argentina sudah berpuasa selama 32 tahun sejak terakhir memenangkan Piala Dunia dan 25 tahun terakhir sejak meraih trofi Copa America pada tahun 1993.

Sementara Kroasia tidak kekurangan pemain berkualitas tinggi. Selain Rakitic, mereka juga memiliki Luka Modric yang berbakat di lini tengah, dan penyerang dengan naluri mencetak gol tinggi Mario Madzukic di lini depan.

Dengan skuad terkuat mereka selama bertahun-tahun dan di posisi terdepan dalam grup, Kroasia bermimpi untuk menyaingi kemenangan tahun 1998, ketika mereka mencapai semifinal Piala Dunia dan berakhir di urutan ketiga setelah menang 2-1 atas Belanda di babak playoff, demikian Reuters melaporkan.(nov)

 

St Petersburg (KoranTransparansi.com) - Tuan rumah Piala Dunia Rusia di atas kertas telah mengamankan posisi mereka di putaran kedua berkat kemenangan 3-1 atas Mesir pada Selasa, yang membawa mereka memuncaki klasemen Grup A dengan koleksi enam poin dari dua pertandingan.

Tiga gol dalam rentang waktu 15 menit pada awal babak kedua membawa Rusia memegang kendali sebelum bintang Mesir Mohamed Salah, yang tampil tidak menonjol pada pertandingan ketika ia kembali dari cedera, mengemas gol melalui ekskeusi penalti, yang diberikan setelah peninjauan ulang video.

Seandainya Uruguay (tiga poin) menang atas Arab Saudi (0 poin) pada Rabu, itu akan memastikan tim Amerika Selatan dan Rusia melaju ke 16 besar dengan menyisakan satu pertandingan.

Setelah babak pertama yang berlangsung ketat, Rusia akhirnya mampu memecahkan kebuntuan pada menit kedua setelah turun minum.

Umpan silang Aleksandr Golovin ditinju kiper Mesir Mohamed El-Shenawy, namun bola jatuh ke penguasaan Roman Zobnin yang sepakan mendatarnya dibelokkan Ahmed Fathi untuk masuk ke gawangnya sendiri.

Ini adalah gol bunuh diri kelima di turnamen elit sejauh ini. Rekor gol bunuh diri terbanyak di Piala Dunia adalah enam gol pada 1998.

Jika terdapat sedikit keberuntungan untuk menjadi gol pembukaan, gol kedua Rusia murni didapat melalui kualitas.(nov)

Page 1 of 553
banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...