Ekbis

Published in Ekbis

BPPT inspeksi bodi LRT Jabodebek di Madiun

Nov 10, 2018 Publish by 
ILUSTRASI : Kereta api ringan atau light rail transit (LRT) diuji coba dengan operasi terbatas di Stasiun Velodrome Rawamangun, Jakarta, Senin (10/9/2018).
ILUSTRASI : Kereta api ringan atau light rail transit (LRT) diuji coba dengan operasi terbatas di Stasiun Velodrome Rawamangun, Jakarta, Senin (10/9/2018). (kt/guh)

Jakarta (KoranTransparansi.co)  - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan inspeksi bagian bodi (car body) Light Rail Transit  (LRT) Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) di fasilitas PT Inka Madiun Jawa Timur.

Kepala Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur BPPT, Sudarmadi, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan pihaknya tengah menguji kekuatan struktur kereta LRT Jabodebek ini.

 "Misalnya bagaimana jika diberi beban yang besar, dapat terus berjalan dengan aman," katanya.

Sementara Direktur Pusat Teknologi Industri Permesinan BPPT Barman Tambunan mengatakan saat ini BPPT berfokus untuk menyiapkan aspek keamanan desain teknologi untuk LRT Jabodebek, yakni aspek  Reliability, Availability, Maintainability and Safety (RAMS) yang menjadi titik perhatian.

Menurut Barman, yang juga menjadi Kepala Program LRT BPPT, pihaknya juga terus  memeriksa validasi dan verifikasi desain, manajemen proyek serta pengawasan terhadap proses kualitas.

"Kontribusi utama BPPT secara teknis adalah dalam perhitungan RAMS untuk komponen utama yang disepakati, proses manufaktur dan supervisi untuk passenger information display," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pelayanan Teknologi BPPT Yenni Bachtiar mengatakan bahwa kerja sama antara BPPT dan PT Inka ini juga merupakan kolaborasi bersama beberapa perguruan tinggi terkait seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Sebelas Maret Solo. (guh)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...