Ekbis

ILUSTRASI : Kereta api ringan atau light rail transit (LRT) diuji coba dengan operasi terbatas di Stasiun Velodrome Rawamangun, Jakarta, Senin (10/9/2018).

Jakarta (KoranTransparansi.co)  - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan inspeksi bagian bodi (car body) Light Rail Transit  (LRT) Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) di fasilitas PT Inka Madiun Jawa Timur.

Kepala Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur BPPT, Sudarmadi, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan pihaknya tengah menguji kekuatan struktur kereta LRT Jabodebek ini.

 "Misalnya bagaimana jika diberi beban yang besar, dapat terus berjalan dengan aman," katanya.

Sementara Direktur Pusat Teknologi Industri Permesinan BPPT Barman Tambunan mengatakan saat ini BPPT berfokus untuk menyiapkan aspek keamanan desain teknologi untuk LRT Jabodebek, yakni aspek  Reliability, Availability, Maintainability and Safety (RAMS) yang menjadi titik perhatian.

Menurut Barman, yang juga menjadi Kepala Program LRT BPPT, pihaknya juga terus  memeriksa validasi dan verifikasi desain, manajemen proyek serta pengawasan terhadap proses kualitas.

"Kontribusi utama BPPT secara teknis adalah dalam perhitungan RAMS untuk komponen utama yang disepakati, proses manufaktur dan supervisi untuk passenger information display," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pelayanan Teknologi BPPT Yenni Bachtiar mengatakan bahwa kerja sama antara BPPT dan PT Inka ini juga merupakan kolaborasi bersama beberapa perguruan tinggi terkait seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Sebelas Maret Solo. (guh)

Ilustrasi : Uang dolar AS.

New York (KoranTransparansi.com) - Kurs dolar AS melemah terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena investor khawatir atas volatilitas pasar global yang dibawa oleh pemilihan sela (paruh waktu) AS yang dijadwalkan Selasa waktu setempat.

 

Warga Amerika Serikat akan memberikan suara pada Selasa waktu setempat. Sejauh ini, Demokrat telah mendapatkan peluang tinggi untuk mendapatkan kembali kendali di DPR AS, sementara Partai Republik dapat mempertahankan mayoritas mereka di Senat.

Namun ketidakpastian seperti itu diperlunak oleh laporan ketenagakerjaan pada Jumat (2/11) yang menunjukkan bahwa lapangan pekerjaan meningkat secara drastis pada Oktober, dengan pendapatan rata-rata naik 3,1 persen secara tahun ke tahun dan tingkat pengangguran tidak berubah.

Tanda-tanda ekonomi domestik yang kuat itu mendorong imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor sepuluh tahun naik menjadi 3,191 persen pada Senin (5/11).

Pada akhir perdagangan New York, sebut Xinhua, euro naik menjadi 1,1417 dolar AS dari 1,1392 dolar AS pada sesi sebelumnya, dan pound Inggris naik menjadi 1,3048 dolar AS dari 1,2964 dolar AS pada sesi sebelumnya. Dolar Australia naik menjadi 0,7216 dolar AS dari 0,7192 dolar AS.

Dolar AS dibeli 113,22 yen Jepang, lebih rendah dari 113,27 yen Jepang pada sesi sebelumnya. Dolar AS turun menjadi 1,0039 franc Swiss dari 1,0043 franc Swiss, dan turun menjadi 1,3108 dolar Kanada dari 1,3112 dolar Kanada. (ant/guh)

 Ilustasi: kilang minyak Iran (REUTERS)

New York (KoranTransparansi.com) -  Harga minyak bervariasi pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), setelah jatuh selama lima hari, karena Amerika Serikat (AS) secara resmi memberlakukan sanksi-sanksi terhadap Iran tetapi memberi delapan negara keringanan sementara, yang memungkinkan mereka tetap membeli minyak dari Republik Islam itu.

Sanksi-sanksi tersebut adalah bagian dari upaya Presiden AS Donald Trump untuk mengekang program rudal dan nuklir Iran dan mengurangi pengaruhnya di Timur Tengah.

Pasar minyak telah mengantisipasi sanksi tersebut selama berbulan-bulan. Harga telah berada di bawah tekanan karena produsen utama, termasuk Arab Saudi dan Rusia, telah meningkatkan produksi mendekati tingkat rekor, sementara angka ekonomi yang lemah di China telah meragukan prospek permintaan.

Berita tentang keringanan sanksi-sanksi telah menekan harga, kata para analis.

"Ada banyak pertanyaan tentang sanksi-sanksi, tentang keringanan," kata Analis di Price Futures Group di Chicago, Phil Flynn, seperti dikutip Reuters. "Ada beberapa keraguan bahwa sanksi-sanksi akan memiliki tekanan keras seperti yang awalnya dipikirkan oleh pasar."

Minyak mentah Brent berjangka naik 34 sen AS menjadi menetap di 73,17 dolar AS per barel. Sementara kontrak berjangka minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) turun empat sen AS menjadi 63,10 dolar AS per barel.

 

Kedua patokan minyak telah merosot lebih dari 15 persen sejak mencapai tertinggi empat tahun pada awal Oktober. Hedge fund telah memangkas taruhan bullish pada minyak mentah ke angka terendah satu tahun.

Amerika Serikat telah memberikan pengecualian kepada China, India, Yunani, Italia, Taiwan, Jepang, Turki, dan Korea Selatan, yang memungkinkan mereka untuk sementara bisa terus membeli minyak Iran, kata Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, Senin. Beberapa negara adalah pelanggan teratas anggota OPEC Iran.

Trump pada Senin mengatakan, dia ingin memberlakukan sanksi-sanksi terhadap minyak Iran secara bertahap, mengutip kekhawatiran tentang guncangan di pasar energi dan menyebabkan lonjakan harga global.

Pejabat AS telah mengatakan tujuan sanksi-sanksi pada akhirnya untuk menghentikan semua ekspor minyak Iran.

Pompeo mengatakan lebih dari 20 negara telah memotong impor minyak dari Iran, mengurangi pembelian lebih dari satu juta barel per hari.

Sanksi-sanksi telah merugikan miliaran dolar Iran dalam pendapatan minyak sejak Mei, Wakil Khusus AS untuk Iran Brian Hook mengatakan kepada wartawan pada Senin (5/11).

Iran mengatakan pada Senin (5/11) akan melanggar sanksi-sanksi tersebut dan terus menjual minyak ke luar negeri.

Kementerian luar negeri China menyatakan penyesalan atas langkah AS.

Produksi gabungan dari Rusia, Amerika Serikat, dan Arab Saudi, naik di atas 33 juta barel per hari untuk pertama kalinya pada Oktober, naik 10 juta barel per hari sejak 2010, dengan ketiganya memompa minyak pada atau mendekati rekor volume.

Abu Dhabi National Oil Co berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi minyak hingga empat juta barel per hari pada akhir 2020 dan menjadi lima juta barel per hari pada 2030, katanya pada Minggu (4/11), dari produksi sedikit di atas tiga juta barel per hari.

Data dari perusahaan analisis Kayrros menunjukkan produksi minyak mentah Iran secara luas tidak berubah pada Oktober dari September, dengan barel-barel masih mencapai pasar bersama produksi tambahan dari Arab Saudi dan Rusia.(*/guh)

 

Mendag Enggartiasto Lukita didampongi Gubernur Jatim Soekarwo menggunting pita pada pembukaan  Jatim Fair di Grand City Surabaya, Selasa (9/10/2018)

Surabaya (KoranTransparansi.com) - Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita menilai kepemimpinan Pakde Karwo mampu menjadi inspirasi dan bisa menciptakan inovasi baru untuk kemajuan daerahnya.

Pakde Karwo dianggap telah mampu memimpin 38 bupati/walikota di Jatim. Sebagai gubernur, beliau juga menunjukkan sosok pemimpin yang selalu dekat dengan rakyat, dan hadir pada saat rakyat membutuhkan.

Pujian Menteri Perdagngan itu diungkapkan saat Pembukaan Jatim Fair ke 9 Tahun 2018 di Grand City Convex Surabaya, Selasa (9/10).

Pakde Karwo mau turun sendiri untuk mengatasi permasalahan dengan cepat. Jadi Pakde Karwo layak mendapatkan penghargaan ini dari pemerintah pusat” katanya.

Dikatakan, pakde Karwo juga mampu memberikan kemudahan, dukungan, fasilitas, dan sarana yang memadai kepada masyarakat, khususnya para pengusaha untuk berkembang. Termasuk dengan menghadirkan inovasi berupa aplikasi monitoring perdagangan dalam negeri.

“Penghargaan ini juga sebagai ungkapan terima kasih kami dari pemerintah pusat atas inovasi Pakde Karwo. Dulu kami pernah mengangkat inovasi Pakde Karwo ke tingkat nasional, nanti pada saatnya juga kami ingin mengangkat aplikasi yang bekerja sama dengan marketplace ini ke tingkat nasional. Ini sangat meringankan kerja kami” ujarnya.

Menteri Enggartiasto juga memuji langkah Pakde Karwo yang mendorong gubernur se-Indonesia untuk bekerjsama dengan marketplace nasional demi memperkuat perdagangan dalam negeri. Menurutnya, langkah ini sangat tepat untuk memberikan efisiensi dan menjadikan proses perdagangan lebih cepat dan murah.

“Sebagai Ketum APPSI, Pakde Karwo menginisiasi kerjasama dengan gubernur se-Indonesia untuk membangun interkoneksi guna memenuhi kebutuhan masing-masing daerah.

Apa yang surplus dan defisit, bisa dipenuhi tanpa harus melakukan impor. Kami tunggu pada Desember mendatang, semoga 34 provinsi bersedia bergabung” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua Dekranasda Jatim, Dra.Hj. Nina Kirana Soekarwo, Forkopimda Jatiim bersama istri, para konsul negara sahabat, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono dan istri, para bupati dan walikota se-Jatim, para asosisai UMKM dan IKM di Jatim. (ais)

 Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih.

Jakarta (KoranTransparansi.com) - Kementerian Perindustrian akan memfasilitasi 13 Industri Kecil Menengah (IKM) untuk menampilkan produknya pada pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional dan Grup Bank Dunia (IMF-WB) di Bali 8-15 Oktober 2018, yang akan dihadiri sekitar 18.000 delegasi dari berbagai negara.

“Ada 30 kami ajukan tapi yang akan pameran 13 IKM. Mereka akan ada di Paviliun Indonesia yang terletak di Nusa Dua, Bali,” kata Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih di Jakarta, Rabu.

Menurut Gati, IKM binaan Kemenperin tersebut akan menampilkan berbagai kerajinan khas nusantara yang mudah dibawa sebagai oleh-oleh.

“Bali identik dengan kebudayaan, nah yang paling dekat dengan kebudayaan ya kerajinan. Itulah mengapa kami memilih kerajinan untuk tampil di acara ini,” ujar Gati, dikutip dari Antaranews

Selain itu, lanjut Gati, mereka juga akan menampilkan produk andalan dan asli Indonesia yakni batik untuk dapat menggaet hati para pengunjung di ajang tersebut.

Gati menambahkan, pertemuan IMF-WB merupakan peluang bagi IKM nasional untuk menampilkan karya-karya unggulannya.

Dalam hal ini, Gati menyampaikan, Kemenperi tidak menetapkan target penjualan tertentu, karena lebih memprioritaskan promosi produk terbaik asal Indonesia.

“Kita tidak ada target penjualan. Yang penting mereka tahu dulu bahwa Indonesia bisa memproduksi berbagai hal, terutama bidang kerajinan. Target kami adalah produk Indonesia dikenal dunia,” pungkasnya. (guh)

Kepala Bidang Pengadaan dan OPP Perum Bulog Provinsi Sulawesi Tengah Bahar Haruna

 

Palu (KoranTranspaansi.com) - Perum Bulog Sulawesi Tengah memastikan stok kebutuhan pangan terutama beras menjelang lebaran Idul Adha 1439 H, hingga memasuki Natal dan Tahun Baru 2019 aman.  

Kepala Bidang Pengadaan dan OPP Perum Bulog Provinsi Sulawesi Tengah Bahar Haruna menjelaskan kesiapan stok beras sangat cukup.

Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. " Saat ini stok dipastikan hingga enam bulan ke depan. Bahkan bulog sulteng telah membeli beras petani sebesar 10.836 ton. " Kata Kabid Pengadaan dan OPP Perum Bulog Provinsi Sulawesi Tengah Bahar Haruna, Rabu (8/8/2018), di Palu.

Menurut Bahar,  fungsi bulog itu sebagai penstabil harga, terutama beras. Baik ditingkat produsen maupun tingkat konsumen. Untuk tingkat produsen bulog mengamankan Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Jadi initinya bulog menyerap dan membeli beras petani sesuai target yang telah ditetapkan.

Kemudian, dari sisi konsumen bulog menjaga Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan khusus pengadaan beras. Namun begitu, pihak bulog tetap menjaga kemungkinan permainan harga ditingkat pengecer. Sebab, jika terjadi gejolak harga dipasaran tim pemantau satgas pangan akan melakukan penindakan. 

" Kalau harga beras mungkin masih tetap stabil. Karena, apabila ada kenaikan harga bulog lakukan operasi pasar bersama tim satgas pangan.Dan logikanya, tidak mungkin masyarakat itu membeli yang mahal kalau ada yang murah. Apalagi, operasi pasar dilakukan hingga Desember. " jelas Bahar. 

Bahkan saat ini kata Bahar, pihak bulog sulteng melakukan pengiriman beras di provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo. Itu artinya, target yang diberikan pusat terlampaui. "Stok beras di bulog sulteng melebih target yang ditentukan. 

Untuk tahun 2018 ini sekitar 5 ribu ton kita sudah kirim. Sementara target di 2017 kemarin berkisar 103 persen. Sehingga kenaikannya berkisar 50 ribu ton dari besaran sebelumnya 42 ribu ton. (nur)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...