Sidoarjo

Published in Sidoarjo

FORCE Ajak Masyarakat Baca Salawat dan Pawai Patrol

Dec 31, 2017 Publish by 
Warga Celep Sidoarjo melngisi malam pergantian tahun dengan Pawai Patrol anak anak di dampingi keluarga dan orang tuanya pada Minggu (31/12/2017) malam.
Warga Celep Sidoarjo melngisi malam pergantian tahun dengan Pawai Patrol anak anak di dampingi keluarga dan orang tuanya pada Minggu (31/12/2017) malam. (kt/jt)

Sidoarjo ( Koran Transparansi ) - Forum Remaja Celep (FORCE) RW 1 Kelurahan Celep Sidoarjo, mengajak masyarakat mengisi kegiatan pergantian tahun baru dengan baca salawat dan pawai patrol keluarga.

“Remaja yang tergabung dalam FORCE, mengajak masyarakat baca salawat dan pawai patrol keliling kampung bersama anak-anak dengan didampingi orangtua atau keluarganya,” kata Shodikin, koordinator acara patrol malam pergantian tahun baru, Minggu (31/12) malam. 

Menurut Ketua RW 1 Saiful Manaf, acara membaca salawat dilanjutkan dengan acara pengajian singkat, sekaligus mengingatkan kepada warga supaya menjaga diri dengan baik selama acara pergantian tahun dengan kegiatan positif.   

“Saya juga mengingatkan supaya yang akan ujian di sekolah, selalu belajar dan tekun belajar serta berdoa dengan Istiqomah membaca salawat nariyah,” katanya. 

Setelah acara baca salawat dan pengajian, anak-anak dari berita sampai remaja, diajak pawai dengan membunyikan patrol keliling kampung. “Acara ini menanamkan kegiatan positif pada anak-anak supaya cinta tanah air dengan mencintai dan menjaga serta peduli  kampung, mulai dari menjaga kampungnya sendiri,” kata Junaidi, panitia bidang acara.

Kegiatan pawai patrol, Manurut Edy —panggilan Junaidi—, sangat berkesan karena anak-anak didampingi ibu-ibu serta keluarga kelihatan sangat senang, “Kegiatan  dilanjutkan dengan lomba patrol khusus anak-anak,” katanya.

Khusus acara baca salawat dan pengajian, Fian koordinator baca salawat diba’ mengatakan, bahwa khusus acara malam tahun baru gabungan seluruh generasi pria dan wanita membaca salawat bersama.

“Ceramah agama oleh Aba Djoko Tetuko, diingatkan pentingnya bersyukur dan selalu baca salawat dalam keadaan apapun, terutama pada jaman akhir seperti sekarang ini,” kata Fian menirukan.

Khusus komunikasi modern di jaman now, lanjutnya, diingatkan supaya selalu menjaga silaturahmi dan komunikasi dengan peralatan modern secanggih apapun tetap jangan sampai merugi. 

Pergaulan melalui HP atau sejenis, menurut Aba Djoko Tetuko, diingatkan supaya kembali pada Al Qur’an. “Umat Islam 1400 tahun silam sudah diingatkan kalau mau baik dan tidak rugi, harus selalu iman dan beramal Sholeh atau amal kebaikan, juga saling mengingatkan tentang yang benar dan kesabaran, sebagaimana tersurat dalam surat Al Asr,” tandas Fian menirukan. 

Sedangkan pada jaman now ini, jika terbawa arus berita hoax, maka perbuatan itu sudah dikisahkan Al Qur’an, bahwa Abu Lahab dan istrinya selalu menyebarkan berita fitnah dan tidak benar, dan istrinya seperti kayu bakar terus menyebarluaskan fitnah dan kejelekan . 

“Berarti kalau suka berita hoax, atau menyebarkan berita hoax berarti sebagai pengikut Abu Lahab dan istrinya yang ditakdirkan masuk neraka. Atau generasi yang akan masuk neraka,” katanya.(jt)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...