Malang

Published in Malang

MARI WUJUDKAN KABUPATEN MALANG SEBAGAI KABUPATEN UKS/M

Jun 01, 2018 Publish by 
 Bupati Malang Dr H Rendra Kresna memberikan arahan kepada para peserta Rakerda UKS/M di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis pagi.
Bupati Malang Dr H Rendra Kresna memberikan arahan kepada para peserta Rakerda UKS/M di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis pagi. (kt/kho)

MALANG (KoranTransparansi.com)  – Bupati Malang Dr H Rendra Kresna membuka Sarasehan Remaja dan Rapat Kerja Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Kabupaten Malang Sebagai Kabupaten UKS/M (Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah) Tahun 2018 di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis (31/5) pagi. 

Bupati RFendra Kresna menyatakan masalah kesehatan ini bukan hanya sebagai tanggung jawab dan kewajiban pemerintah, melainkan juga masyarakat seluruhnya. Tak ketinggalan, Pak Rendra mengucapkan selamat kepada SMP Negeri 1 Wajak setelah berhasil menyabet juara pertama Lomba UKS/M tingkat SMP/MTs dan SD Negeri 3 Turen menjadi juara kedua Lomba UKS/M tingkat SD/MI se Provinsi Jawa Timur.

"Saya ucapkan selamat dan sukses kepada kedua sekolah tadi. Serta saya ucapkan terima kasih kepada sekolah-sekolah yang sudah turut serta pada lomba-lomba UKS/M. Harapan kita semua, lomba UKS/M itu hanya sebagai sarana namun sudah menjadi bagian pembangunan kesehatan mulai dari anak sekolah dengan sudah memiliki gaya hidup sehat. 

Sehingga persoalan-persoalan kesehatan tidak menjadi tugas pemerintah melainkan juga seluruh masyarakat. Mari wujudkan Kabupaten Malang sebagai Kabupaten UKS/M,” terang Bupati.  

Tak hanya itu, Pak Rendra berharap pengembangan UKS/M bisa melibatkan seluruh komponen masyarakat terutama di dunia pendidikan karena sangat penting untuk membiasakan masyarakat dan mengerti tentang kesehatan. 

Selain, yang sudah diterapkan dengan mensinergikan dengan program kegiatan dan organisasi sekolah seperti OSIS dan Pramuka. Dengan demikian, para murid yang merupakan para generasi muda ini akan memiliki kebiasaan dan kesadaran diri dalam kehidupan keseharian dan penanganan kesehatan.

‘’Saya mengapresiasi anak-anak dan pihak sekolah yang kini sudah memahami dan mengerti cara hidup sehat, hingga penanganan pertolongan pertama ketika menghadapi sebuah permasalahan kesehatan. Mereka sudah seperti tim medis yang sangat cekatan karena sudah punya bekal dan ilmu UKS/M sehingga bisa mempraktekannya dalam menangani permasalahan tersebut,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Penyelenggara sekaligus Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Malang, Ir. R. Taufiq Hidayat menjelaskan pencapaian hasil pelaksanaan UKS/M sangat bervariasi utamanya menyangkut tiga komponen yakni sumber daya manusia, manajemen dan sarana prasarana. 

Diharapkan, semua pemangu kepentingan dan kebijakan memiliki tekad dan semangat mempercepat pencapaian tujuan program seperti yang sudah dicanangkan Bupati Malang bahwa Kabupaten Malang sebagai Kabupaten UKS/M.

‘’Tujuan penyelenggaraan rapat dan sarasehan remaja ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang program kebijakan Pemprov Jatim dalam Program UKS/M. Sosialisasi Kabupaten Malang sebagai Kabupaten UKS/M sudah menyebar di 33 kecamatan,” tambah Taufiq. (kho)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...