Malang

Published in Malang

Material SIM Polres Makota Hampir Habis.Inilah Penjelasan Kasat Lantas.

Aug 31, 2017 Publish by  Aris, Redaktur
Kasat Lantas Polres Malang Kota,AKP Ady Nugroho saat memantau pelayanan di ruang cetak SIM Satpas,Jalan Dr.Wahidin,Kec Klojen Kota Malang
Kasat Lantas Polres Malang Kota,AKP Ady Nugroho saat memantau pelayanan di ruang cetak SIM Satpas,Jalan Dr.Wahidin,Kec Klojen Kota Malang

MALANG (KT) - Stok material Surat Izin Mengemudi (SIM) Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Polres Malang Kota menipis.Di prediksi,blangko SIM bakal habis dalam waktu sepekan. Minimnya persediaan material SIM,membuat Satpas Polres Malang Kota tidak bisa langsung memproses semua pemohon. Dari kisaran 2.800 pemohon setiap dua minggu, diperkirakan hanya sekitar 1.000 pemohon yang bisa diproses. Sebab, jatah material yang diterima Polres Malang Kota sangat terbatas.
 
Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Ady Nugroho menyebut jumlah blangko yang tersisa sampai saat ini hanya berkisar  2.000-an .Menurutnya,permintaan pemohon baru maupun perpanjangan terus meningkat. Akibatnya material untuk bahan cetakan SIM juga semakin menipis.

“Material ini kami dapat dari Polda Jatim, dan datangnya sedikit. Kemungkinan ini hanya bertahan hingga awal September,” kata AKP Ady Nugroho didampingi Baur SIM,Aiptu Asmuin saat dikonfirmasi awak media disela pemantauan pelayanan SIM di Satpas Kota Malang,Jalan Wahidin,Kec Klojen,Rabu (30/8).

Apabila material habis, kata dia,pihaknya akan memberikan surat resmi khusus sebagai ganti cetakan SIM. Dengan begitu, masyarakat yang membawa surat itu juga bisa ditunjukkan saat ada pemeriksaan di jalan. “Tapi surat itu tidak bisa jadi jaminan kalau terkena tilang,” imbuhnya.

Ia melanjutkan,surat pengganti SIM itu,nantinya bisa ditukarkan dengan cetakan SIM apabila material sudah kembali normal. Ady menyatakan, datangnya material itu paling cepat sekitar akhir September. “Jadi pada Oktober dijadikan satu untuk penukaran surat dengan cetakan SIM,” tandasnya.

saat kasat melakukan pengecekan diruang foto SIM

saat kasat melakukan pengecekan diruang foto SIM

 “Jumlah blangko SIM tinggal 2.000 saja, diperkirakan awal September,stok akan habis.”lanjutnya.
 
Dia menyebut, kelangkaan blangko SIM ini tak lepas dari proses APBN-P 2017 terkait anggaran untuk Polri. Sampai saat ini, seluruh Polres maupun Polda di seluruh Indonesia, menantikan selesainya proses lelang pengadaan blangko SIM.
Dari data LPSE Polri, lelang pengadaan blangko SIM sudah selesai. Proyek senilai Rp 338,7 miliar tersebut dimenangkan oleh PT Wahyu Kartuma Sindo Internasional. PT yang bermarkas di Jalan Beringin Cikarang Bekasi ini, menawarkan Rp 335 miliar untuk memenangkan lelang pengadaan blangko material SIM seluruh Indonesia.

Hingga proses pencetakan material dan distribusi berjalan, blangko SIM di Polres Malang Kota juga Polres lainnya di lingkup Polda Jatim,akan mengalami kekosongan. Karena itu, pihaknya saat ini sedang menunggu instruksi dari Dirlantas Polda Jatim tentang blangko sementara pengganti SIM.Sementara untuk mengatasipasi,pihaknya saat ini telah menyediakan surat pengganti bagi pemohon yang belum mendapatkan SIM.(cholil).

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...