Malang

Published in Malang

Rendra Kresna : Rumah Sakit Harus Memberikan Pelayanan Terbaik

May 20, 2017 Publish by 
Bupati Malang,H.Rendra Kresna bersama Dirut RSUD Kanjuruhan,dr.Harry Hartanto
Bupati Malang,H.Rendra Kresna bersama Dirut RSUD Kanjuruhan,dr.Harry Hartanto

Malang (KT) - Banyak masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Malang yang belum sadar tentang pentingnya mencegah daripada mengobati, artinya masyarakat Indonesia lebih suka berobat ketika sudah terserang penyakit daripada memeriksa kesehatan secara berkala.
Hal itu juga perlu ditunjang tingkat pelayanan Rumah Sakit dalam hal pemberian pelayanan terhadap pasien.

Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna mengatakan bahwa masyarakat seharusnya datang ke rumah sakit bukan pada saat sudah menderita penyakit parah, tapi memeriksa kondisi kesehatannya tanpa menunggu diserang penyakit parah.

"Rumah sakit ini tentunya kedepan, tidak hanya bertumpu pada mengobati orang sakit saja, tapi bisa untuk orang menanyakan kesehatan. Diharapkan kedepan rumah sakit bisa menjadi ikon orang tentang kesehatan, bukan hanya untuk mengobati orang sakit," ujar Rendra dalam acara peringatan HUT ke-50 RSUD Kanjuruhan Kepanjen, Jumat (19/5/2017).

Rendra juga mencotohkan bahwa rumah sakit bisa menjadi penyumbang pendapatan terbesar sebuah negara, seperti di Singapura.

"Di negara lain yang maju, pendapatan negara dari rumah sakit, seperti di Singapura. Banyak orang Indonesia kesana hanya periksa, bukan tindakan, datang dari Indonesia sehat-sehat saja, kesana hanya melakukan check up," jelasnya.

Ia juga menyebut salah satu contoh di negara maju,kesehatan dan pariwisata bisa berjalan secara bersamaan, tempat kesehatan bisa jadi tempat wisata. Lebih lanjut, untuk pelayanan sendiri, Rendra menghimbau agar rumah sakit di Kabupaten Malang tidak mempersulit masyarakat yang ingin berobat.

"Jangan menanyakan pasien apakah dia punya BPJS apa tidak, tapi tanganilah pasien terlebih dulu," tegasnya.(mr-2).

banner