Madura

Published in Madura

Jelang Ramadhan, Penyeberangan Kalianget-Kangean Over Penumpang.

May 16, 2018 Publish by 
Masyarakat Madura yang ada di perantauan mulai mudik menghadapi bulan suci ramadhan. Sementara kapal kapal penyeberangan Kalianget-Kangean over penumpang.
Masyarakat Madura yang ada di perantauan mulai mudik menghadapi bulan suci ramadhan. Sementara kapal kapal penyeberangan Kalianget-Kangean over penumpang. (kt/fidz)

Sumenep (KoranTransparansi.com) - Dua hari menjelang bulan suci ramadhan 1439 H penumpang Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) yang melayani Kalianget-Kangean over penumpang. Akibatnya, banyak penumpang selain harus berdesak desakan, mereka dengan rela  naik diatas kapal. Padahal ini sangat membahayakan.

Tradisi masyarakat Madura yang ada di perantaun, mereka harus pulang kampung selama menjalani ibadah puasa.Tradisi masyarakat Kepulauan Kangean, Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) terjadi sejak nenek moyang mereka.

Berdasarkan pantaun dilapangan, sebagian penumpang terpaka harus duduk di atap dan bawah samping kapal DBS. Kapal yang berlayar pada pukul 13.00 Wib, pada Selasa,15/5/2018 ini terpaksa berangkat dengan membawa penumpang yang melebihi muatan.

“mau gimana lagi, terpaksa harus ikut meski melebihi muatan dan duduk di bagian samping kapal. Sebab, jika tidak ikut maka saya tidak bisa berpuasa di kampung halaman" ujar Erwin, salah seorang penumpang kapal DBS 1, Selasa,15/5/2018.

Masih kata Erwin, hampir setiap tahun atau jelang bulan Ramadhan selalu terjadi kelebihan muatan. Apalagi menjelang hari raya Idul Fitri, pasti terjadi kelebihan muatan dan sebagian masyarakat terpaka harus menginap di Pelabuhan untuk menunggu kapal berikutnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep segera menyediakan kapal yang lebih representatif aga tidak selalu terjadi kelebihan muatan dan keselamatan penumpang lebih terjamin.

“Saya harap ada kapal yang lebih representatif agar tidak selalu kelebihan muatan dan keselamatan para penumpang juga terjamin” ungkapnya.

Sementara, Kepala Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Supriyanto mengatakan, pihaknya sudah seringkali mengingatkan penumpang agar menempati ruang sesuai keperuntukannya.

“Tidak henti-hentinya kami selalu mengingatkan masyarakat agar menempati ruang sesuai keperuntukannya" kata Supriyanto dengan singkat (fidz).

 

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...