Madiun

Published in Madiun

Pakde Karwo: Ibu Peran Utama Pembentukan Karakter Keluarga

Jul 13, 2018 Publish by 
Gubernur Jatim Soekarwo menghadiri arfa Harganas di Madiun, Jumat (13/7/2018)
Gubernur Jatim Soekarwo menghadiri arfa Harganas di Madiun, Jumat (13/7/2018) (kt/min)

Madiun (KoranTransparnsi.com) - Seorang ibu dalam sebuah keluarga mempunyai peran sangat penting. Peran Ibu identik dengan sifat kasih sayang kepada anak-anaknya. Karena itu, tak berlebihan bila pembentukan karakter anak sangat bergantung pada sosok ibunya. 

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur saat memberikan sambutan di acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasinal (Harganas) XXV Tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar di Alun-alun Mejayan Caruban, Kabupaten Madiun, Jum’at (13/7).

Peran penting tersebut, ujar pria yang lekat dengan sapaan Pakde Karwo itu,  termasuk peran sebagai guru utama bagi keberhasilan keluarga. "Rasulullah SAW bahkan menyebutnya sampai tiga kali, karena memang peran seorang ibu sangat besar bagi pembentukan karakter dan keberhasilan anak-anak serta keluarganya,” tuturnya. 

Selain peran di dalam keluarga, banyak pula peran yang dijalankan oleh para wanita hingga beberapa diantaranya meraih penghargaan. Diantaranya adalah penghargaan di bidang koperasi dan keberhasilan keluarga berencana (KB). 

“Semua keberhasilan tersebut ditangani oleh ibu-ibu,” terangnya.  

Karena itu, Pakde Karwo minta agar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bisa  menambah anggaran untuk pemberdayaan ekonomi keluarga.

Di akhir sambutannya, Pakde Karwo  minta kepada para bupati, walikota serta Ketua Tim Penggerak PKK agar menambah program-program produktif bagi ibu-ibu sebagai pengendalian reproduksi.

Sebelumnya, pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo dan Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Jatim, Dra. Hj. Nina Soekarwo, MSi  menyerahkan berbagai penghargaan kepada para pemenang lomba dalam rangk memperingati Harganas XXV Yahun 2018 Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan tersebut diantaranya Lomba Pelaksanaan Hidup Keluarga Bersih dan Sehat Dalam Rumah Tangga dengan kategori Kota diraih Kota Surabaya (Juara  I), Lomba Posyandu (Kota Surabaya) dan Juara I KB Kesehatan (Kota Pasuruan) serta Lomba Hidup Sehat dan Bersih untuk Rumah tangga Juara I (Kota Madiun).

Disamping itu diserahkan penghargaan antara lain; Juara Pertama sebagai Motivator KB Pria (Vasektomi) di Bojonegoro, Sersan Satu Supandi (TNI), Juara kedua diraih Subari dari Ponorogo, dan Juara ketiga diraih Mustakim dari Kota Madiun. Juga penghargaan Lomba KB lestari 10 Tahun  Juara pertama oleh Kab. Mojokerto, KB Lestari 15 Tahun Juara pertama diraih Kab. Ponorogo dan KB Lestari 20 tahun Juara pertama diraih oleh Kab. Madiun. Penghagaraan Lomba Kader Institusi Lomba Penyuluh KB, Lomba Karya Tulis serta Lomba Puskesmas. 

Sementara itu, Plt. Kepala BKKBN Pusat, dr. Sigit Priyo Utomo, M.Kes mengatakan, keberhasilan pembangunan semuanya dimulai dari keluarga. Kalau di keluarga kecil berjalan baik dan berhasil, maka otomatis lingkungan sekitarnya pasti baik dan begus, karena dampak dari keberhasilan para keluarga yang terdapat pada lingkungan terdekat. Untuk itu, peran keluarga dalam pembangunan sangat besar dan dibutuhkan sampai kapanpun.

Selain keluarga, peran Generasi Berencana (Ganre) juga sangat dibutuhkan untuk keberhasilan pembangunan ke depan. Sebab, peran Genre sangat penting untuk menyosialisasikan generasi berencara dalam memberikan informasi kesehatan generasi muda. 

“Ganre bisa memberikan keterangan bahayanya kawin usia muda, pentingnya hidup sehat bagi kaum remaja. Untuk itu, para remaja  dihimbau oleh duta Ganre agar terus menjauhi narkoba atau barang-barang terlarang lainnya. Generasi muda lebih baik membangun image dengan berkarya dan meraih prestasi positif yang lebih baik, seperti prestasi dalam pendidikan atau prestasi dibidang enterprenuer.

Ikut hadir dalam acara tersebut selain para Bupati dan Walikota se Jatim  dan Kepala OPD Prov. Jatim serta Forpimda Kab./Kota Madiun serta kepala OPD Kab/Kota Madiun dan Kepala BKKBN Kab/Kota se jatim.(min)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...