Kota Batu

Siswa SMPN 06 KWB, saat unjuk kreasi dan inovasi dalam ajang Kamis Kreasi dan Berbagi dipelatara sekolah siang tadi.

Kota Batu (KoranTransparansi.com) - Berbagai upaya terus dilakukan, pihak menejemen SMP Negeri 06 Batu, untuk mencerdaskan anak bangsa demi memajukan sekolah. Meskipun sekolah tersebut berada dipingiran, dan berada di perbatasan antara Kota Batu dan Kabupaten Malang. 

Tidak menyurutkan semangatnya, baik tenaga pendidik dan kependidikan untuk terus berkreatif dan berinovatif. Supaya siswa dapat terus berkarya, untuk memajukan minat dan bakatnya. Sehingga hobi siswa tetap dapat tersalurkan, dan bisa menjadi siswa yang berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik. 

Kendati demikian, pembelajaran itu terus dilakukan untuk memacu semangat para siswa. Maka ada hal yang selalu berbeda dan memukau setiap pagi di SMP Negeri 06 Batu, melalui Program Kamis Berbagi dan Berkreasi.

Kepala SMP Negeri 06 Batu, Budi Prasetyo SPd, menuturkan dari 3 kelas yang mendapat giliran, mereka unjuk kebolehan dengan menampilkan 3 jenis kreasi yang berbeda. 

" Siswa yang sudah ditunjuk, mereka wajib maju untuk menampilkan atau menyuguhkan kelihaiannya dalam memainkan gamelan tradisional yang dipadu alat musik modern, " ucapnya, Minggu (18/2/2018)

Meski demikian, kontemporer penampilan kedua mereka menyuguhkan lagu, dan puisi sangat indah yang menyentuh hati. Yang bertemakan tentang pengorbanan seorang ayah.

" Dari penampilan siswa, dari Kelas terahir mereka menyuguhkan tari toleng yang mepesona. Meskipun mereka unjuk kebolehan, dipelataran sekolah dengan alat yang sangat sederhana sekali mereka tetap semangat, " pungkasnya. (med/eka)

 

 Foto: Kepala SMPN 02 Batu, Drs. Barokah Santoso MEd, saat mendampingi siswa mengikuti simulasi ke 2 UNBK, mereka tampak fokus. Simulasi ini dilaksanakan selama 2 hari di sekolah, dalam satu hari 2 Mapel, di hari pertama Bahasa Indonesia dan IPA.
Kota Batu (KoranTransparansi.com) - Sebanyak 322 siswa kelas 9, SMP Negeri 02 Batu, mengikuti simulasi UNBK ke 2, yang dilaksanakan selama 2 hari, mulai Rabu-Kamis (14-15/2/2018) yang dibagi menjadi 3 ruangan dan 3 sesi. 
 
Meski begitu, momentum ini kali pertama siswa mengerjakan UNBK di sekolah. Sebelumnya siswa mengerjakan UNBK di sekolah lain, karena masih minimnya atau kurangnya komputer di sekolah sendiri. 
 
Maka kepala SMPN 02 Batu, Drs. Barokah Santoso MEd, saat ditemui di ruang kerjanya menuturkan, saat ini menejemen sekolah sudah memiliki sebanyak 108 komputer. Sehingga siswa dapat melaksanakan simulasi dengan cara dibagi menjadi 3 sesi, 3 ruangan, selama 2 hari. 
 
" Dihari pertama siswa mengerjakan, 2 Mapel yaitu Bahasa Indonesia dan Matematika. Besoknya dilanjutkan dengan Mapel Bahasa Indonesia, dan IPA, " ucapnya, Rabu (14/2/2018).
 
Menurutnya, simulasi ke 2 ini yang dipentingkan siswa dapat loging, token paswood user name, sehingga mereka langsung dapat memulai mengerjakan soal. Yang terpenting, siswa pada saat mengerjakan bebasis komputer ini mereka dapat mengerjakan secara proposional, dan dapat mengakhiri lokout untuk mengerjakan soal. 
 
" Selama simulasi ini siswa didampingi teknisi, prokton, wali kelas, bapak ibu guru dibidang kurikulum. Mereka mendampingi selama 3 sesi, supaya siswa dapat memahami ketrampilan selama mengerjakan UNBK, " tandasnya.
 
Sebelumnya, pihak menejemen sekolah kepada orang tua siswa sudah mensosialisasikan terlebih dahulu. Teruatan kegiatan simulasi ini, mereka wajib di ikuti oleh siswa kelas 9.
 
" Para peserta UNBK, siswa harus hadir ditempat simulasi 30 menit sebelum kegiatan dimulai. Sehingga simulasi dapat berjalan, sesuai dengan jadwal masing-masing, " jelasnya. 
 
Dia tegaskan, simulasi ini dilaksanakan selama 2 hari dengan 4 mata pelajaran. Sehingga orang tua siswa, dapat mendukung Putra maupun putrinya untuk berlatih mengerjakan UNBK. 
 
" Saya berharap dengan simulais ke 2 ini,  dan simulasi ke 3 nantinya (gladi bersih) siswa SMPN 02 mendapakan sikap ketarampilan, pemahaman, yang memadai, pada UNBK pada bulan April, tanggal 23-26 nanti. Sehingga mereka semua dapat berhasil, dan mencapai tujuan dengan sukses, " pungkasnya. (med/eka)
 
 
Gubernur Jatim dan Walikota Batu Dewanti Rumpoko

Batu (Koran Transpatansi) - " Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengingatkan bahwa tugas pemerintah  yang  utama adalah  mengurusi   keadilan," .kata orang nomor satu di Jawa Timur itu saat memberi sambutan pada acara Serah Terima Jabatan Walikota dan Wakil Walikota Batu di Gedung DPRD Kota Batu, Senin (8/1).

Masalah keadilan menjadi tugas pemerintah, sedangkan keamanan dan kriminal menjadi tugas TNI dan Polri.  "Jangan dibiarkan yang kecil kalah dalam bertarung dengan yang besar, ya pasti kalah. Untuk itu, yang kecil harus diurus pemerintah dan yang besar difasilitasi,” tegas Pakde Karwo.

Yang kecil harus diutamakan dan diberdayakan serta dibantu agar mereka bisa dan mampu  berkarya.  Kalau sudah bisa berkarya, dipastikan mereka bisa hidup dan berkembang. Sementara itu, yang besar difasilitasi. Dengan demikian, mereka sama-sama bisa hidup berdampingan dan berkembang  dengan baik.

Dalam kesempatan sama, Pakde Karwo  minta Pemerintah Kota Batu  harus mempunyai komitmen  terhadap proses pembangunan  berkelanjutan  yaitu yang baik  harus dilanjutkan. Jangan sampai program pembangunan  dibongkar semua dan membuat  program baru  semua, tidak mengindahkan  program pembangunan yang lama meskipun itu bagus.  “Jadi harus ada kesinambungan, yaitu yang baik dilanjutkan dan yang kurang baik diganti dengan program pembangunan yang baru,” tegas Pakde Karwo.

Gubernur juga mengingatkan bahwa  pemegang otoritas keuangan itu ada  pada walikota bukan di wakil walikota. Untuk itu harus segera dibicarakan  dengan DPR mengenai rencana program pembangunan dengan baik dan transparan.

Menyinggung, komitmen RPJMD Kota Batu dengan Nawa Bhakti ( Pembangunan berkelanjutan) yaitu membangun  Batu dari pinggiranyaitu dengan Desa Berdaya  dan Kota Berjaya , Pakde Karwo menyarankan,  selain membangun daerah  menggunakan budaya,  satu hal paling penting lainnya dan menjadi dasar dalam keberhasilan pembangunan yakni  spiritual. 

Dengan landasan agama yang kuat, diyakininya semua akan menjadi baik dan jalannya lancar. Selain tokoh agama, tokoh masyarakat juga hendaknya dilibatkan dan diajak ngomong atau rembukan. 

Dengan  ngumpul bareng  membicarakan rencana program, hasilnya akan jauh lebih baik dan bagus dari pada  hasil yang dipikirkan sendiri, sebab, hasil pikiran sendiri belum tentu bisa diterima oleh orang lain. "Baik menurut kita belum tentu baik menurut orang lain," ujarnya.

Dalam pidatonya, Walikota Batu Dewanti Rumpoko memaparkan, pertumbuhan ekonomi Kota Batu tumbuh signifikan yang topang tiga sektor  utama,  yakni perdagangan sebesar 18 %, pertanian sebesar 16 % dan sektor pariwisata sebesar 15 %.

Dewanti mengatakan, saat ini perjalanan pemerintahan Kota Batu sudah memasuki usia yang ke-16 atau usia yang relatif masih muda untuk ukuran berdirinya sebuah kota. Selama kurun waktu tersebut telah terjadi pergantian kepemimpinan daerah selama 4 (empat) periode. 

Meski usianya relatif masih muda, namun masyarakat Kota Batu sangat  dewasa dalam masalah proses politik. Hal itu dibuktikan dengan pelaksanaan pemilukada yang lalu.

"Alhamdulillah selama pelaksanakaan Pemilukada  dapat berjalan lancar, tertib, aman dan damai serta tidak tidak gejolak ataupun gangguan. Sehingga pelaksanaannya  sangat rapi dan masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan pilihan hati nurani," ujarnya.  

Juga tingginya tingkat partisipasi masyakat yang menggunakan hak suaranya mencapai hampir 81,2 % dari total 149.248 daftar pemilih tetap. Angka ini melebihi dari target nasional sebesar 77 %. Serta lebih baik dibanding Pilkada Tahun 2012 yang mencapai 74,8%. (kho/min)

Kepala Kejaksaan (Kajari) Kota Batu,Nur Chusniah

BATU (KT) - Dugaan kasus pengadaan percetakan buku fiktif proses penyidikan kasus dugaan pengadaan percetakan buku fiktif Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kota (Pemkot) Batu,sepertinya akan terhenti.

Salah satu Jukir Gor Ganesha merana meratapi lahan untuk menghidupi keluarganya yang bakal digusur
BATU ( KT ) – Puluhan Juru Parkir (Jukir) di halaman Gor Ganesha Kota Batu terancam digusur dari tempatnya mengais rezeki  di halaman Plaza Alun Alun Kota Batu.
AKBP Leonardus Simamarta,Akhiri Jabatan Dengan Jalinan Erat
BATU (KT) - Di akhir jabatan sebelum meninggalkan tugasnya sebagai Kapolres Kota Batu,AKBP Leonardus Simarmata,menggelar buka bersama (Buber) bersama Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila (PP),Lemabaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta awak media,Jumat (9/6/2017).
  •  Start 
  •  1 
  •  End 
banner

> BERITA TERKINI lainnya ...