Kediri

Published in Kediri

Jaga Tradisi Jelang Musim Giling, PG Pesantren Gelar Manten Tebu

Apr 22, 2018 Publish by 
Jaga Tradisi Jelang Musim Giling, PG Pesantren Gelar Manten Tebu
(kt/bud)

KEDIRI(KoranTransparansi.com) - Dalam menjaga tradisi menjelang musim giling tebu, Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru, Kota Kediri, Sabtu (21/4/2018), menggelar prosesi pernikahan ( manten) dua batang tebu. Hal ini, menjadi perhatian dan memukau ribuan masyarakat yang menyaksikan acara tersebut.

Apalagi, moment juga bertepatan dengan Hari Kartini. Dimana, para Direksi dan jajaran PTPN X yang hadir diwajibkan mengenakan pakaian khas ala Kartinian.

Meski digelar setiap tahun, tetapi tidak menyurutkan minat warga untuk melihat. Mereka tertarik dengan keunikan resepsi pernikahan dua batang tebu tersebut. 

Bahkan, kemeriahan dan kemegahan pernikahan dua batang tebu ini tidak kalah dengan pernikahan manusia pada umumnya. Dimana, dua batang tebu yang dinikahkan juga dirias layaknya pengantin sungguhan.

Dan, dua batang tebu dibawa oleh dua orang sesuai jenis kelaminnya. Selama perjalanan, para pengiring bersholawat bersama. Hingga, sesampainya di PG lokasi, 'kedua mempelai' diserahkan.

Menurut General Menager PG Pesatren Baru, HB Koes Darmawanto, prosesi ini merupakan tradisi budaya yang dilaksanakan sejak dulu. Seluruh pegawai, petani, masyarakat dan jajaran pemerintah daerah hadir.

"Kami berharap proses giling tahun ini berjalan dengan lancar tidak ada kendala," katanya. 

Dia menjelaskan, penyatuan dua batang tebu ini merupakan wujud rasa syukur. Harapanya, PG Pesantren Baru dan petani dimusim giling tahun ini dapat berjalan dengan lancar, serta menghasilkan kristal gula yang erkualitas dengan melimpah.(bud)

 

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...