Kediri

Published in Kediri

Disdik Kota Kediri Bersikap,Temuan Buku SD Memuat Yerusalem Ibu Kota Israel

Jan 15, 2018 Publish by 
Cevy Ning Suyudi, Kabid Pendidikan Dasar Disdik Kota Kediri.
Cevy Ning Suyudi, Kabid Pendidikan Dasar Disdik Kota Kediri. (kt/bud)

KEDIRI (Koran Transparansi) - Munculnya temuan Dinas Pendidikan Kota Kediri akan buku pelajar IPS kelas VI SD yang memuat materi Yerusalem ibukota Israel,  Dinas Pendidikan setempat akan meralat bagian yang salah.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Kediri, Cevy Ning Suyudi mengatakan, memang ada kesalahan pada buku pelajaran IPS Kelas VI SD yang beredar di Kota Kediri

Menurutnya, kesalahan buku BSE atau buku teks terjadi pada penulis dan peneliti di Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

" Memang ada kesalahan dalam buku teks IPS Kelas VI milik PT Intan Pariwara yang sudah beredar di sekolah. Tetapi, hal ini sudah diketahui oleh Kementerian Pendidikan. Karena para penerbit ini juga mengambil dari Pusat Perbukuan," ujarnya, Senin (15/1/2018)

Ia menyatakan, Dinas Pendidikan tidak akan menarik buku yang terlanjur beredar itu. Ia khawatir, penarikan buku justru akan mengganggu pembelajaran siswa.

"Akan dilakukan ralat atau revisi pada halaman yang salah. Pertimbangannya jika ada penarikan buku, dikhawatirkan dapat mengganggu pembelajaran siswa karena siswa nanti tidak memiliki buku teks," jelasnya.

Dia mengakui, sebenarnya surat ralat dari Kementrian Pendidikan sudah dilakukan tertanggal 18 Desember 2017. Namun, suratnya baru turun 25 Desember 2017, hingga pihaknya melakukan sosialisasi dengan keesokan harinya.

' Kendalanya, banyak Kepala Sekolah yang belum mengetahui isi pelajaran buku IPS Kelas VI cetakan PT Intan Pariwara. Pasalnya, ada beberapa yang baru menjabat dan tidak tahu tentang masalah ini " urainya.

Untuk itu, Cevy juga mengatakan, pihaknya akan memanggil UPTD dan Ketua Komite Kepala Sekolah (K3S) serta kepala sekolah untuk mensosialisasikan kembali.(bud)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...