Jember

Published in Jember

Agar Pancasila Masuk ke Hati Masyarakat

Jun 01, 2018 Publish by 
Agar Pancasila Masuk ke Hati Masyarakat
(kt/eka)

JEMBER (KoranTran sparansi.com) - Pemerintah Kabupaten Jember merayakan Hari Lahir Pancasila dengan menggelar berbagai kegiatan selama satu bulan. Potensi di masyarakat terlibat dalam peringatan ini.

Plt. Kabag Humas dan Protokol Pemkab Jember Ir. Herwan Agus Darmanto, MPd. menjelaskan, peringatan selama sebulan dengan melibatkan unsur-unsur dalam masyarakat bertujuan agar Pancasila masuk ke hati warga.

“Hari lahir Pancasila seyogyanya tidak dirayakan oleh pemerintah saja, tetapi juga oleh kalangan swasta juga masyarakat. Sehingga nantinya diharapkan masuk ke dalam hati seluruh anggota masyarakat,” ungkap Herwan, Kamis (31/5/2018).

Apabila sudah masuk dalam hati tiap anggota masyarakat, maka masyarakat Jember tidak mudah dipecah-pecah atau diperngaruhi hal yang jelek-jelek.

Herwan menegaskan, Pancasila menjadi alat pemersatu bangsa yang telah menjadi kekuatan Bangsa Indonesia. Karena itu, 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila merupakan hari yang istimewa. Karena menajdi pemersatu bangsa patut dirayakan oleh semua unsur masyarakat.

Kabag menyebutkan, peran masyarakat seperti dunia usaha perhotelan dan sejenisnya bisa dengan memasang spanduk maupun banner peringatan Hari Lahir Pancasila. Maupun membuat kegiatan yang terkait perayaan.

1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila telah ditetapkan oleh presiden. Untuk memperingatinya, Pemerintah Kabupaten Jember mencanankan perayaan dengan berbagai kegiatan selama satu bulan.

Diantaranya upacara yang diselenggarakan di Alun-alun Jember, di seluruh kecamatan, dan di seluruh sekolah mulai tingkat SD, SMP, dan SMA. Ada juga pemberian Akta Lahir Pancasila Sakti di tiga rumah sakit pemerintah, talk show kebangsaan, dan kegiatan lainnya.

Dalam peringatan tahun ini, lanjut Herwan, mengangkat tema Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi.

Pancasila sudah ditetapkan hari lahirnya oleh presiden 1 Juni. Pemerintah Kabupaten Jember mencanangkan perayaan ini dengan upacara dan kegiatan selama sebulan. Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini yakni Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi. Ini tema yang sangat luar biasa.

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR dalam kesempatan wawancara dengan wartawan menegaskan peringatan Hari Lahir pancasila menjadi kewajiban bersama. “Ini kewajiban bersama,” katanya di Pendapa Wahyawibawagraha.

Dalam satu bulan ada 21 kegiatan yang melibatkan masyarakat, pemerintah, dunia pendidikan, masjid, pondok pesantren, guru ngaji, maupun dunia kesehatan. (eka)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...