Jember

Published in Jember

Jember Mulai Panen Raya, Jatim Surplus Beras

Apr 08, 2017 Publish by 
Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf  saat acara Petik Padi Perdana 2017 di Jember
Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf saat acara Petik Padi Perdana 2017 di Jember

SURABAYA (KT) - Harga beras di Jawa Timur diharapkan tetap stabil. Terlebih setelah beberapa Kabupaten/Kota mulai musim panen. Di Jember, sudah memasuki panen sehingga kenaikan beras di daerah sini bisa ditekan. Dan panen raya di Jember ditandai dengan petik padi oleh wakil gubernur Jawa Timur  Syafullah Yusuf.

Musim panen wilayah Jember di tandai dengan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf mengatakan, bahwa petani berperan besar dalam mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia. Karena, melalui ketahanan pangan dapat menjadikan masyarakat sejahtera.

Petik padi perdana di pusatkan di Desa Sabrang, Kec. Ambulu Jember pada Sabtu (8/4). "Kita harus mencintai petani. Karena berkat petani itu pula kebutuhan pangan terpenuhi."

Dalam kesempatan petik padi Gus Ipul menyatakan , sektor pangan dan energi menjadi dua hal penting yang dihadapi Indonesia dan dunia. Saat ini, lahan pertanian semakin berkurangnya dan beralih fungsi menjadi kawasan perumahan dan industri. Disisi lain tuntutan akan kebutuhan pangan semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk dunia.

Petani kita ini adalah garda terdepan yang akan menjaga Indonesia dari ketahanan pangan. Kalau tidak mencintai dan memikirkan  petani, pangan kita tidak akan bisa tercukupi.

Ada beberpa faktor yang perlu diperhatikan oleh petani agar panennya berkualitas, diantarnya, pemilihan dan penyediaan bibit padi yang unggul, lalu, pemilihan pupuk berkualitas dan tersedia area tanam yang cukup dan penyediaan air

Jika kualitas bibit padi bagus kalu tidak didukung  air cukup , maka akan sia sia hasil tanam yang dilakukan. Untuk itu, pemerintah terus berkomitmen membuat saluran irigrasi agar area persawahan dapat teraliri air dengan cukup.

Gus Ipul menegaskan, bahwa Jatim menjadi lumbung pangan nasional terbukti dengan tersedianya beras yang mencapai  5 juta ton.

Tak hanya itu, pemerintah juga akan memberikan bibit atau varietas unggul sehingga masa panen bisa dilakukan beberapa kali. "Semoga petani dapat meningkat kesejahteraanya. Semoga hasil panen tahun ini untung sehingga petani bisa menikmati jerih payah tananya," tegasnya.

Wakil Bupati Jember KH. Muqit Arief berharap, petik panen padi ini memberi barokah yang manfaat bagi masyarakat. Terpenting adalah ungkapan rasa syukur kepada tuhan diberi limpahan panen yang meningkat sebanyak 12 ton/ha.

“Saya berharap, agar kualitas padi semakin meningkat setiap kali akan panen raya seperti ini. Semoga melalui panen ini, petani untuk dapat terus mensyukuri nikmat atas panen yang dihasilkan.  (min)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...