Jember

IAIN Jember menggelar peradilan semu tingkat nasional

Jember (KoranTransparansi.com) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember akan menggelar Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional (Sharia Faculty National Moot Court Competition) Tahun 2018. 

Ajang kompetisi yang dimaksudkan untuk mengasah keilmuan dan keahlian hukum para mahasiswa Fakultas Syariah dari seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Indonesia akan digelar 12 – 15 September 2018 di IAIN Jember.

Kompetisi ini mengangkat tema "Menempa Moralitas dan Kemahiran Hukum Bagi Mahasiswa Fakultas Syariah PTKIN Menuju Profesi Hukum Yang Bermartabat Dan Profesional".

Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengatakan bahwa kompetisi ini bertujuan untuk menyiapkan calon praktisi hukum yang memiliki kemampuan akademis dan kemahiran hukum yang kompetitif.

Dalam release Kemmenag RI yang diterima korantransparansi.com disebutkan “mahasiswa Fakultas Syariah merupakan calon praktisi hukum yang diharapkan menjadi ujung tombak dari cita-cita negara hukum Indonesia. 

Karena itu, kompetisi ini menjadi penting sebagai tangga awal untuk melatih kemampuan akademis dan menganalisis secara kritis mengenai permasalahan hukum yang berkembang di masyarakat”, ungkap Babun Suharto, Rabu (10/7) di Jember.

Karena itu, pihaknya mengaku bahwa kompetisi ini digelar untuk tingkat nasional bagi seluruh PTKIN Indonesia. “Kompetisi ini akan diikuti oleh mahasiswa Fakultas Syariah dari pelbagai PTKIN di Indonesia. Karena itu, kami berharap lembaga PTKIN di seluruh Indonesia dapat berpartisipasi mengikuti kompetisi ini”, tutur Babun.

“IAIN Jember siap menjadi tuan rumah dalam ajang pergelaran kompetisi yang bergengsi ini”, tambahnya.

Dekan Fakultas Syariah IAIN Jember Sutrisno menuturkan bahwa upaya yang relevan dilaksanakan saat ini untuk mempersiapakan mahasiswa Fakultas Syariah sebagai calon praktisi hukum yang profesional adalah melalui kompetisi peradilan semu.

“Dari kompetisi ini, kami berharap dapat menjadi pemicu minat mahasiswa Fakultas Syariah untuk menyiapkan diri menjadi praktisi hukum (hakim, panitera, jaksa, advokat) dan profesi hukum lainnya”, demikian disampaikan Dekan Fakultas Syariah IAIN Jember.

Dikatakan Sutrisno, kompetisi ini dapat memberikan semangat kepada mahasiswa untuk dapat menjadi pionir dalam pengembangan ilmu syariah dan hukum pada semua lingkungan peradilan dan profesi hukum lainnya.

Ketua Panitia Kompetisi Peradilan Semu Martoyo mengungkapkan bahwa secara teknis, Fakultas Syariah IAIN Jember telah menyiapkan dengan baik penyelenggaraan kompetisi ini. Pihaknya mengaku, panitia telah menyiapkan segala hal mulai dari sosialisasi pengumuman, peraturan kompetisi, dan hal teknis lainnya termasuk hadiah bagi pemenang.

“Peserta kompetisi ini akan memperebutkan piala rektor IAIN Jember serta total hadiah puluhan juta rupiah. Untuk itu, segala informasi yang berkaitan dengan kompetisi ini, dapat diakses pada website IAIN Jember dengan alamat http://www.iain-jember.ac.id/”, ungkap Martoyo yang juga menjabat Kepala Laboratorium Fakultas Syariah IAIN Jember.(jono)

Masyarakat Petani Desa Tapal Kuda Tegaskan Dukungan untuk Khofifah-Emil

JEMBER (KoranTransparansi.com) - Masyarakat petani hutan desa yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) wilayah Tapal Kuda menegaskan dukungan terhadap pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

Dukungan yang dideklarasikan LMDH  rayon V di Warung Kembang Gumuk, Jember, Jawa Timur, Kamis (7/5/2018) ini sekaligus menegaskan dukungan sebelumnya disampaikan LMDH se-Jawa Timur.

Hadir dalam kesempatan tersebut ratusan masyarakat petani hutan desa dari bernagai wilayah Tapal Kuda. Mulai dari Bondowoso, Situbondo, Jember, Probolinggo hingga Banyuwangi. 

Berikut juga Ketua Tim Pemenangan Khofifah-Emil Jawa Timur, M Roziqi dan Ketua Masyarakat Desa Hutan Jawa Timur, NP. Adnyana. Ketua Forkom LMDH Jawa Timur, Buang Kurniawan dan seluruh petani desa hutan.

Ikrar dukungan dilengkapi dengan tandatangan seluruh masyarakat petani desa di lembar dukungan.

Ketua LMDH Jember, Nur Rohim mengatakan bahwa masyarakat petani desa seluruhnya mendukung pasangan nomor 1. Rohim menilai Khofifah punya komitmen kuat untuk bekerja membangun masyarakat desa.

"Dengan bukti tandangan itu semoga tidak ada lagi pembohongan publik, bahwa tekad dukungan ini diberikan untuk ibu Khofifah dan mas Emil. Semoga nomor satu jadi," tegas Rohim.

Sementara itu, Khofifah menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan LMDH. Masyarakat hutan desa, Khofifah menyampaikan, memiliki hak yang sama untuk mendapatkan seluruh fasilitas yang diberikan pemerintah.

"Saya menyampaikan terima kasih panjengan hadir untuk membangun kekuatan. Taglinenya kerja bersama untuk Jatim bersama. Artinya bagaimana masyarakat yang sekitar hutan terlindungi. Masyarakat wilayah sekitar hutan adalah pemilik sah tanah di negeri ini," pungkas Khofifah. (min)

Agar Pancasila Masuk ke Hati Masyarakat

JEMBER (KoranTran sparansi.com) - Pemerintah Kabupaten Jember merayakan Hari Lahir Pancasila dengan menggelar berbagai kegiatan selama satu bulan. Potensi di masyarakat terlibat dalam peringatan ini.

Plt. Kabag Humas dan Protokol Pemkab Jember Ir. Herwan Agus Darmanto, MPd. menjelaskan, peringatan selama sebulan dengan melibatkan unsur-unsur dalam masyarakat bertujuan agar Pancasila masuk ke hati warga.

“Hari lahir Pancasila seyogyanya tidak dirayakan oleh pemerintah saja, tetapi juga oleh kalangan swasta juga masyarakat. Sehingga nantinya diharapkan masuk ke dalam hati seluruh anggota masyarakat,” ungkap Herwan, Kamis (31/5/2018).

Apabila sudah masuk dalam hati tiap anggota masyarakat, maka masyarakat Jember tidak mudah dipecah-pecah atau diperngaruhi hal yang jelek-jelek.

Herwan menegaskan, Pancasila menjadi alat pemersatu bangsa yang telah menjadi kekuatan Bangsa Indonesia. Karena itu, 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila merupakan hari yang istimewa. Karena menajdi pemersatu bangsa patut dirayakan oleh semua unsur masyarakat.

Kabag menyebutkan, peran masyarakat seperti dunia usaha perhotelan dan sejenisnya bisa dengan memasang spanduk maupun banner peringatan Hari Lahir Pancasila. Maupun membuat kegiatan yang terkait perayaan.

1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila telah ditetapkan oleh presiden. Untuk memperingatinya, Pemerintah Kabupaten Jember mencanankan perayaan dengan berbagai kegiatan selama satu bulan.

Diantaranya upacara yang diselenggarakan di Alun-alun Jember, di seluruh kecamatan, dan di seluruh sekolah mulai tingkat SD, SMP, dan SMA. Ada juga pemberian Akta Lahir Pancasila Sakti di tiga rumah sakit pemerintah, talk show kebangsaan, dan kegiatan lainnya.

Dalam peringatan tahun ini, lanjut Herwan, mengangkat tema Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi.

Pancasila sudah ditetapkan hari lahirnya oleh presiden 1 Juni. Pemerintah Kabupaten Jember mencanangkan perayaan ini dengan upacara dan kegiatan selama sebulan. Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini yakni Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi. Ini tema yang sangat luar biasa.

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR dalam kesempatan wawancara dengan wartawan menegaskan peringatan Hari Lahir pancasila menjadi kewajiban bersama. “Ini kewajiban bersama,” katanya di Pendapa Wahyawibawagraha.

Dalam satu bulan ada 21 kegiatan yang melibatkan masyarakat, pemerintah, dunia pendidikan, masjid, pondok pesantren, guru ngaji, maupun dunia kesehatan. (eka)

IAIN Jember Gelar Dialog Kebangsaan

Jemmber (KoranTransparansi.com) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggelar Dialog Nasional Kebangsaan dan Bedah Buku Tata Kelola Kekayaan Negara. Dialog kebangsaan ini dimaksudkan sebagai respon kalangan perguruan tinggi terhadap realitas kemandirian bangsa.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Abdullah Samsul Arifin menegaskan, saat ini diperlukan kesadaran kolektif akan persoalan bangsa yang menjadi tanggung jawab semua elemen, termasuk dari unsur perguruan tinggi. 

“Kami menyadari betul bahwa perguruan tinggi berperan penting dalam menghadapi persoalan bangsa. Maka, dialog kebangsaan ini setidaknya menjadi momentum untuk mengambil bagian dalam upaya menghadirkan bangsa yang kompetitif,” tegas Dekan FTIK saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara dialog Kebangsaan di gedung kuliah terpadu IAIN Jember, Kamis (19/4).

Dikatakan Abdullah, bangsa ini membutuhkan kepercayaan diri untuk bisa tampil sebagai bangsa mandiri. Menurutnya, semangat kemandirian jangan sampai tergadaikan oleh kepentingan asing yang berdampak pada ketimpangan struktur sektor-sektor ekonomi strategis.

“Konsolidasi ide dan pemikiran untuk mendapatkan apa yang dicita-citakan pendiri bangsa saat ini sangat dibutuhkan. Kita bisa berdialog sesuai dengan bidang masing-masing. 

Dari unsur pendidikan misalnya, kita bisa mendiskusikan reorientasi pendidikan yang menjamin meningkatnya marwah dan martabat bangsa,” terang doktor alumni UIN Sunan Ampel Surabaya itu.  

Di tempat yang sama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FTIK IAIN Jember Hafidz menegaskan bahwa kemandirian bangsa merupakan persoalan serius yang harus disoroti. Karena itu, dialog kebangsaan menjadi momentum untuk menyuarakan dan memastikan cita-cita seluruh elemen masyarakat.

“Kemandirian bangsa adalah cita-cita seluruh elemen masyarakat sejak Indonesia merdeka sampai saat ini. Kalau bangsa ini mandiri, tentu akan menciptakan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia”, ungkap Hafidz.

Menurut Hafidz, kekayaan sumber daya Indonesia sangat besar. Karena itu, kemandirian bangsa menjadi keniscayaan yang harus diraih. “Semangat dan cita-cita kemandirian dalam perspektif kebangsaan dan kemerdekaan  harus kita wujudkan. Kita harus mampu membebaskan diri dari ketergantungan pada negara lain,” kata Hafidz

Dialog yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) IAIN Jember bidang kemahasiswaan ini dipandu oleh Dosen FTIK IAIN Jember Erfan Efendi. 

Hadir sebagai narasumber antara lain Ali Masykur Musa, Wartawan Senior Muhlisin serta Aktifis Muda NU Abdul Haris AR.(jon)

Mengawali kampanyenya di Jember, Syaifullah Yusuf sempat main Voli, menyapa ribuan warga, lalu Gus Ipul membaur dengan peserta Car Free Day pada Minggu (15/4/2018)

JEMBER (KoranTransparansi.com) - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), mengawali kegiatan kampanye di hari Minggu (15/4/2018) dengan mengikuti senam di car free day kawasan Jenggawah, Jember. 

Mengenakan kaos dan celana Jean, keponakan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini bergabung di Car free Day sekitar pukul 06.00 WIB.

Bersama wakil bupati Jember Mukid Arief yang sedang cuti, Gus Ipul menyapa peserta Car free Day bahkan sempat ikut senam aerobik dan bermain bola voli bersama warga.

Setelah menyapa dan berdialog sebentar, Gus Ipul lantas menuju Car free Day yang ada di seputaran alun-alun Jember.

"Selamat pagi bapak, ibu-ibu. Sehat ya," sapa Gus Ipul, sambil menyalami beberapa pengunjung Car free Day di seputaran alun-alun Jember.

Menurut Gus Ipul, gaya hidup sehat harus dibudayakan dengan rajin berolah raga. Salah satu caranya adalah jalan sehat seperti yang dilakukan ribuan warga Jember di Car free Day.

"Ada tiga cara menjaga kesehatan, pertama olahraga Seperti bapak-bapak dari komunitas sepeda ini. Mereka sehat-sehat karena rajin berolahraga," kata Gus Ipul sambil selfie bersama belasan anggota komunitas ontel Jember.

"Selain itu, juga harus makan sayur-sayuran serta cek kesehatan setiap enam bulan sekali," jelas Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode ini. 

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul juga mengungkapkan untuk program kesehatan inipula, dirinya dan Puti Guntur Soekarno, telah menyiapkan program Laras Hati yang merupakan kepanjangan dari Layanan Merata Berkualitas Sehat dan Inovatif.

Program Laras Hati menyiapkan berbagai infrastruktur untuk memberikan pelayanan di bidang kesehatan. 

Di antaranya melalui Kartu Jatim Sehat. Kartu ini diberikan kepada masyarakat yang belum terdaftar di BPJS maupun Jamkesmas. 

Sementara dari sisi pelayanan kesehatan, pasangan ini akan menyiapkan Unit Pelayanan Kesehatan Tanpa Tolak.

Tak lupa, Gus Ipul pada kesempatan ini juga mengajak para peserta car free Day untuk menyanyikan jingle kampanye, Kabeh Sedulur. 

Mereka bernyanyi dengan diiringi pengamen. 

"Kami mengajak semua untuk sehat. Makmur satu, makmur semua. Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur," lanjut Gus Ipul. 

Kegiatan Gus Ipul hari ini merupakan rangkaian kampanye pertama usai libur kampanye, Isra'Miraj, Sabtu (14/4/2018).

Selama di Jember, Gus Ipul akan berkampanye ke sejumlah titik. Termasuk dengan menghadiri kampanye akbar yang dipusatkan di Jember. (min)

Di Jember Khofifah Indar Parawansa juga didoakan para Kiai dan ribuan massa menjadi Gubernur Jawa Timur pengganti Pakde Karwo

JEMBER (Korantransparansi.com) - Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menutup navigasi program di wilayah Jember dengan berzikir bersama masyarakat Jember di Pondok Pesantren Al-Qadiri Jember. Khofifah disambut meriah masyarakat Jember yang hadir.

Kedatangan Khofifah di Ponpes disambut langsung Pengasuh Pesantren Al-Qadiri, KH. Achmad Muzakki Syah, Jember, Jawa Timur, Kamis (5/7/2018). Masyarakat riuh menyambut Khofifah menyemut tempat berdiri untuk bersalaman.

Lautan manusia di lapangan Ponpes Al-Qadiri berdiri menyambut kedatangan Khofifah. Mereka silih berganti mengambil kesempatan bersalaman dan memeluk Ketua Muslimat NU tersebut.

Di pangung, Khofifah pun disambut para kiai yang hadir. Menteri Pemberdayaan era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini pun khidmat ikut berzikir bersama ratusan ribu masyarakat Jember yang hadir. 

Dalam kesempatannya, Kiai Muzakki pun mengenalkan Khofifah dan meminta kepada masyarakat Jember untuk mendoakanya agar dipemudah memimpin Jawa Timur.

"Di sini ada calon Gubernur Jatim, namanya ibu Khofifah Indar Parawansa. Semoga Allah ijabah dan sukses menjadi Gubernur. Mudah-mudahan sukses terpilih di Jawa Timur ini. Alfatihah," ucap Kiai Muzakki memimpin doa.

Kemudian, Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, KH Asep Syaifudin ikut menyosialisasikan kehadiran Khofifah. Menurutnya, Khofifah adalah pilihan tepat untuk Jawa Timur.

"Yang akan menjadi pemimpin yg mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ucap Kiai Asep.

Kehadiran Khofifah itu pun menjadi magnet perhatian masyarakat yang hadir. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Umum PPP, Romahurmuziy. (min)

  •  Start 
  •  1 
  •  End 
banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...