DAERAH

Published in DAERAH

Rp 1.890.000 bansos PKH tahap terakhir di Lamongan

Dec 12, 2017 Publish by 
Ibu Ibu di Lamongan Jawa Timur penerima manfaat dari Kementrian Sosial RI tahap terakhir .
Ibu Ibu di Lamongan Jawa Timur penerima manfaat dari Kementrian Sosial RI tahap terakhir . (kt/ard)

LAMONGAN (KT) - Penyaluran bantuan sosial (BANSOS) Program Keluarga Harapan (PKH) dari kementerian sosial untuk keluarga penerima manfaat (KPM)sebesar Rp.1.890.000 tahap ke empat adalah tahap terakhir secara nasional yang pencairannya di bagi dalam empat tahap.

Kecamatan Kembangbahu kabupaten Lamongan Selasa (12/12) melakukan penyaluran bansos PKH untuk keluarga penerima manfaat  tahap ke empat sebanyak 2.000 lebih di tahun 2017.

Minah (34) warga desa Lopang kecamatan Kembangbahu penerima bansos PKH mengungkapkan sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini kementerian sosial (kemensos) yang sudah memberikan bantuan untuk keluarga miskin yang ada di Lamongan.

Pihaknya mengatakan dengan bantuan itu bisa sedikit mengurangi beban biaya hidup keluarganya. 

" Alhamdulilah dengan adanya bantuan dari menteri sosial melalui bansos PKH anak saya bisa meneruskan sekolah hingga ke jenjang SMA," tuturnya.

Sementara itu, koordinator kabupaten (Korkab) PKH kabupaten Lamongan Dwi Hari.M menjelaskan di tahun 2018 yang akan datang jumlah KPM akan ditambah menjadi 15.721 ribu sebelum di validasi, dan setelah di validasi yang memenuhi syarat tinggal 8.035 ribu.

Sedangkan untuk yang jilid dua, jelas Dwi Hari diperkirakan masih ada tambahan lagi untuk di validasi, untuk data awal mulai hari ini awal Desember 2017 sebanyak 17.836 yang sudah diproses di tahun 2018 yang tersebar di 27 kecamatan yang ada di Lamongan.

Ia menuturkan yang jadi masalah saat ini adalah penerima yang sudah meninggal, karena di tahun ini tidak bisa di cairkan, " saya sudah koordinasi dengan pusat dan alhamdulilah di tahun depan sudah bisa di cairkan, untuk yang meninggal bisa di berikan melalui ahli warisnya, untuk yang di luar kota atau TKW juga bisa di cairkan melalui saudaranya, termasuk yang kena masalah juga bisa di cairkan, tapi harus ada surat keterangannya," ucapnya.

Beliau menambahkan keluarga penerima manfaat (KPM) melalui bansos PKH  di Lamongan, semuanya sudah bisa menerima santunannya selama ini, meski harus di laksanakan selama empat tahap proses pencairannya. (ard)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...