Gresik

Published in Gresik

WAGOS Jadi Obyek KKN INKAFA & Alternatif Wisatawan Di Gresik

Aug 06, 2018 Publish by 
Sudarmono saat memberikan materi menejement pada Karangtaruna dan mahasiswa Inkafa yang sedang melakukan KKN di Gosari  Ujungpangkah Gresik, Minggu (5/8/2018)
Sudarmono saat memberikan materi menejement pada Karangtaruna dan mahasiswa Inkafa yang sedang melakukan KKN di Gosari Ujungpangkah Gresik, Minggu (5/8/2018) (kt/ais)

Gresik (KoranTransparansi.com) -  Tempat Wisata Alam Gosari (Wagos) di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik, diharapkan kedepannya menjadi tempat wisata alam andalan sekaligus menjadi alternatif bagi wisatawan lokal dan dan mancanegara di Jawa Timur.

Bukan saja lokasinya yang masih perawan, namun Wagos memiliki nilai sejarah yang tinggi. Setidaknya ada tiga obyek yang bisa dikunjungi diantaranya adalah sumber mata air (satu kolam dan mata air).

Lalu ada areal spot foto yang cantik dan  situs peninggalan Mojopahit. Situs ini ditemukan sekitar delapan tahun lalu. Dan sekarang Wagos terus dikembangkan serta dilengkapi kebutuhan lain untuk memenuhi kebutuhan tempat wisata.

Desa Gosari saat ini menjadi tujuan Mahasiswa Institut Keislaman Abdullah Faqih (Inkafa) melakukan Kuliah Kerja Nyata KKN selama sebulan sejak 9 Juli lalu. Ini adalah periode kali ketiga Inkafa KKN di Desa Gosari. kata Nurul salah satu mahasiswa yang sedang KKN di desa itu.    

Inkafa dan pemangku Desa Gosari, Minggu (5/8/2018) juga mengundang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Provinsi Jawa Timur untuk memberikan pembekalan kepada perangkat Desa dan Mahasiswa yang sedang KKN. Ini untuk menambah pengalaman soal menejemen bisnis wisata maupun organisasi kepemudaan.

Hadir dalam kesempatan pertemuan terebut selain Sekdes Munir, juga Ketua Karang Taruna Mujib dan pengelola tempat wisata Wagos. Sedangkan dari LPM Provinsi Jawa Timur Wakil Ketua Bidang Humas H Amin Istighfarin,S.Sos, Wakil Sekretaris Fatkurahman,SE, Wakil Ketua bidang Ketenagakejaan, Pemuda dan Olahraga Dwi Sudarmono Wanudyantanto,ST, Sekretaris Korbid SDM Abdul Basith Arham,S.Psi. 

Sudarmono memberikan materi menegement bisnis pariwisata sedangkan Arham memberikan meteri optimilisasi menejement insan pariwisata. 

Meski Wagos ini sudah lama menjadi tempat wisata baru di Kabupaten Gresik  namun belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya akibat minimnya promosi. Kendala utamanya malah terjadi pada person pengelolanya. Misalnya tidak semua masyarakat atau Karangtaruna bersdia menjadi pengurus paguyuban. ujar Mujib, Ketua Kartar Desa Gosari Kecamatan Ujungpangkah Gresik. 

Ditambahkan pula bahwa faktor kedua ternyata selama ini belum terbentuk kepengurusan. Sehingga untuk memilih siapa yang menjadi ketua saja mengalami kesulitan. Padahal Wagos ini bisa mendatangkan uang. 

Dan ketiga karena minimnya pengalaman menejement berujung pada kelambatan pengembangan Wagos. Usai paparan dilanjutkan dengan diskusi terbuka. 

Sekretaris LPM Provinsi Jawa Timur Fatkurahman mengatakan lembaganya siap melakukan pendampingan agar Wagos lebih berdaya  . Bentuk bantuan yang bisa diberikan pada langkah awal dengan memberikan bantuan pelatihan menejement dan diklat bagi pengurus Wagos. "organisasi Wagos harus ditata dengan baik," tandasnya.

LPM Provinsi Jawa Timur perlu bertemu dengan kepala Desa setelah Pak Kepdes pulang dari Ibadah haji . Wagos ini diyakini akan menjadi tempat wisata andalan. Potensinya sangat besar. kata Fatkur. (ais)  

 

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...