Blitar

Published in Blitar

Kesulitan Peternak Ayam Blitar Terurai Setelah Khofifah Datang

Apr 01, 2018 Publish by 
Calon Gubernur Khofifah Indar Parawansa  ketika menemui peternak Ayam di Kabupaten Blitar Sabtu (31/3/2018)
Calon Gubernur Khofifah Indar Parawansa ketika menemui peternak Ayam di Kabupaten Blitar Sabtu (31/3/2018) (MIN)

 

Blitar (Korantransparansi.com) - Navigasi program calon gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa berlanjut di Kabupaten Blitar, Sabtu (31/3).

Sebanyak 200 peternak ayam di Desa Suruwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar sumringah saat bisa berhadapan langsung dengan calon gubernur ini. Peternakan ayam ini disambangi Khofifah untuk mengecek pengaruh program pemerintah Bantuan Pangan Non Tunai pada peternak tel 

"Saya mendengar produksi telur dan harga pakan ayaRangkaianm contohnya jagung di sini menurun, karena tidak imbang antara biaya operasional pakan dan harga telur di pasar,maka kami langsung memberikan langkah solusi dan alhamdulillah dapat solusi dari Dirjen Tanaman dan Pangan Dr Gatot Iriyanto, " jelasnya. 

Khofifah menjelaskan jika tahun lalu ada data bahwa kebutuhan telur di Jatim ini 1,5 juta kilogram per bulan, yang bertahap akan meningkat sampai 2,5 juta kilogram telur per bulan sampai bulan Oktober tahun ini.

Kebutuhan telur itu dihitung dari pasar baru yaitu para warga miskin penerima bantuan non tuan rastra yang dikonversi menjadi beras dan telur. Sehingga seharusnya para peternak telur di Jatim mengalami peningkatan produksi dengan meningkatnya demand.

Lebih lanjut, menurut Khofifah, saat ini menjadi momen yang urgen bagi pemerintah untul melihat pemenuhan kebutuhan gizi dan kalori masyarakat tidak mampu. Karena adanya program bantuan pangan nom tunai ini harus ditebus masyarakat dengan beras maupun telur.

"Dengan adanya peningkatan demand, maka seharusnya produksi petenak akan meningkat, lalu kalau produksi meningkat, maka mereka akan menambah tenaga kerja, kalau menambah tenaga kerja maka akan meningkat daya beli masyarakat, jadi program ini seperti circle yang saling terkait," imbuhnya.(min)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...