Banyuwangi

Published in Banyuwangi

Warga Banyuwangi Doa & Ucapkan Belasungkawa Untuk Korban NTB

Aug 06, 2018 Publish by 
Peserta lomba Parade Kebangsaan HUT RI ke 73 di Desa Gintangan, Banyuwangi pada Senin (6/8/2018)
Peserta lomba Parade Kebangsaan HUT RI ke 73 di Desa Gintangan, Banyuwangi pada Senin (6/8/2018) (kt/def)

BANYUWANGI (KoranTransparansi.com) – Warga Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi melakukan doa dan ucapan belasungkawa atas tragedi gempa bumi di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu Malam (5/8/2018). 

Sebelum menggelar lomba ‘Parade Kebangsaan’ di lingkungan RW 2 Dusun Kedungbaru pada Senin sore (6/8/2018), peserta lomba dan warga setempat menggelar doa untuk keselamatan warga NTB.

“Segenap warga Gintangan turut berbelasungkawa atas gempa di Lombok. Semoga saudara kita di NTB diberi kekuatan dan ketabahan,” ungkap Ketua RW 2 Dusun Kedungbaru, Miftahul Huda.

Gempa berkekuatan 7 Skala Richter tersebut juga terasa di Banyuwangi. “Gempa terasa keras sekali. Warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” ungkap warga setempat, Ahmad Saidi.

Sementara itu, Kepala Desa Gintangan, Rusdianah mengajak warga untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan agar diberi kekuatan iman dan keselamatan.

“Semoga saudara-saudara kita di NTB diberi ketabahan dan kekuatan menghadapi musibah ini. Kepada korban yang meninggal dunia semoga diberi tempat yang layak disisiNya,” kata Rusdianah.

Warga perlu diberi pelatihan menyelamatkan diri

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, Rusdianah berharap ada pelatihan kepada warga tentang cara menyelamatkan diri saat terjadi peristiwa bencana alam.

“Masyarakat perlu diberi pemahaman bagaimana mereka harus bertindak saat bencana terjadi. Hal ini untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa,” ujar kepala desa perempuan ini.

Untuk itu, sebagai upaya untuk melindungi masyarakat dari berbagai musibah bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia, Pemerintah Desa Gintangan akan berkoordinasi dan meminta bantuan dinas terkait untuk memberi pelatihan menyelamatkan diri saat bencana. (def)

 

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...