Banyuwangi

Published in Banyuwangi

Demokrat Optimis 12 Kursi, PKS Targetkan 7 Kursi

Jul 17, 2018 Publish by 
KPU--: Faisol Azis Saat Menerima  Bukti Pendaftaran Bacaleg
KPU--: Faisol Azis Saat Menerima Bukti Pendaftaran Bacaleg ((kt/ari)

BANYUWANGI (KoranTransparansi.com) - Partai Demokrat dan PKS, Selasa (17/7/2018) mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi. Mereka mendaftarkan 50 orang bacalegnya masing-masing. Bahkan, pendaftaran tersebut langsung dipimpin ketuanya. Untuk partai demokrat Michael Edy Haryanto, SH dan PKS langsung dipimpin Faisiol Azis. Mereka diterima Ketua KPU Banyuwangi, Samsul Arifin, S.Pd.I.

Sedang pemeriksa berkas pencalegan dari partai langsung ditangani Suherman, SE dan Edi Saipul Anwar, SE. Usai memeriksa kelengkapan bacaleg masing-masing partai, KPU langsung memberikan surat bukti penerimaan pendaftaran bacaleg.

Usai mendaftar, Ketua Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Haryanto, SE menyatakan kalau bacaleg dari demokrat sudah lengkap. Saat penjaringan ada 120 orang, tetapi setelah di verifikasi partai akhirnya ada 50 orang bacaleg yang didaftarkan ke KPU. “Target kami 12 orang yang bakal mengisi kursi di DPRD,” tandas Michael kepada wartawan, Selasa (17/7/2018) di gedung KPU Banyuwangi.

Bahkan, untuk memperoleh 12 kursi tersebut, bacaleg sudah dipersiapkan amunisi dan caleg yang handal. Tidak ada strategi khusus untuk bacaleg. Tapi, partai itu adalah pengabdian kepada masyarakat. “Nah, bacaleg demokrat harus meyakinkan masyarakat dan harus turun ke masyarakat. Karena, partai politik itu untuk mengabdi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakan Michael, untuk kuota perempun diatas 30 persen lebih. Bahkan, para bacaleg semuanya kader partai demokrat. Kalau ada orang lain yang ingin mendaftar bacaleg, harus menjadi kader partai demokrat. “Jadi, semua bacaleg harus turun untuk meyakinkan kepada masyarakat. Karena, kita mengabdi kepada masyarakat,” beber Michael.

Setelah Partai Demokrat, PKS Banyuwangi langsung mendaftar. Kalau demokrat, 50 orang bacaleg dihadirkan semua, tapi PKS hanya beberapa pengurus dan sebagian bacaleg yang ikut hadir dalam pendaftaran tersebut. “Alhamdulillah PKS sudah memenuhi slot yang diminta KPU. Sedangkan kuota perempuan justru lebih banyak. Untuk kuota perempuan di PKS 42 persen kebih,” ujar Ketua KPS Banyuwangi, Faisol Azis kepada wartawan usai mendaftar di kantor KPU Banyuwangi, Selasa (17/7/2018).

Faisol tidak muluk-muluk dalam mentarget kursi di DPRD Banyuwangi. Kalau sebelumnya ada dua orang wakilnya di DPRD, pemilu kali ini hanya mematok 7 kursi. Ditanya apakah ada jurus-jurus tertentu, Faisol hanya merendah. “PKS hanya perbanyak silahturahmi dan ketemu orang banyak. Dan, tentunya ketemu banyak orang untuk memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya. Itu senjata kami, silahturhami,” paparnya.

Komisioner KPU Banyuwangi, Suherman, SE mengaku hingga siang sudah ada 7 partai yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU, yakni PBB, PKB, PDIP, Nasdem, Golkar, Demokrat dan PKS. Tinggal 9 partai yang belum. Tapi, kata Suherman, diirinya sudah melakukan koordinasi dengan ketua-ketua parpol yang belum mendaftar. “Tapi, mereka ada sudah kontak kalau pukul 22.00 akan mendaftar,” ujarnya kepada wartawan usai menerima partai demokrat dan PKS di KPU Banyuwangi, Selasa (17/7/.2018).

Namun kalau ditunggu hingga pukul 24.00 tidak mendaftar, secara otomatis mereka absen mengikuti pemilu tahun 2019 mendatang. “Kalau nanti ditungga hingga pukul 24.00 tidak mendaftar ke KPU, ya otomatis absen tidak ikut pemilu,” papar Suherman.(ari)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...