Banyuwangi

Published in Banyuwangi

Pansus Bersikeras Pertahankan Judul Raperda Pengembangan Pertanian Organik

May 23, 2018 Publish by 
Andik Purwanto
Andik Purwanto (kt/ari/adv)

 

BANYUWANGI (KoranTransparansi.com) - Ketua Pansus Raperda pengembangan pertanian organik DPRD Banyuwangi, Andik Purwanto mengatakan, saat pembahasan awal, Pansus bersama Dinas pertanian, prinsipnya sangat mendukung atas diajukanya raperda pengembangan pertanian organik yang merupakan usulan dewan.

“Prinsip dan semangatnya teman-teman pansus dengan Dinas Pertanian mendukung adanya raperda ini, dengan harapan kedepan ada regulasi daerah yang mengatur sistem pertanian organik,” tandas Andik Puwanto kepada wartawan di gedung DPRD Banyuwangi, Selasa (22/05/2018).

Bahkan, Pansus DPRD Kabupaten Banyuwangi bersikeras mempertahankan judul Raperda Pengembangan Pertanian Organik, meski eksekutif mengusulkan agar judul raperda diubah menjadi Raperda Pengembangan Pertanian Ramah Lingkungan.

Selain itu, untuk menghasilkan Perda yang berkualitas, Dinas Pertanian berencana mengusulkan beberapa pokok pikiran terkait dengan pengembangan pertanian organik di Banyuwangi. Di dalam raperda pengembangan pertanian organik ini, tidak hanya pada produk tanaman padi. Tetapi juga tanaman hortikultura, seperti sayuran dan buahan.

“Nantinya pokok-pokok pikiran yang diusulkan oleh eksekutif atau Dinas Pertanian kita sandingkan dengan Raperda usulan dewan untuk dibahas bersama. Jadi pembahasannya masih panjang, “ beber Andik.

Selanjutnya terkait dengan usulan Bupati Banyuwangi, agar judul raperda diubah menjadi Raperda pengembangan pertanian ramah lingkungan. Setelah Pansus melakukan kajian beberapa judul raperda, seperti raperda pertanian ramah lingkungan, raperda tanaman sehat, ternyata menurut pandangan Pansus substansinya sama.

“Dalam pembahasan, beberapa usulan judul raperda subsatansinya sama mengarah kepada tanaman organik,” ungkap Politisi Partai Gerindra asal Pesanggaran ini.

Menurut Andik Purwanto, yang terpenting dalam regulasi ini mengatur sistem pertanian yang tidak mengunakan bahan kimia, sehingga menghasilkan produk pertanian yang sehat dan ramah lingkungan. (ari/adv) 

 

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...