Banyuwangi

Published in Banyuwangi

Dalam Waktu Dekat, Banyuwangi Miliki RS Hewan

Jan 10, 2018 Publish by 
Kadis Pertanian, Drs H Arief Setiawan
Kadis Pertanian, Drs H Arief Setiawan ((kt/ari)

BANYUWANGI (koran Transparansi) - Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di belakang Makodim Banyuwangi milik Dinas Pertanian Banyuwangi akan disulap menjadi Rumah Sakit (RS) Hewan. Hal itu menjadi rintisan RS Hewan untuk tahun 2018. Karena, di Jawa Timur ada 4 RS Hewan, termasuk Banyuwangi. Adanya RS Hewan tersebut menjadi rujukan bagi Puskeswan-puskeswan yang ada.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi, Drs H Arief Setiawan kepada wartawan kemaarin. “Pada tahun 2017 kita jadikan Puskeswan. Di Banyuwangi ini menjadi rintisan rumah sakit hewan banyuwangi. Untuk tahun 2018 ini kalau ada anggaran yang baru kita sesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhannya. Antara lain meja operasi, lighting, kamar-kamar untuk hewan, rawat inap,” ujar Arief.

Di Tahun 2018, kata Arief, sedang membuat regulasi dengan rumah sakit hewan. Rumah sakit hewan ini nantinya akan menjadi sebuah rujukan bagi puskeswan-puskeswan yang mempunyai kebutuhan terbanyak di Jawa Timur. 

“Kita punya 12 puskeswan harapan kami bentuk pelayanan kepada masyarakat menjadi bentuk yang benar-benar direct langsung. Kebutuhannya juga banyak masyarakat yang membutuhkan itu. Sekarang kan ada lifestyle baik hewan maupun setengah binatang,” paparnya.

Lokasinya di puskeswan Banyuwangi yang ada di belakang Kodim. Anggaran sementara alatnya saja,  karena masih belum mampu untuk memfasilitasi. Fasilitas yang ada ini ada usg, tempat beroperasi, tapi tak layak hanya operasi kecil saja dan belum memenuhi syarat. “Kita menggunakan puskeswan ini dan kita tingkatkan menjadi rumah sakit hewan. Jadi rintisan, di Jawa Timur baru ada 4, tapi milik Pemprov Jatim. Kalau yang Banyuwangi ini yang punya pemerintah daerah Banyuwangi,” papar mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Banyuwangi. (ari). 

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...