Berita Utama

Published in Berita Utama

Jokowi Nomor Urut 1, Prabowo Nomor 2 di Pilpres 2019

Sep 22, 2018 Publish by 
 Joko Widdo bersama Prabowo Soebianto
Joko Widdo bersama Prabowo Soebianto (kt/sam)

Jakarta (KoranTransparansi.com) - KPU telah melakukan tahapan pilpres. Jumat malam KPU sbagai penyelenggara pemilu melaksanakan pengundian nomor urut capres-cawapres peserta Pilpres 2019. Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat nomor urut 1, sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat nomor urut 2.

Adalah Ketua KPU Pusat Arief Budiman yang membuka resmi undian sekaligus memimpin jalanya undian tersebut bersama komisioner lainya. Pengundian dilakukan di ruang sidang utama gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018) malam.

Sebelum mengambil nomor urut, cawapres dari kedua kubu mengambil undian 'tahap pertama' untuk menentukan siapa yang lebih dulu untuk mengambil nomor urut capres/cawapres. Cawapres yang mendapat angka terkecil dipersilakan lebih dulu mengambil undian nomor urut peserta Pilpres 2019.

Sandiaga Uno mendapat angka 1, sementara Ma'ruf Amin memperoleh angka 10. Alhasil, Prabowo dipersilakan lebih dulu mengambil nomor urut. 

Saat giliran Jokowi mengambil undian, Ma'ruf Amin terlebih dahulu memimpin doa. Prabowo-Sandiaga juga ikut berdoa bersama.

Usai nomor urut dibacakan, para pendukung lalu mengangkat atribut pasangan calon yang mereka siapkan. Sudah ada angka pada atribut tersebut.

Pada Pilpres 2014, Prabowo, yang saat itu berpasangan dengan Hatta Rajasa, mendapat nomor urut 1. Sedangkan Jokowi, yang berpasangan dengan Jusuf Kalla, mendapat nomor urut 2. (sam)

 

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...