Berita Utama

Published in Berita Utama

SIKEDIP PPID Kalbar Kunci Sukses Kelola Informasi Publik

Mar 01, 2018 Publish by 
Aktivis Komisi Informasi Jawa Timur Djoko Tetuko bersama Ketua PPID Pemprov kalbar dan Komisoner Komisi Informasi Kalbar.
Aktivis Komisi Informasi Jawa Timur Djoko Tetuko bersama Ketua PPID Pemprov kalbar dan Komisoner Komisi Informasi Kalbar. (kt/jt)

 

Pontianak (KoranTransparansi) - Sistem Kelola Daftar Informasi Publik (SIKEDIP) PPID Kalimantan Barat, merupakan kunci sukses dalam mengelola informasi publik, lebih terbuka dan berbasis teknologi informasi, sehingga menjadi juara pertama pemeringkatan katagori Pemerintah Provinsi yang diselenggarakan KI Pusat.

Demikian pernyataan Ketua PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Utama Pemprov Kalbar, H. Syarif Yusniarsyah, saat menerima perwakilan dari PPID Jatim melakukan studi banding di ruang kerja Biro Humas dan Protokol, Kamis (1/3/2018).

Menurut Syarif Yusniarsyah yang juga Kabiro Humas dan Protokol Pemprov Kalbar, dengan SIKEDIP maka kita meyakinkan masyarakat supaya lebih mengetahui dan memahami keterbukaan informasi publik yang dikelola PPID Pemprov Kalbar secara terbuka beserta dokumennya, sehingga masyarakat memberi kepercayaan kepada pemerintah,” kata Yus —-panggilan akrabnya—, kamarin.

SIKEDIP, lanjut Yus, bukan hanya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemprov Kalbar, tetapi itu juga menambah hubungan yang harmonis dengan semua pihak termasuk wartawan dan LSM supaya kinerjanya saling mendukung untuk memberitakan hasil pembangunan sesuai dengan kenyataan yang ada, sehingga dengan keterbukaan informasi publik semua bisa diberitakan dengan baik,” ujarnya.

Yus juga menjelaskan, walaupun sudah terbuka dan baik, namun masih ada berita yang terus menerus dipantau dan disaring supaya tidak sampai salah menyampaikan atau menyebarluaskan kepada publik, sehingga PPID bersama bagian penyaringan informasi juga memberikan data, informasi, dan dokumentasi serta penjelasan untuk memberikan informasi yang jelas, tegas dan bertanggungjawab melalui sistem kelola internet yang terintegrasi.

Selain itu, ia juga menegaskan, bahwa selama ini terus meningkatkan kerjasama dengan Perangkat Daerah (SKPD) dan 14 PPID kabupaten/kota se Kalbar. “Kita berharap PPID harus kuat dengan sistem yang sudah ada,” katanya.

Kekuatan PPID itu, lanjut Yus, Pemprov Kalbar juga kuat dan media juga mendukung. Sebab dukungan media sangat penting , karena bisa menghacurkan juga bisa mengangkat harkat dan martabat serta Marwah pemerintah. “Dan kuncinya ada komitmen dari pimpinan seperti SK pak Sekda supaya semua memberikan dukungan dalam SEKEDIP,” tandasnya didampingi Fahrul Amri, Kabag Dokumentasi. 

Bagian Pelayanan Informasi PPID, Uslan, menjelaskan bahwa SIKEDIP dibangun khusus dengan percepatan untuk membuka informasi publik dengan memberikan daftar informasi publik. 

“SIKEDIP sengaja kita perkuat dengan daftar informasi publik beserta dokumennya dan sekarang sudah 17 OPD masuk sistem, dan tahun 2018 terus dikembangkan sampai 42 OPD serta seluruh kabupaten/kota,” ujar Uslan seraya menunjukkan kecanggihan SIKEDIP PPID Pemprov Kalbar.

Dalam kesempatan itu juga turut memberikan penjelasan 3 komisioner KI Kalbar, Chatarina, Amirullah, dan Syarif M Heri, mengenai kerjasama dalam membentuk PPID dan mendukung penguatan keterbukaan informasi publiknya melalui SIKEDIP. (JT)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...