Berita Utama

Published in Berita Utama

Legislatif Belum Terusik Kinerja KONI Jatim

May 04, 2017 Publish by 
Gubernur Jawa Timur Soekarwo memberikan sambutan pengarahan di acara pelantikan pengurus KONI Jawa Timur di Gedung Grahadi Surabaya
Gubernur Jawa Timur Soekarwo memberikan sambutan pengarahan di acara pelantikan pengurus KONI Jawa Timur di Gedung Grahadi Surabaya KT/Istimewa

Beri Maaf untuk Prestasi Tak Hebat di PON Jabar
---------------
Meskipun di beberapa event belum bisa meraih prestasi maksimal, DPRD Jatim menilai kinerja KONI Jatim masih on the track. Sebut saja di PON Jawa Barat lalu, Jatim hanya berada di urutan kedua di belakang Jawa Barat.
---------------

KINERJA KONI sampai saat ini masih dianggap berjalan baik. “KONI masih on the track seperti rencana semula,” terang Ketua Komisi E DPRD Jatim, Agung Mulyono. Prestasi yang diraih Jatim di PON lalu sepertinya dimaafkan.

Menurut Agung, Jatim tetap dianggap menjadi juara sejati, karena Jabar sebagai tuan rumah yang dinilai wajar merebut juara umum sementara Jatim nomor dua. Karena itu, meski tidak meraih prestasi puncak KONI Jatim masih mendapat maaf dari legislatif.

Hal lain yang dianggap sesuai jalur adalah keberadaan PON remaja yang menjadi even penggali bibit atlet potensial. ”PON remaja baru ada di Jatim, yang pernah ada ini yang perlu dipertahankan karena bisa menjaring bibit potensial sehingga ini bisa menjadi wadah yang baik,” terangnya.

Namun dia menyatakan akan tetap kritis terhadap kinerja KONI Jatim. Bagaimanapun KONI memiliki beban tanggung jawab terhadap masyarakat, karena mendapat pembiayaan dari APBD Jatim. Sejumlah target prestasi juga diharapkan terus meningkat.

Apalagi saat ini KONI sudah di tangan para pengurus baru. ”Kalau bisa prestasi harus meningkat. Ini menjadi PR kepengurusan baru. Kalau bisa ya tiap tahun prestasinya naik lebih dari kemarin. Jangan biasa-biasa saja,” tegasnya.

Disinggung soal anggaran untuk KONI, dirinya tidak bisa menjelaskan dengan detil. Menurutnya tahun ini anggarannya dikurangi. Namun hal ini diminta tidak menjadi halangan untuk meraih prestasi maksimal.

“Kalau anggaran yang ada dianggap kurang ya fokus pada beberapa cabor yang potensial saja. Jangan disebar, fokus beberapa cabor yang berprestasi dimaksimalkan, sehingga prestasi yang dicapai bisa maksimal,” terangnya.

Sementara itu kepengurusan KONI periode 2013-2017 terlihat lebih ramping. Yang biasanya berjumlah 119 orang, kini diciutkan menjadi 77 orang. Hal ini dilakukan sesuai amanah Gubernur Jatim Dr H Soekarwo yang meminta agar pengurus KONI Jatim lebih ramping.

Ini berdampak pada dihapusnya tiga bidang yang sebelumnya berjumlah 11 bidang. Tiga bidang yang dihapus itu adalah bidang kesehatan dan peningkatan gizi atlet, bidang penerapan Iptek dan Olahraga dan bidang Pendidikan dan penataran. Masing-masing bidang ini diisi lebih dari tiga orang. Dengan demikian, dari ketiga bidang ini lebih dari 10 pengurus yang terpental.

Menurut Wakil Ketua Umum KONI Jatim, La Nyalla Mattalitti saat ditemui di Gedung KONI Jatim mengatakan, sebelum melakukan perampingan tim formatur sudah melakukan evaluasi kinerja pengurus. Ada beberapa pengurus lama yang terkena perampingan karena tidak aktif.

“Banyak pengurus yang tidak aktif, karena mungkin sibuk dengan usahanya atau kegiatan lain. Ke depan, saya minta pengurus baru ini harus aktif, karena keaktifan pengurus ikut menentukan berhasil tidaknya organisasi,” paparnya.

Dia juga menegaskan kalau jumlah pengurus bisa berkurang karena KONI menetapkan aturan mereka yang tidak aktif langsung dicoret. Sebaliknya pengurus yang aktif dalam organisasi bakal mendapat reward yang diserahkan pada akhir tahun.

“Minimal kehadiran pengurus dalam satu bulan dua kali dan kalau ada yang tidak aktif langsung kita coret,” tegas La Nyalla.

Sedangkan Wakil Ketua II, M Nabil mengatakan walau organisasi KONI Jatim lebih ‘kurus’ namun ia optimis tidak mengganggu kinerja KONI dalam membina atlet.Sebab, KONI Jatim sudah mempunyai sistem dan terbukti mampu meningkatkan prestasi di PON XIX tahun 2016 di Jawa Barat. “Sistem yang sudah bagus ini tinggal dilanjutkan oleh pengurus baru ini,” katanya.(zal/abn)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...