Propinsi

Jelang HUT RI Polres Donggala Gelar Operasi Simpati

 

Donggala (KoranTransparasi.com) - Untuk menciptakan rasa aman dan mengurangi angka kecelakaan lalulintas jalan raya, yang tiap tahunnya menelan korban jiwa, pihak kepolisian Resor Kabupaten Donggala kembali menggelar operasi simpati tahun 2018. Operasi yang digelar hingga pekan depan, memfokuskan kelengkapan surat kendaraan bermotor baik roda dua, maupun roda empat.

Kapolres Donggala AKBP Ferdinand Suwarji menjelaskan, operasi simpati 2018 yang digelar pihak satuan lalulintas polres donggala merupakan upaya untuk mengingatkan kembali masyarakat khususnya pihak pengendara akan pentingnya aturan berlalulintas.

" Operasi simpati ini untuk mengingatkan kembali kesadaran masyarakat berlalulintas, "Jelas Kapolres Donggala AKBP Ferdinand Suwarji, Rabu (8/8/2018) melalu pesan singkat.

Menurut Kapolres, angka kecelakaan lalulintas  dalam tiap tahunnya bisa dikurangi dengan mentaati peraturan rambu lalulintas. Sedangkan untuk melihat tingkat kesadaran dan memberikan pelajaran berlalulintas maka diperlukan gelar operasi lalulintas.

Sebab menurut kapolres, pentingnya mentaati aturan berlalulintas merupakan salah satu cara, untuk menghindari lakalantas. Sebagai contoh, lakalantas yang terjadi dijalan Trans Donggala-Surumana tepatnya di Desa Tosale Kecamatan Banawa selatan Kabupaten Donggala. Dimana seorang pengendara bermotor berinisial AS (57), lepas kendali kemudian  terjatuh hingga akhirnya meninggal dunia.

Kronologis lakalantas kata Kapolres,  berawal sebuah sepeda motor honda Supra X 125 DN 4931 BP dikendarai AS (57), membawa 3 termos ikan rono. Kemudian, AS bergerak dari arah Donggala menuju arah Surumana  atau dari arah utara menuju arah Selatan.

Namun naas, saat melalui Jalan Trans Donggala-Surumana, desa Tosale Kecamatan Banawa selatan Kabupaten Donggala kendaraan terus bergerak cepat melintasi jalan pendakian yang agak menikung dijalur kanan, yang akhirnya pengendara lepas kendali kemudian terjatuh hingga  kepala korban mengalami benturan di bahu jalan sebelah kanan pada lajur arus lalu lintas berlawanan arah. 

Dari kejadian itu kapolres mengingatkan akan pentingnya peraturan berlalulintas sebagai upaya mengurangi angka kecelakaan berlalulintas.

"Taati peraturan rambu lalulintas, lengkapi surat2 kendaraan, sim, lengkapi perlengkapan kendaraan. Misalnya, lampu sein, nomor polisi, gunakan helm untuk roda dua dan berkendara saling menghormati dan saling menjaga keselamatan., "Himbau Kapolres. (nur)

Sambut 17 Agustus dan Idul Adha, Harga Umbul Umbul, Sapi dan Kambing Berfariasi

Palu (KoranTransparansi.com) - Menjelang Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 pada 17 Agustus 2018, para pedagang bendera dan umbul umbul mulai menjamur. Khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah Kota Palu, para pedagang atribut 17 an itu menjajahkan barang dagangannya dibeberapa titik pusat kota palu. 

Terpantau pada Kamis (2/8/2018) sejumlah ruas jalan di kota palu mulai tampak pedagang musiman yang berjualan beranekaragam model bendera dan umbul-umbul. Seperti yang terpantau di Jalan Moh.Yamin. Menariknya, 17 Agustus tahun ini bertepatan dengan masuknya Idul Adha 1439 H, yakni hari lebaran dan hari korban bagi umat muslim di seluruh dunia. 

Hasil pantauan memasuki dua pekan jelang idul adha 1439 H,  para pemilik ternak dan penjual hewan qurban mulai mempersiapkan hewan sapi dan kambing. Bahkan penjualan hewan qurban tahun ini diperkirakan meningkat. Walaupun demikian, hewan qurban berasal dari Sulteng masi tetap stabil dalam penjualannya. Akan tetapi, perkiraan masuknya hewan qurban dari luar sulteng belum dapat dipastikan. Sementara harga jual hewan qurba jenis sapi dan kambing masih tetap stabil. 

Namun, informasi dari beberapa pedagang hewan qurban tidak dapat memastikan jika harga bisa saja mengalami perubahan dan berfariasi. Seperti harga hewan qurban diluar sulawesi misalnya, di madura dibandrol dengan harga tertinggi yakni mencapai Rp 22 juta.

Sedangkan harga sapi di Soppeng Sulawesi Selatan menjelang hari raya idul adha saat ini, berkisar mulai dari Rp. 7,5 juta sampai Rp.13,5 juta. Namun dengan tingginya minat masyarakat untuk berkurban pada hari raya Idul Adha 2018 ini, tidak membuat stok hewan kurban berkurang. (r.nur)

Rawan Konflik Tapal Batas, Kapolres Donggala Kunker ke Polres Mamuju Utara

Donggala (Korantransparansi.com) - Kapolres Kabupaten Donggala AKBP Stanislaus Ferdinad suwarji, SE bersama rombongan Kepolisian Resort Kabupaten Donggala melaksanakan kunjungan kerja (kunker) sekaligus silahturahmi ke Polres Mamuju Utara, Jumat (06/04/2018).

Kunjugan membahas tapal batas itu, diterima langsung Kapolres Mamuju Utara AKBP Made Ary Pradana, S.I.K, M.H.

“Selaku Kapolres Donggala kami ucapkan terima kasih, kepada bapak Kapolres Mamuju utara karena sudah menerima kunjungan kami beserta rombongan dengan baik, ” kata Kapolres Donggala. Sabtu, (7/4/2018).

Dalam kunjungan itu, kedua Kapolres juga membicarakan situasi keamanan menjelang Pilkada serentak 2018 dan ketertiban di wilayah tapal batas antara Sulawesi Tengah Kabupaten Donggala dengan Sulawesi Barat Kabupaten Pasangkayu.  

Selain itu, Kapolres Donggala mengharapkan sinergi dilakukan bersama Polres Mamuju Utara bisa menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan tentram diwilayah tapal batas.(nur/hms).

ILUSTRASI : Kegiatan Polres Donggala Sulteng di sebuah sekolah di Donggala mengenai Kamtobmas dan Tertib Lantas.

DONGGALA SULTENG (Korantransparansi.com) - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kabupaten Donggala, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) S. Ferdinand Suwarji menjelaskan, untuk menjadi anggota polisi, tidak ada pungutan biaya. 

Artinya, kelulusan seorang menjadi polisi bukan semata mata karena uang. Akan tetapi, kemampuan diri sebagai salah satu faktor utama pendukung. 

Demikian ditegaskan Kapolres yang didampingi Kasat Binmas, dalam sosialisasi penerimaan Anggota Polri Tahun 2018, di SMA Negeri I Banawa kabupaten Donggala, Kamis (05/04/2018).Acara sosialisasi di kemas dalam progam police goes to school. 

"Dengan dibukanya pendaftaran penerimaan terpadu anggota Polri tahun 2018 Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama, kami mengajak kepada para pelajar yang berminat menjadi anggota Polri agar segera mendaftarkan dan mempersiapkan diri sebaik mungkin baik fisik maupun akademik supaya pada saat seleksi nanti bisa mengikuti dengan lebih maksimal, "ungkapnya.

Selain itu, kapolres mengajak kepada seluruh siswa agar bijaksana dalam menggunakan media sosial. Sebab, berita bohong atau Hoax yang beredar, misalnya terkait ujaran kebencian dan isu SARA, itu dapat merusak kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara itu, Satuan Reserse Narkoba Polres Donggala kembali berhasil membekuk pengedar narkotika jenis sabu.

Tersangka, FR (28) dibekuk tanpa perlawanan dirumahnya, Desa Tibo Kecamtan Sindue Kabupaten Donggala, rabu (04/04/2018).

Dari penangkapan tersebut petugas berhasil menyita barang bukti berupa 4 paket narkotika seberat 3,08 gram dan 1 buah pirex serta 1 buah timbang digital dan 2 pak plastik klip.Rencananya narkotika tersebut akan diedarkan di wilayah kecamatan sindue. Sebelumnya, pada jumat malam (30/03/2018), 

Satuan Reserse Narkoba Polres Donggala yang dipimpin langsung Kepala Satuan Narkoba Polres Donggala IPTU Jamil menangkap tiga kurir pengedar narkotika jenis sabu didesa labuan Induk kecamatan labuan kabupaten. Donggala. 

Ketiga pelaku tersebut diantaranya, ER (34), MT (26) dan BD (24), merupakan warga desa labuan induk kec Labuan Kab. Donggala.

“ Mereka kami tangkap pada saat sedang menggelar pesta narkotika, mereka tidak sempat mengelak dan tidak sempat melarikan diri”. Kata IPTU Jamil.

Lanjut Iptu Jamil, dari penangkapan tersebut berhasil diamankan barang bukti berupa 3 paket narkotika diduga jenis sabu, 1 (satu) buah bong atau alat hisap, dan 5 buah pipet, serta 2 buah pirex dan 16 sacet kosong.

“Kami juga melakukan pemriksaan urine terhadap mereka dan hasilnya mereka dinyatakan positiv mengkonkumsi narkotika. " Jelas IPTU Jamil.

Sementara itu, Kapolres Donggala AKBP S. Ferdinan Suwarji membenarkan penangkapan tersebut. 

"Kini ketiga pelaku bersama barang bukti di amankan di Polres Donggala guna penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut."Ungkapnya (Rahmad Nur/ Hms)

Kapolres Tegaskan Pihaknya Netral Dalam Pilkada  2018

SULTENG,DONGGALA (Korantransparansi.com) -  Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kabupaten Donggala, AKBP S. Ferdinand Suwarji mengingatkan anggotanya untuk menjaga netralitas dalam pilkada Donggala tahun 2018. Penegasan ini disampaikan Kapolres di acara kunjugan silaturahmi kejajaran Polsek kabupaten Donggala, Senin (02/04/2018).

" Jangan sampai ada anggota terlibat dalam Politik, karena akan saya proses sesuai dengan hukum yang berlaku."Tegas Kapolres di dampingi Kabag Sumda Polres Donggala Kompol Abubakar.

Menurut kapolres, dalam pilkada serentak 2018 ini, satu hal yang perlu diwaspadai beredarnya berita Hoax. Untuk itu kata kapolres, para bhabinkamtibmas untuk rutin melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya dan cara pencegahan terhadap berita Hoax. 

" Saya memerintahkan para Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan sosialisasi di desa binaan masing-masing khususnya tentang adanya penerimaan Polri terpadu Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama tahun 2018. "Jelasnya.

Kapolres menjelaskan, kunjungan kerja silaturahmi ini diharapkan sebagai sarana pengendalian, pengawasan serta evaluasi dan tatap muka bersama anggota dan pihak terkait.

Selain itu, Kapolres bersama rombongan melakukan pengecekan batas-batas dari wilayah Kabupaten Donggala.

Kunjungan tersebut di awali dari Polsek Sojol , Polsek Damsol, Polsek Balaesang dan dilanjutkan ke Polsek sirenja.Turut hadir dalam temu silaturahmi itu, Kapolsek, Danramil, Camat, Babinsa, para Kades dan Kadus serta tokoh agama dan tokoh masayrakat. (nur)

Kapolres Ingatkan Generasi Bangsa Patuhi Hukum,  Hindari Berita Hoax

SULTENG (Korantransparansi.com) - DONGGALA- Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kabupaten Donggala AKBP S. Ferdinand Suwarji mengingatkan, para generasi bangsa untuk menanamkan sikap patuh hukum dan menghindari berita hoax. 

  •  Start 
  •  1 
  •  End 
banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...