Anggaran

Published in Anggaran

Dana Desa Harus Jadi Stimulus Pertumbuhan Ekonomi

Jul 18, 2018 Publish by 
 Anggota Komisi V DPR RI, Firmandez (F-PG) menerima 80 kepala desa dan perangkat desa/gampong se-Kota Langsa, Aceh, di Gedung DPR RI.
Anggota Komisi V DPR RI, Firmandez (F-PG) menerima 80 kepala desa dan perangkat desa/gampong se-Kota Langsa, Aceh, di Gedung DPR RI. (kt/sam)

Jakarta (KoranTranspaansi.com)  - Dana Desa harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.  Pemanfaatan Dana Desa yang efektif diharapkan dapat mengangkat dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

Anggota Komisi V DPR RI Firmandes saat beraudiensi dengan 80 kepala desa dan perangkat desa/gampong se-Kota Langsa, Aceh, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (17/7/2018). Turut Hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kota Langsa Al Azmi.

“Anggaran Dana Desa setiap tahunnya meningkat. Dana ini jika dikelola dengan baik dapat menjadi stimulus pemberdayaan ekonomi desa,” ungkap  politisi Partai Golkar ini.

Kepada sejumlah aparat desa yang hadir, Firmandez melanjutkan, Dana Desa bisa digunakan untuk pengembangan wisata lokal, diantaranya untuk perbaikan infrastruktur menuju tempat wisata serta pemberdayaan masyarakat sekitar. Menurutnya,  pemanfaatan Dana Desa untuk pengembangan destinasi wisata lokal sangat membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan APBD.

“Beberapa tahun terakhir ini Kota Langsa terasa giat pembangunannya, menjadi kota yang hidup. Karena itu, kita selalu mendorong bagaimana Dana Desa dapat meningkatkan ekonomi di sana," jelas politisi dari daerah pemilihan Aceh II ini.

Selain itu, Firmandez juga memberikan sosialisasi terkait tugas dan fungsi badan legislatif.  Mengingat,  ini merupakan kali pertamanya aparat desa Kota Langsa berkunjung ke gedung parlemen.

Ia menuturkan, DPR RI selain melakukan fungsi pengawasan dan anggaran juga merancang undang-undang,  salah satunya buah karya DPR ialah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Dana Desa. Melalui UU tersebut,  diharapkan desa ditempatkan sebagai ujung tombak pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. (sam)

banner

Berita Terkini

> BERITA TERKINI lainnya ...