Anggaran

Bappenas Peroleh Tambahan Anggaran Rp475 Miliar

JAKARTA (KT) - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas memperoleh tambahan anggaran Rp475 miliar dalam alokasi anggaran belanja RAPBN 2018 dan telah disetujui oleh Komisi XI DPR RI.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, mengatakan tambahan anggaran tersebut akan digunakan untuk pengadaan gedung.

Menurut Bambang, saat ini Bappenas tengah mengalami kondisi kekurangan ruang kantor untuk kegiatan operasional kementerian.

Selain itu, lanjut dia, terdapat bagian gedung kantor Bappenas di Menteng, Jakarta Pusat, yang sudah miring atau tidak memadai lagi.

"Kami kondisinya kekurangan ruang kantor. Apakah nanti membangun baru atau membeli (gedung) yang ada, pokoknya semua opsi kami cari yang paling murah," kata Bambang.

Menurut dia, keberadaan gedung yang layak menjadi salah satu penunjang dari pencapaian Bappenas dalam merancang rencana-rencana pembangunan.

"Kami akan menerapkan `good corporate government` dan pengadaan yang efisien supaya mendapat gedung dengan kualitas baik. Pemakaian anggaran juga nantinya akan dilakukan seefisien mungkin," kata Bambang.

Sebelumnya, usulan awal rancangan kerja anggaran Bappenas dalam RAPBN 2018 adalah sebesar Rp1,519 triliun. Angka tersebut kemudian diputuskan meningkat menjadi Rp1,994 triliun.

Komisi XI DPR RI juga telah menyetujui pagu alokasi anggaran belanja sejumlah instansi, di antaranya Kementerian Keuangan (Rp45,6 triliun), Badan Pusat Statistik (Rp4,7 triliun), Badan Pemeriksa Keuangan (Rp2,84 triliun), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (Rp1,4 triliun), dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (Rp224,8 miliar).

Ketua Komisi XI DPR, Melchias Marcus Mekeng berharap anggaran yang telah disetujui tersebut bisa digunakan secara efisien dengan memperhatikan sisi penerimaan negara.(ant)

Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher (tengah jas hitam)

JAKARTA (KT) - Komisi VIII DPR menyetujui pagu alokasi anggaran Kementerian Agama tahun 2018 sesuai hasil pembahasan Badan Anggaran DPR RI sebesar Rp62 triliun yang nantinya digunakan untuk 12 program Kemenag.

Ilustrasi rapat Panja.

JAKARTA (KT) - Rapat Panitia Kerja Badan Anggaran DPR RI menyetujui postur belanja pemerintah pusat dalam RAPBN 2018 sebesar Rp1.454,5 triliun atau mengalami kenaikan Rp11,3 triliun dari postur awal Rp1.443,2 triliun.

Gedung Kementerian BUMN.

JAKARTA (KT) - Pemerintah membantah anggapan sejumlah kalangan bahwa BUMN Konstruksi mendominasi proyek pembangunan infrastruktur di Tanah Air sehingga menyingkirkan perusahaan swasta dalam berkiprah di sektor tersebut.

Kantor BPK.

JAKARTA (KT) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkapkan sebanyak 9.729 temuan yang meliputi 14.997 permasalahan senilai Rp27,39 triliun dalam pemeriksaan selama Semester I (Satu) Tahun 2017.

Presiden Joko Widodo

JAKARTA (KT) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin menambah anggaran yang terkait untuk mengatasi masalah kemiskinan pada 2018.

  •  Start 
  •  1 
  •  End 
banner

> BERITA TERKINI lainnya ...